Manfaat Daun Mangkokan

Pagi sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang Manfaat Daun Mangkokan. Pernahkah anda mendengar apa itu tanaman Daun Mangkokan? Atau mungkin anda menanam tanaman ini sebagai tanaman hias? Ya, Mangkokan yang memiliki nama ilmiah Polyscias Scutellaria ini memang sering ditanam oleh orang-orang di pagar rumah mereka sebagai tanaman hias. Tanaman Daun Mangkokan berasal dari kawasan Barat Daya Pasifik, dan tumbuh dengan subur di daerah tropis. Alasan yang menyebabkan tanaman ini dinamai Mangkokan adalah bentuk daunnya yang menyerupai mangkok. Selain untuk dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman Daun Mangkokan sering juga dimanfaatkan kemampuannya di dunia kesehatan. Bagian tubuh dari tanaman Daun Mangkokan yang sering dimanfaatkan adalah akar dan juga daunnya. Lalu, apa saja manfaat dari tanaman Daun Mangkokan untuk dunia kesehatan? Langsung saja kita mulai.
Khasiat Manfaat Daun Mangkokan Kesehatan
Daun Mangkokan

Kandungan Senyawa Daun Mangkokan

Sebelum kita membahas tentang Manfaat Daun Mangkokan, alangkah baiknya bila kita simak terlebih dahulu kandungan senyawa yang terdapat di tanaman Daun Mangkokan. Agar nanti kita tidak hanya mengerti apa manfaat dari tanaman Daun Mangkokan, namun juga mengetahui alasan kenapa tanaman ini sangat bermanfaat di dunia kesehatan. Tanaman Daun Mangkokan mengandung Kalsium, Protein, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Fosfor, Alkaloida, Zat Besi, Flavonoida, Lemak, Polifenol, dan juga Saponin. Kandungan senyawa tadi merupakan penyebab kenapa tanaman Daun Mangkokan sering dimanfaatkan di dunia kesehatan.

Pengobatan tradisional dengan tanaman Daun Mangkokan

1.Sebagai obat luka
Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun Mangkokan. Setelah itu, tumbuk daun-daun tadi sampai halus. Oleskan ramuan ini pada bagian tubuh yang mengalami luka, dan agar lebih meresap gunakanlah perban ataupun kain yang bersih untuk membalut dan menutup ramuan tadi. Lakukan aktivitas ini secara rutin, sampai lukanya sembuh.

2.Melancarkan Buang air kecil
Sebelum memulai membuat ramuannya, siapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun Mangkokan yang masih segar. Selanjutnya, cucilah daun-daun tadi sampai bersih. Kemudian, rendam daun-daun Mangkokan tadi kedalam sebuah wadah yang berisi air panas secukupnya, selama beberapa menit. Setelah airnya agak hangat, gunakan air rendaman daun Mangkokan tadi untuk mengompres perut bagian bawah anda.

3.Mencegah kerontokan rambut
Siapkan beberapa lembar daun Mangkokan yang sudah agak tua, namun yang masih segar. Kemudian, tumbuk daun-daun Mangkokan tadi, serta tambahkan Minyak Kelapa secukupnya.
Setelah itu peras, dan ambil air hasil perasannya tadi untuk selanjutnya dioleskan merata ke seluruh kulit kepala. Saat anda mengoleskan ramuan ini ke kulit kepala, jangan lupa juga untuk sedikit memijat-mijatnya. Biarkan keadaan tadi selama beberapa menit, kemudian bilaslah dengan air bersih. Lakukan kegiatan ini secara teratur, agar masalah kerontokan rambut anda berkurang.

4.Mengobati radang Payudara
Pertama-tama, siapkan beberapa lembar daun Mangkokan yang sudah agak tua. Kemudian cuci daun-daun Mangkokan tersebut sampai bersih. Setelah itu, tumbuk hingga menjadi halus, dan tambahkan juga dengan parutan Kunyit serta Minyak Kelapa. Selanjutnya, panaskan ramuan ini di atas api, sebentar saja. Untuk emnggunakan ramuan ini, oleskan secara merata pada bagian payudara yang membengkak. Lakukan aktivitas ini secara rutin sampai anda sembuh.

Itulah tadi manfaat dari tanaman Daun Mangkokan, dan juga ramuan yang digunakan untuk mengobati penyakit-penyakitnya. Daun Mangkokan memang memiliki banyak manfaat di dunia kesehatan, namun perlu diingat agar anda memanfaatkan tanaman Daun Mangkokan ini sesuai dengan petunjuk dari ahli herbal. Sekian artikel tentang Manfaat Daun Mangkokan ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel terkait:
·         Manfaat Daun Kumis Kucing
·         Manfaat Lidah Buaya

Kata kunci: manfaat daun mangkokan, khasiat daun mangkokan, kandungan daun mangkokan, khasiat dan manfaat daun mangkokan

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Manfaat Daun Mangkokan"

  1. hah ternyata daun mangkokan banyak juga khasiatnya , terimakasih , informasi yang sangat bermanfaat ..

    ReplyDelete
  2. terimaksih informasinya gan,,sangat bermanfaat sekali gan..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.