Manfaat Buah Sirsak

Khasiat Manfaat Buah Sirsak. Buah Sirsak (Anona muricata Linn) berasal dari Karibia Amerika Tengan dan daerah di benua Amerika Selatan. Lebih tepatnya di sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina. Di Indonesia sebutan Sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda, yaitu ZuurZak (artinya kantong yang rasanya asam). Selain rasa buahnya yang enak, tanaman sirsak sangat populer berkat khasiat daun, biji, maupun batangnya yang mampu mencegah penyakit kanker.
Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan
Kandungan Nutrisi buah Sirsak
Kandungan zat gizi terbanyak setelah air pada buah sirsak adalah karbohidrat. Karbohidrat pada buah sirsak merupakan gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar sampai 93,6 % dari kandungan gula total. Buah sirsak mengandung vitamin A, vitamin C (sekitar 20 mg), vitamin B1 dan Vitamin B2. Mineral yang terdiri dari fosfor (27 mg) dan kalsium (14 mg). Selain itu buah sirsak juga mempunyai kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg), dan kadar potasium (kalium) yang tinggi (278 mg), serat.
Kandungan Gizi Buah Sirsak

Dengan kandungan nutrisi tersebut, buah sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat dan khasiat buah sirsak antara lain:


Mengusir Kolesterol Jahat

Buah sirsak mengandung banyak serat yang baik bagi tubuh. Serat buah sirsak berperan dalam penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga kolesterol jahat akan di keluarkan dari dalam tubuh.
Buah Sirsak
 
Menjaga Kesehatan Tulang
Fosfor, kalsium, dan mineral lain yakni tembaga pada buah sirsak, membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga nutrisi untuk tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan. Tulang adalah penopang tubuh anda jadi mengkonsumsi buah sirsak membantu menjaga tulang tidak rapuh dan tetap kokoh. 
Pohon Buah Sirsak

Melancarkan buang air kecil
Untuk melancarkan buang air kecil atau sakit ketika buang air kecil, anda dapat membuat Jus buah sirsak sebagai obatnya. Selain itu Jus buah segar ini dapat megatasi haematuria (bercampurnya sel darah putih dalam urin).

Khasiat Buah Sirsak untuk Pengobatan

Asupan untuk mengembalikan Energi
Buah sirsak juga mengadung thiamin yang berguna untuk meningkatkan energi. Jadi ketika anda merasa kurang bergairah. Mengonsumsi buah sirsak bisa menjadi solusi.

Mencegah Anemia (kurang darah)
Kandungan zat besi dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan gejala anemia. Jadi sebelum anemia menyerang anda dapat mengantisipasinya dengan mengkonsumsi buah sirsak.

Meredakan Migrain (sakit kepala sebelah)
Ketika sakit kepala sebelah menyerang anda, mengkonsumsi buah sirsak adalah pilihan yang enak. Dengan kandungan riboflavin atau vitamin B2 buah sirsak dipercaya efektif untuk meredakan sakit kepala seperti migrain.
jus buah sirsak, resep jus sirsak, manfaat buah sirsak, khasiat buah sirsak
Jus Buah Sirsak

Fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak antara lain Annonaceous acetogenins. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan beberapa jenis kanker yang lain. (Baca : Manfaat daun sirsak)
Resep Cara Membuat Jus Buah Sirsak

Oke, sekian artikel tentang manfaat buah sirsak. Pada artikel berikutnya saya akan membahas tentang manfaat daun dan biji buah sirsak. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan wawasan anda. 

Kata kunci yang sering dicari; manfaat buah sirsak, khasiat buah sirsak, manfaat buah sirsak untuk kesehatan, khasiat buah sirsak untuk kesehatan, buah sirsak dapat meredakan migrain, buah sirsak dapat mengembalikan energi,buah sirsak dapat melancarkan buang air kecil, buah sirsak dapat mengusir kolesterol jahat dari dalam tubuh, buah sirsak dapat menjaga kesehatan tulang, buah sirsak dapat mencegah anemia, soursop

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Manfaat Buah Sirsak"

  1. iya benar sekali gan,, bukan hanya buah nya saja yang banyak manfaat nya gan,, ternyata daun sirsak itu juga bisa di jadiin obat lhoo..

    ReplyDelete
  2. memang banyak sekali manfaat2 dari buah sirsak ini , terimakasih ..

    ReplyDelete
  3. bnyak banget gunanya yah, thanks banget gan informsinya
    http://obattipes.xyz/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.