Jenis Jerawat serta Mitos yang Beredar Tentang Jerawat

Ragam Khasiat dan Manfaat Alami - Jerawat bagaikan musuh serta masalah terberat bagi sebagian orang, terutama bagi wanita dan para remaja. Meski ukurannya kecil, namun ketika timbul pada area wajah dapat membuat kepercayaan diri seseorang menjadi pudar. Sebenarnya jerawat tak hanya muncul pada wajah, namun bisa juga timbul di area leher, punggung, tangan, dan tempat-tempat lainnya. Penyebab masalah jerawat sendiri sangat beragam tergantung pada jenis jerawat tersebut, dan sayangnya saat ini kebanyakan orang telah salah dalam menyimpulkan penyebab maupun cara penanganannya. Maka dari itu, Annisa akan memberi sedikit info tentang Jenis Jerawat serta Mitos yang Beredar Tentang Jerawat.



Jenis-jenis Jerawat pada Wajah

Jerawat Biasa
Jerawat ini berukuran kecil dan berwana putih kemerahan. Biasanya timbul dikarenakan tersumbatnya pori-pori dan terinfeksi bakteri propionibacterium acne. Bakteri tersebut hidup di daerah diprosuksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering juga disebut sebagai kelenjar sebaceous. Cara mengatasinya dapat menggunakan tomat maupun lemon sebagai masker.

Jerawat Batu
Jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar daripada jerawat biasa. Jerawat batu berwarna lebih merah dan meradang. Jika terus dibiarkan, jerawat batu akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Jerawat batu atau yang sering disebut juga Cystic Acne disebebkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu tergolong jerawat yang parah dibanding jenis lainnya. Jika anda mendapati jerawat ini alangka lebih baik jika berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Komedo
Komedo merupakan jenis jerawat yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebih. Komedo terbagi menjadi dua macam yakni komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Untuk menghilangkan komedo ini, anda dapat menggunakan putih telur. Caranya celupkan kapas pada putih telur lalu tempelkan pada area yang terdapat komedo. Tunggu sampai putih telur tersebut mengering, lalu angkatlah kapas tersebut.

Jerawat Juvenil
Jerawat ini timbul pada masa pubertas umur 14-20 tahun. Penyebabnya yakni karena hormon yang berada dalam tubuh belum sepenuhnya stabil dalam memproduksi sebum. Cara mengatasinya dapat menggunakan sabun wajah yang memiliki PH seimbang atau sabun bayi transculent.

Jerawat Vulgaris
Jerawat vulgaris merupakan semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umunya berlanjut sampai pada masa dewasa. Jerawat ini bisa disebabkan karena kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya. Jerawat ini biasanya akan membaik seiring berjalannya waktu tanpa ada intervensi apapun. Tapi jika jerawat ini sudah semakin parah, dapat menimbulkan kerusakan dan harus mendapatkan pegobatan dari dokter spesialis kulit.

Jerawat Rosacea
Jerawat ini biasanya timbul pada wanita yang berusia 30-50 tahun. Pada mulanya, jerawat ini akan tampak kemerahan yang dapat menimbulkan peradangan sehingga bisa menimbulkan sisik pada lipatan hidung. Jerawat ini membutuhkan perawatan dari dokter kulit, biasanya berupa penguapan , kompres air panas atau dengan penyinaran menggunakan sinar infra merah untuk pengeringan jerawat.

Jerawat Nitrosica
Jerawat jenis ini harus diwaspadai karena yang jika dibiarkan akan menyebabkan lubang pada kulit wajah. Pengobatn pada jerawat ini harus dengan bantuan dokter kulit. Teknologi kecantikan seperti mikrodermabrasi, teknologi laser, dan perawatan kecantikan lainnya dapat membantu untuk menghilangkan jenis jerawat ini.

Mitos Tentang Jerawat yang Perlu Diketahui

Membersihkan Muka
Ada banyak orang yang menyebutkan jika dengan sering mencuci muka dapat mengatasi jerawat dengan cepat dan akan menghindarkan diri dari timbulnya jerawat baru. Hal tersebut belum sepenuhnya benar sebab jerawat tak hanya sekedar muncul akibat permukaan kulit yang kotor atau berminyak.  Membersihkan wajah memang dianjurkan dan sebaiknya tidak lebih dari 2 kali sehari. Terlalu sering membersihkan wajah justru akan mengakibatkan kulit menjadi kering kusam, hingga peradangan pada kulit yang semakin berbahaya.

Memencet Jerawat
Menghilangkan jerawat dengan memecah atau memencetnya sama sekali tidak terbukti dapat menghilangkan jerawat. Cara tersebut hanya akan menambah masalah baru yakni munculnya bekas jerawat, bahkan dapat melukai permukaan kulit.

Makanan Penimbul Jerawat
Menurut American Academy of Dermatology, menyatakan jika tidak ada hubungan langsung antara makanan berlemak dengan jerawat. Makanan yang tidak sehat atau berlemak akan berpengaruh buruk terhadap tubuh bukan hanya pada wajah hingga sampai menimbulkan masalah jerawat. Namun dalam mengkonsumsi makanan berlemak memang tetap harus dibatasi agar tidak memicu gangguan kesehatan lain seperti kolestrol.

Obat Jerawat Dosisi Tinggi Lebih Efektif
Obat jerawat pada umumnya dibuat sesuai dengan aturan, namun terkadang beberapa orang menambahkan sendiri dosis tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Kondisi tersebut justru akan memperparah kondisi kulit. Jika anda mengalami gangguan jerawat yang parah dan tidak membaik, sebaiknya pergi ke dokter sehingga mendapat penanganan yang tepat tanpa menimbulkan masalah lainnya.

Coklat dan Kafein Penyebab Jerawat
Amy Derick, MD, FAAD, seorang ahli dermatolog juga menyebutkan jika cokelat dan kafein dapat menyebabkan jerawat belum pernah benar-benar terbukti sepenuhnya. Beberapa studi menunjukkan bahwa, beberapa produk susu yang terdapat dalam coklat kemungkinan masih terdapat bakteri sehingga bakteri tersebutlah yang dapat memicu jerawat, namun tetap saja hasil studi ini belum teruji 100% keakuratannya.

Konsumsi Kacang
Kacang terkadang disebut sebut sebagai sumber timbulnya jerawat. Padahal fakta yang ada kacang merupakan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan bukan sebagai penyebab timbulnya jerawat.

Pasta Gigi Penyembuh Jerawat
Meskipun cara ini terbukti manjur dan mampu mengeringkan jerawat dan minyak berlebih, akan tetapi bahan kimia pada pasta gigi dapat membahayakan kulit. Pasta gigi mengandung baking soda, hidrogen peroksida, alkohol dan triclosan yang bila digunakan terus menerus dapat merusak jaringan dalam kulit.

Jenis Jerawat serta Mitos yang Beredar Tentang Jerawat
Cara Tepat dalam Mengatasi Jerawat


Jerawat harus ditangani dengan cara yang tepat. Jika anda mendapati jerawat yang susah untuk diatasi sebaiknya bawalah ke dokter ahli, sehingga tidak menimbulkan masalah lain. Demikian sekilas info tentang Jenis Jerawat serta Mitos yang Beredar Tentang Jerawat, semoga dapat bermanfaat.


Kata kunci: Jenis-jenis jerawat, jenis jerawat resdung, jenis jerawat batu, jenis jerawat yang berbahaya, jenis jerawat kecil, jenis jerawat bernanah, jenis jerawat dan puncanya, jenis jerawat dan cara mengobatinya, penyebab jerawat, cara mengatasi jerawat, cara menghilangkan jerawat, mitos tentang jerawat, fakta dan mitos tentang jerawat, mitos tentang menghilangkan jerawat, mitos salah tentang jerawat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Jerawat serta Mitos yang Beredar Tentang Jerawat"

Post a Comment

Powered by Blogger.