Manfaat Buah Semangka

Pagi sahabat RA, Khasiat dan Manfaat Buah Semangka sangatlah banyak, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Buah semangka memiliki bentuk yang mirip seperti buah melon oleh karenanya dalam bahasa inggris buah ini dikenal dengan istilah watermelon karena mengandung lebih banyak air dibanding buah melon (baca: manfaat buah melon). Buah semangka sebenarnya merupakan tanaman yang berasal dari daerah gurun di Afrika Tengah yang masih memiliki kerabat dengan melon, labu, dan mentimun (baca: jus mentimun untuk menurunkan hipertensi). Buah yang memiliki rasa manis ini sangat cocok untuk dikonsumsi pada siang hari saat terik dan panas karena buah ini mempunyai banyak air serta efek menyegarkan kerongkongan anda.

Manfaat Buah Semangka
Buah Semangka

Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Buah semangka mengandung karbohidrat, gula, serat pangan, protein, lemak, air, vitamin A, thiamine (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), asam pantothenat (vitamin B5), vitamin B6, folat (vitamin B9), vitamin C, kalsium, kalium, seng, fosfor, magnesium, dan besi.
Khasiat Buah Semangka

Khasiat dan Manfaat Buah Semangka

Dari segi harga buah semangka termasuk buah dengan harga yang tidak mahal, namun dengan kandungan nutrisinya buah semangka sangat bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Bagian yang sering dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit adalah daging, kulit, serta biji buahnya. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan memanfaatkan khasiat buah semangka antara lain :

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Daging Buah Semangka 
Bagian ini dapat dikonsumsi untuk mengobati demam, haus disertai mulut kering, pingsan karena udara panas, rasa letih, nyeri sewaktu kencing, perut kembung karena banyak gas, tekanan darah tinggi (hipertensi), napas berbau, disfungsi ereksi (impoten), air kemih warnanya gelap dan kuning tua, keracunan alkohol (alkoholism), asam urat tinggi, susah buang air besar (sembelit), sakit tenggorokan, sariawan, hepatitis, dan  meningkatkan kesuburan pria.

Kulit Buah Semangka 
Bagian ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati kencing manis (baca : penyakit diabetes melitus), migren, bengkak karena timbunan cairan pada penyakit ginjal, sakit saat bangun tidur pagi akibat alkohol, mencegah kerontokan rambut, menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah, gatal karena tanaman beracun, kulit kasar, terbakar matahari, dan luka bakar.

Biji Buah Semangka
Bagian ini seringkali dibuang setelah daging buah semangka dikonsumsi, tapi ternyata biji semangka dapat digunakan sebagai obat infeksi kandung kemih, susah buang air besar selama hamil atau usia tua, busung lapar, radang hati, membasmi cacing usus, kurang darah (anemia), dan radang selaput lendir usus.

Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan
Selain dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk berbagai penyakit, buah semangka juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan, terutama untuk perawatan kulit. Berikut beberapa manfaat buah semangka untuk kecantikan:
Manfaat Biji Buah Semangka

Menghilangkan noda hitam pada wajah
Untuk menghilangkan noda hitam di wajah, anda dapat mencampurkan 100 gram semangka dengan 2 sdm garam. Kemudian usapkan dan pijat bagian wajah dengan gerakan melingkar. Sebelum dibilas biarkan selama 15 menit agar kulit anda menjadi lebih bersih dan bersinar.

Melembutkan kulit
Untuk melembutkan kulit, gunakan 100 gram semangka, campur dengan 1 sdm yogurt. Balurkan pada wajah serta leher. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Semangka mampu mengembalikan kelembaban kulit, sedangkan yogurt bisa melembutkannya sehingga kulit anda akan menjadi lebih lembut serta bersinar.

Meremajakan kulit
Ambil 100 gram buah semangka, kemudian hancurkan. Gunakan buah semangka ini sebagai masker pada seluruh wajah. Masker buah semangka ini juga efektif untuk membersihkan debu serta kotoran sampai ke dalam pori-pori kulit anda.

Mengatasi kerutan di wajah
Buah semangka kaya akan kandungan antioksidan, sehingga sangat baik untuk mencegah kerusakan kulit maupun untuk mengatasi kerutan di wajah sebagai tanda penuaan dini. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat mencampurkan 100 gram semangka bersama buah alpukat (baca : Manfaat Buah Alpukat) yang telah dihaluskan kemudian aduk hingga merata. Gunakan campuran ini untuk masker wajah. Biarkan dan rilekskan wajah anda kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan akhiri dengan mengompres wajah menggunakan es batu.
Manfaat Jus Buah Semangka

Oke sahabat ragam alami, itulah khasiat dan Manfaat Buah Semangka untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

Baca artikel terkait:

Kata kunci : khasiat, manfaat, manfaat buah, manfaat buah semangka, kesehatan, kecantikan, watermelon.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Manfaat Buah Semangka"

Powered by Blogger.