Khasiat dan Manfaat Bunga Mawar

Khasiat dan Manfaat bunga Mawar. Mawar adalah tanaman berduri yang menghasilkan bunga indah dan berwarna-warni. Mawar yang dalam istilah latin dikenal dengan Rosa canina ini sangat dihargai oleh orang-orang Yunani dan Romawi kuno. Mereka menggunakan bunga mawar sebagai parfum untuk keperluan mandi atau dijadikan penghias ruang perjamuan maupun untuk pengobatan. Saat ini, banyak orang mengambil khasiat dan manfaat bunga mawar untuk kesehatan maupun kecantikan. Beberapa produk yang memanfaatkan bunga mawar antara lain minyak esensial mawar, air mawar, minyak distilat, dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri bunga mawar dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti siraman, hiasan dekorasi, hiasan meja atau sebagai bunga tabur.

Bunga mawar Pink, Rose Flower
Bunga Mawar

Bunga Mawar Kuning, Yellow Rose Flower
Bunga Mawar Kuning

Bunga mawar merah merupakan suatu lambang cinta dimana seorang laki-laki yang memberikan sekuntum mawar merah kepada seorang wanita berarti secara tidak langsung dia mengungkapkan perasaan cintanya. Selain itu, bunga mawar memiliki aroma dan kandungan senyawa yang bermanfaat bagi dunia kesehatan dan kecantikan. Di dalam ilmu kesehatan, bunga mawar sering dijadikan sebagai obat untuk mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, mengurangi kejang pada sistem pernafasan, serta infeksi saluran kemih. Bunga mawar juga dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi jerawat, perawatan kulit, wajah, serta rambut.
KANDUNGAN SENYAWA BUNGA MAWAR
Bunga mawar mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin E, dan vitamin K. Selain vitamin, bunga mawar juga mengandung omega 3, omega 6, tannin, asam geranik, terpene, flavonoid, eugenol, geraniol, nerol, sitronelol, feniletilakohol, pektinm polyphenol, vanillin, karotenoid, stearopten, dan farnesol.
Bunga Mawar Putih, White Rose Flower
Bunga Mawar Putih

KHASIAT DAN MANFAAT BUNGA MAWAR

Bunga mawar sering dimanfaatkan dalam bidang kesehatan sebagai obat dan bidang kecantikan untuk perawatan.

Bunga Mawar Hitam, Black Rose Flower
Bunga Mawar Hitam
Dengan kandungan senyawa yang terkandung dalam bunga mawar, di bidang kesehatan bunga mawar bermanfaat untuk :

Menyehatkan Mata
Air mawar dapat digunakan untuk mengatasi radang mata merah dan menghilangkan lingkaran gelap di bawah mata. Teteskan air mawar 2-3 tetes pada mata, pejamkan mata beberapa saat untuk membersihkan mata. Untuk menghindari infeksi lakukan secara rutin.

Membersihkan Miss V
Dengan keharuman dan kandungan senyawanya, air mawar mampu menjaga keharuman dan kebersihan daerah kewanitaan. Bersihkan miss V menggunakan air mawar dicampur dengan air hangat yang sudah matang. Selain itu, senyawa bunga mawar merupakan antiseptic yang dapat membunuh jamur candida albican penyebab keputihan.

Mengobati bengkak
Anda dapat menggunakan rebusan 2-3 bunga mawar ditambah dengan 30 gram daun sembung yang sudah dicuci bersih dan direbus dengan  600 ml air. Minum air rebusan ini 2 kali sehari untuk mengatasi bengkak dari dalam.

Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Buah dari biji bunga mawar yang sering dikenal dengan roseship dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh.

Mengatasi Kejang
Bunga mawar berfungsi sebagai anti-spasmodik yang sangat efektif dalam menurunkan kejang usus, sistem pernafasan, dan kejang otot.

Sebagai aroma terapi
Bau harum bunga mawar dapat digunakan sebagai aroma terapi yang mampu menenangkan pikiran, memerangi depresi, dan meningkatkan libido.

Mencegah infeksi ginjal
Minum teh bunga mawar dipercaya dapat membantu membersihkan nitrogen beracun dari saluran kemih sehingga mengurangi resiko penyakit kandung kemih dan infeksi ginjal.

Mengatasi insomnia
Air teh bunga mawar juga ampuh mengatasi penyakit susah tidur anda, selain itu dengan mengkonsumsinya dapat memulihkan kelelahan.

Memperkuat saluran pencernaan
Kandungan senyawa bunga mawar juga dapat menghilangkan dan membersihkan limbah beracun dalam usus serta membantu memperkuat lapisan perut dan saluran pencernaan.

Mencegah penyakit jantung
Bunga mawar juga mampu mencegah penyakit jantung, yang dengan kandungan senyawanya mampu memperlancar sirkulasi darah dari dan menuju jantung sehingga dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Selain itu, sirkulasi darah yang lancar dapat membantu mengobati sakit kepala, asma, maupun infeksi tertentu.

Bunga Mawar Ungu, Violet Rose Flower
Bunga Mawar Ungu
Bagi beberapa wanita, bunga mawar sangatlah tidak asing digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Berikut manfaat bunga mawar untuk kecantikan;

Menghilangkan Jerawat
Air bunga mawar kaya akan antioksidan yang dapat digunakan sebagai pembersih alami serta mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya sangat mudah, cuci wajah menggunakan air hangat yang dicampur air mawar.

Perawatan Kulit
Minyak alami bunga mawar dapat menjaga keseimbangan pH alami kulit. Sehingga kelembaban dan kehalusan kulit anda tetap terjaga. Selain itu, minyak alami ini mampu mengatasi berbagai penyakit kulit dan eksim seperti iritasi.

Perawatan Rambut
Air mawar ternyata mengandung penyejuk alami yang baik untuk kesehatan dan kelembaban rambut. Anda dapat menggunakan air mawar saat keramas bersamaan dengan sampo untuk menciptakan aroma khas yang wangi. Selain itu, perawatan rambut juga dapat dilakukan setelah keramas. Tuangkan air mawar pada rambut yang masih basah kemudian pijat perlahan dengan lembut untuk membantu pertumbuhan rambut. Perawatan ini dapat memberantas ketombe dan mengatasi peradangan pada kulit kepala.

Bunga Mawar Biru, Blue Rose Flower
Bunga Mawar Biru
Selain bunga mawar, baca juga artikel tentang manfaat bunga melati. Sekian ulasan mengenai khasiat dan manfaat bunga mawar. Semoga bermanfaat.

Kata kunci: Khasiat dan manfaat bunga mawar, manfaat bunga mawar, khasiat bunga mawar, manfaat bunga mawar untuk kesehatan, manfaat bunga mawar untuk kecantikan, manfaat bunga mawar untuk pengobatan, khasiat bunga mawar untuk kesehatan, khasiat bunga mawar untuk kecantikan, khasiat bunga mawar untuk pengobatan, rose, benefit of rose.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Khasiat dan Manfaat Bunga Mawar"

  1. wah ternyata bunga mawar itu bukan hanya enak di lihatnay gan,,ternyata banyak juga manfaat nya terutama bagi miss V wanita.,..hehehe

    ReplyDelete
  2. bunga mawar juga ternyata memiliki khasiat yang bagus ya gan , terimakasih informasinya ,.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.