Manfaat Cara Hidup Sehat

Tips cara hidup sehat, manfaat dan khasiat buah, daun, akar untuk pengobatan alternatif alami berbagai macam penyakit

Manfaat Bunga Pagoda

Siang sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang Khasiat dan Manfaat Bunga Pagoda. Bunga Pagoda (Clerodendrum japonicum Sweet) adalah salah satu jenis tanaman perdu yang biasanya tumbuh dengan tinggi 1 – 3 meter. Tanaman ini kerap ditanam di pekarangan rumah, ataupun di jalan sebagai tanaman peneduh. Selain sebagai tanaman hias, Bunga Pagoda ternyata juga memiliki banyak manfaat sebagai tanaman obat tradisional. Bagian dari tanaman Bunga Pagoda yang bermanfaat dan sering dijadikan sebagai obat tradisional adalah daun, akar, dan bunganya.
Manfaat Bunga Pagoda
Bunga Pagoda

Kandungan Senyawa Bunga Pagoda
Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat Bunga Pagoda, kita harus mengetahui lebih dahulu kandungan-kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya. Kandungan senyawa yang terdapat dalam Bunga Pagoda yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain seperti: Alkoloid, Garam Kalium, Zat Samak, Saponin, Polifenol, dan  Flavonoid.
Khasiat Bunga Pagoda

Manfaat Daun Bunga Pagoda
Daun Bunga Pagoda berbentuk panjang dan oval, menyerupai tombak. Rasanya manis dan asam. Bagian daun Pagoda berwarna sedikit coklat dan berkarakter netral. Daun Pagoda ini bermanfaat sebagai anti-inflamasi, obat bisul, koreng, luka karena pukulan, radang kulit, dan lain sebagainya.
Bunga Pagoda untuk Kesehatan

Manfaat Akar Bunga Pagoda
Akar bunga pagoda memiliki sifat dingin dan rasanya pahit. Manfaat dari Akar Bunga Pagoda antara lain sebagai antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghilangkan bengkak, dan menghancurkan darah beku. Selain itu, akar bunga pagoda ini juga bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang (lumbago), nyeri pada rematik, tuberkulosis paru (TB paru) yang disertai batuk darah, wasir berdarah (hemoroid), berak darah (disentri), susah tidur (insomnia), dan bengkak (memar) akibat terbentur benda keras.
Obat Herbal Bunga Pagoda

Manfaat Bunga Pagoda
Bunga pagoda memiliki rasa yang manis dan sifatnya hangat. Bunga Pagoda ini bermanfaat sebagai sedatif dan hemostatis (menghentikan pendarahan). Selain itu, bunga pagoda juga bisa digunakan untuk mengobati anemia, keputihan, wasir berdarah, dan susah tidur (insomnia). 
Cara Pengobatan dengan Bunga Pagoda


Pengolahan Tanaman Bunga Pagoda
Setelah kita mengetahui berbagai macam manfaat dari Tanaman Bunga Pagoda, di bawah ini saya akan memberikan beberapa resep pengolahan tanaman Bunga Pagoda sebagai obat tradisional.

1.      Mengobati bisul dan koreng
Langkah pertama, ambil daun dan bunga pagoda yang masih segar, lalu cuci bersih dan gilinglah sampai halus. Setelah itu, tambahkan sedikit madu, kemudian aduklah hingga rata. Tempelkan ramuan tersebut pada bagian yang terkena bisul atau koreng. Jika sudah kering, gantilah dua atau tiga kali sehari.

2.      Mengobati Wasir berdarah (Hemorhoids)
Siapkan 15-30 gram bunga atau akar bunga pagoda, serta 60 gram daging daun lidah buaya. Rebuslah kedua bahan tersebut dengan 400 cc air hingga tersisa 200cc. Setelah itu, saring dan minumlah air saringannya itu.

3.      Mengobati Hernia
Siapkan 9 gram bunga atau akar kering bunga pagoda, 3 butir kapulaga, 5 gram cengkeh, dan 5 gram kayu manis. Giling semua bahan tersebut hingga halus lalu seduhlah dengan air panas secukupnya. Tambahkan madu atau gula agar tidak terlalu pahit, dan minumlah untuk satu kali pemakaian. Lakukan 1-2 kali sehari.

4.      Mengobati Keputihan
Siapkan 15 gram bunga pagoda, dan 20 gram kulit delima kering. Setelah itu, rebuslah dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc. Saringlah, dan minumlah aair saringannya.

5.      Mengobati Sakit pinggang (Lumbago)
Siapkan 30-60 gram bunga pagoda, 10 gram jahe merah, dan gula merah secukupnya. Rebus semua bahan tersebut dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu saring dan minumlah air saringannya.

6.      Mengobati Rematik
Siapkan 30-60 gram akar bunga pagoda, 15 gram jahe, dan 70 gram lidah buaya yang telah dikupas kulitnya. Kemudian rebuslah dengan 1 liter air hingga tersisa 400 cc, lalu saring dan minum 200cc Lakukan dua kali sehari.

7.      Mengobati Insomnia (susah tidur)
Siapkan bunga atau akar bunga pagoda secukupnya yang sudah dijadikan bubuk, dan 15 gram jahe. Kemudian rebuslah keduanya dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu saring dan minumlah sebelum tidur.

8.      Mengobati Migrain
Siapkan 15 gram bunga pagoda, 5 gram jahe, dan 70 gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya. Kemudian rebuslah semua bahan tersebut dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc. Saringlah, dan minum air saringannya.

9.      Mengobati Kanker Saluran Pencernaan
Siapkanlah 60 gram akar bunga pagoda, dan 60 gram rumput mutiara (Oldenlandia corymbosa [L.] Lamk.). Lalu rebuslah dengan 1 liter air hingga tersisa 300 cc. Saringlah, dan minum pelan-pelan.

Untuk bisa mendapatkan kesembuhan atau hasil yang maksimal, maka rutinlah mengkonsumsi resep obat tradisional di atas sesuai dengan petunjuk ahli herbal. Sekian artikel mengenai Manfaat Bunga Pagoda, semoga bisa menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel terkait:
·         Manfaat Bunga Kamboja
·         Manfaat Bunga Mawar
·         Minuman Untuk Kesehatan Mata

Kata kunci : manfaat, khasiat, manfaat bunga pagoda, khasiat bunga pagoda, pagoda flower.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Manfaat Bunga Pagoda"

Manfaat Tersembunyi Bunga Pagoda Belum Di Ketahui
Agen Sbobet

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top