19 Manfaat Kunyit

Manfaat kunyit (kunir) untuk kesehatan. Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah dari wilayah Asia Tenggara yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Kunyit dikenal juga dengan istilah Kunir bagi sebagian masyarakat Indonesia. Banyak masakan lezat khas Indonesia selalu memakai kunyit sebagai bumbunya. Selain dijadikan sebagai bumbu masak, Curcuma Domestica Val juga mempunyai kandungan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Sehingga kunyit sering dimanfaatkan sebagai jamu dan bahan ramuan obat tradisional untuk perawatan kecantikan, pencegahan dan pengobatan penyakit.

Khasiat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Saat ini, banyak produk-produk kecantikan yang memanfaatkan kunyit sebagai salah satu bahan utamanya. Hal tersebut tidak lain karena kunyit memang bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah.


Kandungan Senyawa Kunyit


Kunyit mengandung senyawa minyak atsiri sebanyak 6% yang di dalamnya terdapat senyawa-senyawa monoterpen dan sesquiterpen seperti zingiberen, alfa dan beta-turmerone, protein, kalium, fosfor, vitamin C dan besi. Selain itu kunyit juga mengandung zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% meliputi bidesmetoksi kurkumin monodesmetoksi kurkumin dan, kurkumin 50 sampai 60%.
Manfaat Kunyit

Dari kandungan ketiga senyawa kurkuminoid tersebut, komponen terbesarnya adalah kurkumin. sehingga kadar total kurkuminoid dihitung hanya sebagai persentase kurkumin, karena kandungan kurkumin paling besar dibanding komponen kurkuminoid lainnya.

Manfaat dan Khasiat Kunyit


Antioksidan dan fitonutrien dalam kunyit memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga mengandung antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan sifat anti-glikemik. Sifat ini bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah beberapa penyakit, termasuk diabetes. Berikut ini manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh kita:
Khasiat Kunyit

Mempercepat Penyembuhan Luka
Kunyit bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, sebagai antiseptik alami.

Mencegah Kanker
Kunyit mengurangi kemungkinan terkena kanker karena mempunyai sifat anti-kanker.

Memperlambat Penuaan dini
Kunyit memberikan kontribusi dalam pertumbuhan dan peremajaan sel. Dengan cara ini, Anda dapat memperlambat proses penuaan. Hal ini karena kunyit mempunyai sifat antioksidan.

Detoksifikasi racun
Kunyit bermanfaat untuk mendetoksifikasi racun berbahaya dan bahan kimia di dalam tubuh Anda.

Mengobati Rheumatoid
Penyakit Rheumatoid dapat disembuhkan dengan kunyit, karena mengandung anti-inflamasi.

Mencegah Leukemia
Kunyit bermanfaat untuk mencegah leukemia.

Melancarkan Metabolisme
Kunyit adalah rempah-rempah yang ideal, karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda, dan membantu Anda menjaga berat badan Anda secara efektif.

Menghilangkan Pigmentasi
Kunyit dapat menyembuhkan pigmentasi kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Melembabkan Kulit
Kunyit merupakan salah satu komponen yang membantu melembapkan dan mengurangi kekeringan di kulit.

Mencerahkan Bekas Luka
Kunyit bermanfaat untuk menyembuhkan memar dan mencerahkan luka bekas terbakar.

Mencerahkan Kulit Wajah
Membersihkan kulit wajah, membuat kulit Anda bersinar, dan mencerahkan kulit anda.

Mengatasi Gangguan Kulit
Bermanfaat untuk melawan gangguan kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam merah, juga membantu meringankan stretch mark atau selulit.

Mengatur insulin
Pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh manusia, anti-glikemik dalam kunyit dapat mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, serta mencegah resistensi insulin dengan menurunkan gula darah dan trigliserida dalam tubuh.

Mengatasi Rambut Rontok
Kandungan kurkumin pada kunyit mampu menghambat pertumbuhan agen beta yang menjadi penyebab kematian dari folikel rambut.

Mengurangi lemak
Kunyit membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan melalui kandungan kurkumin. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan dan mencegah akumulasi lemak berbahaya pada tubuh.

Mencegah infeksi
Patogen seperti virus Coxsackie B4 dikatakan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-1. Sifat antivirus, anti-bakteri, dan antibiotik kunyit dapat mencegah infeksi ini yang pada akhirnya dapat mengobati diabetes dan mengontrolnya.

Mengobati Keputihan dengan Kunyit
Untuk mengatasi keputihan, Anda dapat menggunakan dua rimpang kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang buah asam, dan sepotong gula kelapa atau aren. Semua bahan tersebut direbus hingga mendidih dengan menggunakan satu liter air kemudian disaring. Minumlah secara rutin satu gelas sehari.

Merangsang Keluarnya ASI
Khusus wanita, untuk merangsang pengeluaran ASI saat menyusui dapat menggunakan pupuk kunyit yang disapukan pada payudaranya.

Mengobati Koreng dan Gatal
Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan kunyit yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak, lalu dioleskan di bagian tubuh yang bermasalah.

Cara Membuat Ramuan Kunyit


Pengobatan menggunakan kunyit dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pengobatan luar dan pengobatan dari dalam. Untuk pengobatan dalam biasanya kunyit dimanfaatkan untuk dijadikan minuman atau sebagai jamu. Sedangkan untuk pengobatan luar, kunyit dapat diparut dan dijadikan masker. Bisa juga dibuat salep untuk ditempelkan pada bagian yang sakit.
Khasiat Kunyit untuk Kesehatan

Untuk Pengobatan Dalam
Untuk penggunaan dalam, Anda bisa mengonsumsi satu sendok teh kunyit bubuk. Anda juga bisa menggunakan cara tradisional yaitu dengan menghaluskan kunyit menggunakan parut terlebih dahulu, atau dihaluskan dengan blender untuk kemudian dicampur air matang dan disaring. Bisa dicampur dengan susu, asam atau gula. Bila perlu tambahkan lagi  air hangat, aduk, dan minum secara teratur. Minum ramuan ini setiap hari.
Kunir Asem


Untuk Pengobatan Luar
Untuk penggunaan luar, Anda bisa menumbuk kunyit sampai halus dan ditempelkan pada luka sebagai pengobatan atau untuk masker, yaitu dengan membuat pasta kunyit menggunakan campuran tepung buncis dan sedikit air. Masker bermanfaat untuk menghaluskan, mencerahkan dan menghilangkan bekas noda pada kulit.
Cara Membuat Masker Kunyit untuk Perawatan Kecantikan


Sekian sabahat Ragam artikel tentang 19 Manfaat Kunyit. Baca juga manfaat kulit dan buah manggis, efek samping kulit buah manggis. semoga bermanfaat.

Kata kunci yang sering dicari: Manfaat kunyit, manfaat kunir, khasiat kunyit, khasiat kunir, kandungan senyawa kunyit, kandungan senyawa kunir, cara membuat ramuan dari kunyit, cara membuat ramuan dari kunir, obat tradisional dari kunyit, obat tradisional dari kunir, cara membuat obat tradisional dari kunyit, cara membuat obat tradisional dari kunir, manfaat kunyit untuk kecantikan, manfaat kunyit untuk kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "19 Manfaat Kunyit"

  1. saya baru tau gan kalau kunyit bisa di buat masker , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.