Manfaat Kulit dan Buah Manggis

Manfaat Kulit dan Buah Manggis. Buah Manggis adalah buah yang berasal dari daerah tropis dan diyakini bahwa tanaman buah manggis berasal dari Indonesia. Buah manggis (Garcinia mangostana L) termasuk ke dalam keluarga Clusiaceae. Jika dilihat secara fisik buah manggis memiliki daging buah berwarna putih dengan dan rasanya sangat manis serta menyegarkan karena mengandung banyak air. Selain itu manfaat kulit buah manggis bagi kesehatan sangatlah besar. Ini merupakan hasil dari penilitian yang dilakukan terhadap kulit manggis baru-baru ini.
Khasiat Kulit Manggis


Kandungan Nutrisi/Senyawa Kulit dan Buah Manggis

Kulit buah Manggis mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat untuk tubuh kita, antara lain yaitu:

Xanthone
Xanthone adalah sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan yang secara biologis aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids. Xanthone merupakan komponen aktif utama dari manfaat kulit dan buah manggis. Senyawa ini jarang terdapat di alam. Dari 200 jenis xhantones alami yang sejauh ini telah teridentifikasi. Sekitar 40 jenis diantaranya terdapat dalam buah manggis. Xanthone dan turunannya telah terbukti kaya akan manfaat, salah satunya adalah anti-inflamasi dan anti-alergi.
Manfaat Kulit Manggis

Ada juga komponen lain dari buah manggis yang memiliki kualitas obat, termasuk polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh.

Kaya Vitamin C
Buah manggis dapat memenuhi kebutuhan Vitamin C tubuh sebesar 12 persen dalam setiap 100 gram daging buahnya. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang bermanfaat sebagai antioksidan. Selain itu, Vitamin C juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai macam serangan penyakit seperti flu, infeksi, hingga kanker.

Vitamin B Kompleks
Buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin ini memiliki manfaat sebagai kofaktor dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Manfaat Kulit dan Buah Manggis

Selain memiliki kandungan senyawa yang beragam tadi, manfaat dari kulit buah manggis juga sangat beragam, antara lain:
Manfaat Kulit Buah Manggis untuk Kesehatan

Baik Untuk Diet
Ternyata, buah manggis juga rendah kalori disamping rasanya yang lezat. Buah manggis juga sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Terdapat 63 kalori dalam 100 gr buah manggis. Selain itu, Buah manggis tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol.

Anti kanker
Kandungan xanthone dalam kulit dan buah manggis memiliki sifat anti proliferasi danapoptosis, yakni efektif untuk menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker.
kandungan mineral dalam buah manggis antara lain tembaga, mangan, magnesium, dan kalium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah. Dengan demikian, buah manggis bermanfaat untuk perlindungan tubuh kita terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

Meremajakan Kulit
Khusus untuk wanita, Anda pasti menyukai manfaat dari kulit buah manggis yang satu ini yaitu membuat kulit Anda menjadi lebih awet muda. Kandungan anti oksidan di dalam kulit buah manggis mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit.

Mengobati Sariawan
Kandungan vitamin C yang ada pada buah manggis juga berfungsi untuk menyembuhkan sariawan.

Bahan: kulit dari 2 butir buah manggis
Cara membuat: potong-potong kulit buah manggis tersebut. Rebus potongan kulit manggis dengan 3 gelas air sampai ukuran berkurang 50 persen. Setelah dingin, saring air rebusan tadi
Cara pemakaian: gunakanlah air yang sudah disaring tersebut untuk berkumur. 

Selain mengobati sariawan, rebusan daun dan kulit manggis sering dimanfaatkan masyarakat Filipina untuk mengatasi gejala penyakit seperti untuk:

Mengobati Diare

Menurunkan Suhu Tubuh Saat Demam

Mengatasi Disentri

Mengatasi Gangguan Saluran Kencing
Pengobatan dengan Kulit Buah Manggis

Sekian artikel tentang Manfaat Kulit dan Buah Manggis. Baca juga artikel tentang Efek Samping Kulit Buah Manggis, Manfaat buah Pepaya. Semoga bermanfaat.

Kata kunci yang sering dicari: Manfaat kulit dan buah manggis, manfaat kulit manggis, manfaat buah manggis, khasiat kulit dan buah manggis, khasiat kulit manggis, khasiat buah manggis, obat dari kulit manggis, obat dari buah manggis, cara membuat obat dari kulit manggis, cara pengobatan dengan kulit manggis, kandungan senyawa kulit buah manggis, kandungan nutrisi buah manggis, kulit manggis.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Kulit dan Buah Manggis"

Powered by Blogger.