13 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Manfaat Buah Pepaya. Pepaya (Carica pepaya L.)  adalah buah yang berasal dari daerah Meksiko dan bagian Utara Amerika Selatan. Dari sana, pohon pepaya menyebar dan banyak ditanam daerah tropis untuk diambil manfaat buahnya. Manfaat buah pepaya sangat banyak untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mencegah serangan jantung dan stroke. 
Buah Pepaya


Buah Pepaya Bergizi


Di Indonesia, buah pepaya termasuk buah yang banyak ditanam sehingga mudah didapat dengan harga yang sangat terjangkau (murah). Namun sebagian orang masih belum mengenal kandungan nutrisi dan manfaat buah pepaya. Berikut ini kandungan nutrisi dan manfaat buah pepaya:
Budidaya Buah Pepaya

Kandungan Nutrisi Buah pepaya


No
Kandungan Nutrisi
1
Vitamin A
2
Vitamin B
3
Vitamin C
4
Vitamin E
5
Vitamin K
6
Kalsium
7
Niacin
8
Riboflavin
9
Zat Besi
10
Fosfor
11
Kalium
12
Lemak
13
Karbohidrat
14
Protein
15
Kalori
16
          Zeaxanthan
17
Lycopene
18
          Asam pantotenat
19
           Tembaga
20
           Magnesium
21
           Folat

Manfaat Buah Pepaya
Dengan kandungan nutrisi di atas, buah pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dari buah pepaya untuk kesehatan anda :

Buah Pepaya
Melancarkan Pencernaan
Kandungan enzim papain dan serat pada buah pepaya dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti wasir dan susah buang air besar. Selain itu enzim tersebut dapat membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.

Sebagai Antioksidan
Dengan kandungan vitamin C, buah pepaya bermanfaat sebagai antioksidan untuk memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, dan kanker

Buah Pepaya
Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, buah pepaya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan mencegah oksidasi kolesterol.

Mencegah Degenerasi Makula
Kandungan Senyawa eaxanthin antioksidan pada buah pepaya, menyaring sinar cahaya biru berbahaya. Selain itu senyawa ini berperan untuk menangkal kerusakan degenerasi kesehatan mata.
Mempercepat Penyembuhan Luka
Buah pepaya yang ditumbuk bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka dan mampu mencegah infeksi pada daerah kulit yang terbakar atau melepuh karena panas. Enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep.
Mempertajam Penglihatan
Buah pepaya mengandung Vitamin A dan betakaroten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.
Manfaat Buah Pepaya

Menangkal Radikal Bebas
Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh anda.

Menyehatkan tulang
Buah pepaya mengandung Vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi buah pepaya berarti mencegah tulang keropos.
Khasiat Buah Pepaya
Baik untuk Kesehatan Kulit
Buah pepaya sangat baik untuk untuk perawatan kecantikan, kandungan vitamin A, C dan E sangat cocok untuk kesehatan kulit. Vitamin ini membantu melembabkan dan mengembalikan kulit kusam anda menjadi cerah dan tampak lebih segar.

Anti inflamasi
Manfaat pepaya bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama adalah dapat menghilangkan rasa sakit, hal ini karena buah pepaya mengandung enzim anti inflamasi. Enzim ini ternyata memiliki sifat mencegah kanker.
Mencegah Asma
Salah satu nutrisi ini yang terkandung di dalam buah pepaya adalah beta karoten, nutrisi ini juga bermanfaat dalam mencegah penyakit asma. Seperti yang terdapat pada manfaat buah melon.
Membersihkan Usus dari Racun
Buah pepaya dapat membantu membersihkan usus dari racun-racun yang tanpa sengaja diserap tubuh. Kandungan serat dan antioksidan inilah yang dapat membersihkan racun-racun pada usus dan membawanya melalui saluran pembuangan.

Mengobati Hipertensi
Buah pepaya muda ternyata dipercaya dapat mengobati hipertensi. Caranya, parut pepaya muda, peras untuk diambil airnya. Minum air perasan tadi 2 kali sehari. Lakukan selama 3 hari.
Kandungan Nutrisi Buah Pepaya
Sekian artikel tentang 13 Manfaat Buah Pepaya. (baca juga: 11 Manfaat Daun Singkong, Manfaat Singkong. Somoga artikel ini bermanfaat.

Kata kunci yang sering dicari: 13 manfaat buah pepaya, buah pepaya, khasiat buah pepaya, manfaat buah pepaya, manfaat buah pepaya untuk kesehatan, manfaat buah pepaya untuk kecantikan, khasiat buah pepaya untuk kesehatan, khasiat buah pepaya untuk kecantikan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "13 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan"

  1. buah pepaya ternyata banyak sekali manfaatnya ya , terimakasih infonya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.