Manfaat Buah Nanas

Siang sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang Khasiat dan Manfaat Buah Nanas untuk kesehatan. Buah Nanas (pineapple) merupakan salah satu jenis tanaman buah yang memiliki aroma yang sangat khas, serta baunya yang tajam. Rasa dari buah ini merupakan percampuran antara rasa manis dan asam, namum sangat menyegarkan. Berbicara tentang Nanas, pikiran kita pasti akan langsung tertuju ke Kota Subang yang merupakan daerah penghasil Buah Nanas terbesar di Indonesia. Di sana kita juga bisa menemukan berbagai macam hasil olahan Buah Nanas, seperti selai nanas, manisan nanas, sirup nanas, bahkan keripik nanas.
Khasiat dan Manfaat Buah Nanas
Buah Nanas
Selama ini masyarakat hanya mengkonsumsi buah Nanas begitu saja, tanpa mengetahui rahasia besar di balik buah Nanas. Sangat sedikit dari masyarakat yang mengetahui manfaat dari Buah Nanas di bidang kesehatan. Ternyata Buah Nanas bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit.

KANDUNGAN SENYAWA BUAH NANAS
Buah Nanas yang berasal dari Negara Brasil ini diketahui memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Selain itu, terdapat juga kandungan senyaa lain yang baik untuk tubuh, seperti Vitamin B1, Fosfor, Kalsium, Mangan, Magnesium, Thiamin, Zat Besi, Kalium, Natrium, Gula Buah (Sukrosa), Protein, Enzim Bromelain, Karbohidrat, serta Vitamin A dan C yang bersifat sebagai Antioksidan.

MANFAAT BUAH NANAS
Dengan kandungan nutrisi tersebut buah nanas dipercara mampu mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan, antara lain untuk :

Mengobati Cacingan pada anak
Kupaslah 1 buah Nanas yang masih muda, lalu cuci sampai bersih. Setelah itu, bilas dengan air masak, lalu parut. Peras dan saring hasil parutan tersebut. Minumkan sedikit demi sedikit pada anak.

Mengobati Keseleo dan Memar akibat terpukul
Kupas 1 buah Nanas yang sudah masak, lalu potong-potong. Buatlah jus dari potongan-potongan buah Nanas tadi. Minumlah air jusnya.

Mengatasi Lambung yang terasa penuh
Minumlah jus Nanas 3x sehari, masing-masing sebanyak ¾ gelas saja. Lakukan aktifitas minum jus ini ½ jam sebelum anda makan.

Mengobati Radang Tenggorokan
Kupas 2 buah Nanas yang sudah mask, lalu cuci sampai bersih. Setelah itu, potong-potong, dan buatlah menjadi jus, atau bisa juga diparut. Kemudian peraslah dengan menggunakan sepotong kain bersih. Minum air perasannya 3x sehari, masing-masing hanya 1/3 bagian saja.

Mengobati Luka Bakar, Bisul, dan Gatal-gatal
Cucilah daun Nanas sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Balurkan hasil tumbukannya ke bagian tubuh yang sakit.

Mengobati Dermatitis (Peradangan di kulit)
Sediakan ½ buah Nanas yang sudah mask. Kemudian kupas, lalu parutlah. Gunakan hasil parutan tadi untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas. Lakukan kegiatan ini 1x dalam sehari, tepatnya malam hari sebelum tidur. Barulah pada keesokan paginya, bilas sampai bersih ramuan tadi.

Mengobati Beri-beri
Kupaslah 2 buah Nanas yang sudah mask, lalu cuci sampai bersih. Parut atau bisa juga dibuat menjadi jus. Kemudian peras dan minum air perasannya pada pagi/siang hari sesudah makan.

Menghilangkan Ketombe
Kupaslah ¼ buah Nanas yang sudah masak. Kemudian parut, dan peras. Saringlah hasil perasan tadi, kemudian tambahkan air perasan 1 buah Jeruk Nipis, lalu aduk smapi merata. Gosokkan ramuan tadi ke kulit kepala yang berketombe pada malam hari sebelum tidur. Bilas dengan air bersih pada keesokan paginya. Lakukan kegiatan ini 2-3x dalam seminggu.

Mengobati Sembelit
Kupaslah 3 buah Nanas yang belum masak, lalu cuci sampai bersih. Parut atau juga bisa dibuat menjadi jus, lalu peras. Minum air perasannya 2x sehari sesudah makan, masing-masing ½ gelas saja. Lakukan kegiatan ini secara rutin sampai anda sembuh.

Menurunkan berat badan
Kupaslah 1 buah Nanas yang belum terlalu matang, lalu cuci sampai bersih. Kemudian potong-potong dan buat menjadi jus, atau bisa juga diparut. Peras dengan kain bersih, dan minum air perasannya sekaligus. Lakukan kegiatan ini 2x sehari.

PERINGATAN :
Tidak ada yang sempurna di dunia ini, begitu juga dengan buah Nanas. Disamping khasiat dan manfaatnya yang sangat banyk, ada juga kelemahan dari buah yang identik dengan warna kuning ini. Diantaranya adalah, Ibu yang sedang hamil DILARANG untuk meminum air perasan buah nanas muda. Selain itu, perlu anda ketahui bahwa di dalam pencernaan, buah nanas akan di fermentasi menjadi alcohol, yang dapat menyebabkan kambuhnya penyakit Rematik Gout bagi penderitanya. Serta bagi penderita Kencing Manis (Diabetes Mellitus) agar mengurangi konsumsi buah Nanas, karena kandungan gula di dalam buah Nanas yang masak cukup tinggi.

Untuk bisa mendapatkan kesembuhan atau hasil yang maksimal, maka rutinlah mengkonsumsi resep obat tradisional di atas sesuai dengan petunjuk ahli herbal. Sekian artikel mengenai Khasiat dan Manfaat Buah Nanas, semoga bisa menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel terkait :
·        Manfaat Daun Salam
·         15 Manfaat Bunga Teratai
·        Manfaat Daun Sirih
·         Khasiat dan Manfaat Cengkeh

Kata kunci : khasiat, manfaat, buah nanas, khasiat buah nanas, manfaat buah nanas, benefits of pineapple.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Nanas"

Post a Comment

Powered by Blogger.