Khasiat dan Manfaat Cengkeh

Selamat siang sahabat ragam, kali ini saya akan mengulas sedikit tentang Khasiat Dan Manfaat Cengkeh. Cengkeh adalah tanaman asli dari Indonesia yang biasanya digunakan sebagai penyedap rasa dalam makanan dan obat tradisional alami, namun tidak hanya sebagai penyedap rasa, cengkeh juga banyak digunakan sebagai obat berbagai penyakit. Tahukah sahabat ragam bahwa negara-negara di Benua Eropa banyak memanfaatkan cengkeh ini sebagai bumbu masakan yang pedas dan di negara kita ternyata selain itu juga sering dimanfaatkan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia.Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), cengkeh termasuk tanaman obat yang paling banyak dipakai di dunia (dalam bentuk balsam, minyak cengkeh, dsb)
Khasiat dan Manfaat Cengkeh

Kandungan senyawa dalam bunga cengkeh yaitu seperti mengandung sejumlah minyak atsiri, eugenin, asam oleanolat, asam galatanat dan vanillin. Yang dapat membantu untuk banyak penyembuhan penyakit yang pastinya sangat aman karena merupakan obat tradisional dari alam. 
Manfaat Cengkeh


Dengan kandungan senyawa yang ada di dalam bunga cengkeh menjadikannya mempunyai khasiat dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengobati penyakit, berikut ini beberapa manfaat cengkeh untuk mengobati berbagai penyakit :

1.      Penyakit Kolera
Dalam mengobati penyakit Kolera, bahan yang dibutuhkan adalah bunga cengkeh yang sudah kering kemudian dikunyah dan dihisap airnya dan hal tersebut dilakukan setiap hari dan hal tersebut juga dapat menambah detak jantung bagi yang jantungnya melemah. 
Khasiat Cengkeh


2.      Penyakit Campak
Dalam mengobati campak yaitu dengan mengambil 10 biji bunga cengkeh dan gula batu. Caranya adalah dengan meredam bunga cengkeh selama satu malam dengan air yang sudah masak kemudian ditambah dengan gula batu, lalu diaduk sampai rata dan minumlah air redaman itu sedikit demi sedikit. Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala.

3.      Mengobati sakit gigi
Biasanya sakit gigi disebabkan karena ada kuman yang menyebabkan gigi berlubang dan hal inilah yang menyebabkan sakit gigi. Namun dapat kita obati dengan memanfaatkan benga cengkeh yaitu sangrai 5 sampai 10 bunga cengkeh kemudian tumbuk sampai halus setelah itu taburkan ke bagian gigi yang berlubang tersebut.
Cengkeh untuk Obat Herbal

4.      Mengobati infeksi pernafasan
Caranya yaitu cengkeh dijadikan teh dan disajikan dengan air hangat, mengapa demikian? Karena infeksi pernafasan disebabkan karena adanya lendir di dalam kerongkongan dan tenggorokan maka dari itu menurut Profesor Neil Schachter dari Mount Sinai School of Medicine di New York mengatakan bahwa cengkeh bekerja sebagai ekspektoran yang dapat mengencerkan lendir yang ada di kerongkongan dan tenggorokan.

5.      Mengatasi noda jerawat dan mencegah timbulnya jerawat
Cengkeh mempunyai senyawa yang disebut Euganol, Euganol yaitu senyawa yang dikenal sebagai antiseptik alami untuk menyeimbangkan kulit. Maka dari itu cengkeh dapat menghilangkan noda bekas jerawat (baca : cara menghilangkan jerawat secara alami) dan mencegah untuk timbul kembali dan pastinya aman bagi kulit.
Obat Herbal dengan Cengkeh

Sahabat ragam yang setia, tidak hanya itu saja manfaat dari bunga cengkeh, daun cengkeh maupun biji cengkeh sebenarnya juga mempunyai banyak khasiat dan manfaat diantaranya bisa digunakan sebagai penghilang bau mulut, nyeri haid pada perempuan, demam malaria, batuk bahkan dapat dimanfaatkan sebagai obat herpes pada kulit. 

Sekian artikel tentang Khasiat dan Manfaat Cengkeh sebagai obat herbal atau obat tradisional alami. Semoga bermanfaat.

Baca artikel terkait:
·         Khasiat dan Manfaat Kurma

Kata kunci:  obat herbal, obat tradisional, obat alami, khasiat cengkeh, manfaat cengkeh, kesehatan, benefits of cloves.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Khasiat dan Manfaat Cengkeh"

  1. saya baru tau gan kalu cengkeh dapat menyembuhkan sakit gigi , terimakasih informasinya ,.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.