10 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Siang sahabat Ragam Alami, Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kita. Dengan gigi dan mulut yang sehat maka kita bisa menyantap aneka makanan dengan enak dan nikmat.  Mungkin sebagian dari kita pernah merasakan sakit gigi, kebayangkan bagaimana rasanya. Maka dari itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut perlu kita perhatikan betul.

Melalui artikel ini saya mencoba mengulas beberapa tips cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berikut penjelasan singkat tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut :

1.      Berkumur.
Dengan berkumur ternyata  dapat menghindarkan mulut kita dari keadaan kering.

2.      Menggosok gigi dua kali sehari.
Ketiga menggosok gigi usahakan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, waktu yang tepat untuk gosok gigi adalah setelah makan pagi dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa makanan yang ada dalam mulut dan menempel pada gigi dapat dibersihkan dan tidak diubah oleh bakteri dalam mulut menjadi asam yang mengakibatkan gigi berlubang (karies).

3.      Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut.
Penggunaan sikat gigi juga berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut. Sikat gigi yang berbulu lembut bertujuan agar saat kita menggosok gigi tidak melukai gusi.

4.      Berkumur dengan obat kumur
Dianjurkan bagi anda untuk berkumur dengan obat kumur setidaknya sekali dalam seminggu, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerak gigi.

5.      Perbanyak minum air putih
Air putih (baca : manfaat air dan pengaruh doa sebelum meminumnya) merupakan salah satu komponen dari liur yang berfungsi untuk menyimpan mineral-mineral yang dibutuhkan oleh gigi. Air liur juga dapat membersihkan partikel makanan yang menempel di sela-sela gigi. Air juga mengandung flouride yang dapat membantu gusi tetap lembab dan memperkuat enamel gusi.

6.      Perbanyak makanan yang berserat tinggi
Mengkonsumsi sayur dan buah adalah cara kita mendapatkan serat. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur dapat membantu menjaga kesehatan gig dan mulut.

7.      Berhati-hati dalam menggunakan pemutih gigi.
Anda harus berhati-hati dalam menggunakan pemutih untuk gigi, penggunaan dan pemakaian yang tidak sesuai dapat mengakibatkan gigi anda tidak sehat.

8.      Kurangi makanan yang mengandung gula
Makanan yang banyak mengandung gula seperti permen atau makanan bertepung. Salah satu alasan kenapa anda mengurangi makanan ini adalah karena sisa-sisa makanan tersebut dapat menempel pada gigi.

9.      Hentikan kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk yang harus dihentikan dalam mer*kok yang dapat berakibat pada rusaknya gigi dan gangguan mulut.

10.  Periksakan gigi
Periksakan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali, dengan mengetahui keadaan gigi dan mulut tentu anda dapat melakukan berbagai macam hal dengan tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Demikian 10 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut. Mulailah tingkatkan kesadaran anda dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena apabila gigi dan mulut anda sehat maka anda juga akan merasa nyaman dan tentu akan meningkatkan rasa percaya diri anda.

Baca artikel terkait :
·         Manfaat Daun Kelor

Kata kunci : Tips, kesehatan, perawatan, gigi, mulut, teeth and mouth

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "10 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut"

Powered by Blogger.