Bersahabatlah Dengan Alam Maka Anda Akan Sehat



Bersahabat Dengan Alam (friendly with nature). Allah SWT menciptakan segala sesuatu dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Alam juga diciptakan supaya dapat dimanfaatkan oleh manusia dengan sebaik-baiknya. Seperti halnya udara, air dan matahari diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Bersahabat dengan alam berarti bersyukur dengan penciptaan alam dan memanfaatkan alam tanpa membuat kerusakan yang membahayakan. 

Bersahabatlah dengan bumi, bersahabatlah dengan udara dan matahari. Sebagaimana kita tahu bahwa sinar matahari banyak mengandung pro vitamin D dan vitamin lainnya. Berjemur di bawah sinar matahari pada jam 07.00 hingga 10.00 sangat baik bagi anda, tidak perlu lama lama cukup 10-15 menit sudah bagus. Bagian kepala silahkan ditutupi agar tidak terkena sinar matahari secara langsung, kulit yang dijemur juga ditutupi atau diolesi krim agar tidak terkena effek bahaya sinar matahari.

Hiruplah udara segar dari alam. Udara yang segar akan menyehatkan paru-paru dan tubuh anda. Coba anda perhatikan, Apakah ventilasi udara di rumah anda sudah memadai? jika belum usahakan luangkan waktu anda untuk keluar dari rumah di pagi hari, berjalan jalan sembari menghirup udara segar di lokasi yang banyak pepohonanya. Manjakan pula mata anda untuk memandangi daun dan pepohonan hijau.

mengenal alam lebih dekat
Bersahabat dengan alam
Gunakan air secara maksimal. Sebelumnya kita pernah membahas tentang Manfaat air dan pengaruh doa sebelum meminumnya. Untuk itu manfaatkan nikmat berupa air ini dengan semaksimal mungkin baik untuk mandi, mencuci tangan, untuk minum, ataupun keperluan lain yang membutuhkan air. Jika anda memanfaatkan air sebagai minuman, minumlah air putih sekurang kurangnya 2 liter atau 8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh anda.

Alam juga merupakan guru pengobatan dari berbagai macam penyakit. Jika kita mau mempelajari dan mengenal alam lebih dekat sebenarnya banyak sekali penyakit yang obatnya justru banyak terdapat di alam sekitar kita.

Manfaatkan alam dengan baik, Jagalah kelestarian alam ini dengan tidak mengeksploitasi alam secara berlebihan. Melestarikan alam berarti melindungi kelangsungan hidup umat manusia dimasa yang akan datang. 


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bersahabatlah Dengan Alam Maka Anda Akan Sehat"

  1. bener sob saya setuju dah, untuk hidup sehat kita halus besahabat dengan alam,

    ReplyDelete

Powered by Blogger.