Alasan Kenapa Manusia Harus Berolahraga Teratur

Assalamualaikum sahabat ragam, sudahkah anda berolahraga hari ini? Jika belum, mungkin setelah pekerjaan hari ini selesai anda dapat meluangkan waktu sebentar untuk sekedar berjalan kaki atau olahraga ringan lainnya. Lalu, kenapa kita harus berolahraga teratur? Olahraga khususnya lari atau berjalan akan membuat keadaan tubuh menjadi sehat, bugar dan ideal.
Alasan Kenapa Manusia Harus Berolahraga Secara Teratur
Olahraga Teratur
Kita semua pasti setuju bahwa jalan kaki dan lari merupakan olahraga termurah dibanding jenis olahraga lainnya. Dengan berjalan atau lari anda akan sehat karena proses pembentukan plak aterosklerosis pada pembuluh darah dapat dicegah. Aterosklerosis merupakan suatu keadaan dimana arteri besar atau kecil dipenuhi endapan lemak trombosit, media arteri. Ilmuwan kedokteran membuktikan bahwa pengerasan pembuluh darah kalaupun tidak hilang secara total tapi sebagian plak dapat dihilangkan dengan cara berlari atau berjalan kaki. Jalan kaki mampu memberikan efek baik terhadap tekanan darah, kolesterol, berat badan, pernafasan (paru-paru) dan dapat mengurangi stress.

Jalan kaki yang baik minimal ditempuh 500 meter sampai 3000 meter bagi pemula. Jika anda rutin melakukan jalan kaki maka lakukan penambahan jarak tempuh secara bertahap. Jalan kaki dilakukan 3-5 kali dalam seminggu dengan waktu 30 menit. Dengan melakukan jalan kaki secara tepat dan teratur maka penyakit jantung koroner dapat turun sampai 60%.

Itulah pentingnya melalukan olahraga secara teratur walau hanya sekedar berjalan kaki atau lari. Olahraga akan membuat tubuh anda sehat, bugar, dan tidak mudah terserang penyakit. Yuk kita mulai aktifitas yang menyehatkan ini, satu langkah anda akan mengawali seribu langkah selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Alasan Kenapa Manusia Harus Berolahraga Teratur"

Powered by Blogger.