Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Alzheimer

Ragam Khasiat dan Manfaat Alami - Untuk anda yang memiliki masalah dengan daya ingat sebaiknya baca ulasan berikut, Pelupa mungkin menjadi hal wajar bagi semua orang, namun jika disertai dengan gejala yang tak wajar. Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda datangnya Penyakit Alzheimer, lalu bagaimana gejala dan cara mencegah penyakit Alzheimer? berikut penjelasannya;

Datangnya Penyakit Alzheimer, Bahayakah ?
Waspadai Penyakit Alzheimer
Alzheimer atau sering disebut pula dengan pikun adalah penyakit yang sering menyerang lanjut usia, dan tidak menutup kemungkinan akan menyerang pada usia muda pula. Menurut Dr. Peter Rendell dari University of New South Wales, Sidney, jika diusia muda seseorang sudah sering mengalami kelupaan dengan barang atau pekerjaannya, ada kemungkinan besar seseorang tersebut akan lebih cepat terserang alzheimer. Penyakit ini dapat ditimbulkan karena adanya syaraf otak yang mengerut, serta dipenuhi dengan gumpalan protein yang disebut plak amiloid dan neuro fibrillary. Amiloid protein akan menyebabkan perubahan kimia pada otak yang kemudian menyebabkan syaraf otak yang berfungsi menyampaikan pesan dari satu neuron ke neuron lain menjadi terganggu.

Gejala Penyakit Alzheimer

1.      Gangguan daya ingat seperti sering lupa akan kejadian yang baru saja terjadi
2.      Sulit fokus terhadap pekerjaan yang sudah menjadi aktivitas rutin setiap hari
3.      Sulit melakukan kegiatan yang familiar tanpa bantuan orang lain
4.      Disorientasi seperti bingung akan waktu hari, tanggal, bulan, tahun
5.      Kesulitan memahami visuospasial seperti sulit membaca atau sulit membedakan warna
6.      Gangguan berkomunikasi seperti kesulitan mencari kata-kata yang tepat saat bicara
7.      Menaruh barang tidak pada tempatnya.
8.      Menarik diri dari pergaulan.
9.      Perubahan perilaku dan kepribadian seperti emosi cepat berubah mudah sering marah, depresi dan sangat tergantung pada orang lain.


Faktor Terjadinya Alzheimer

Usia
Usia merupakan faktor risiko terbesar, semakin bertambah usia semakin mudah lupa.

Menurunnya fungsi sel syaraf otak
Menurunnya fungsi sel syaraf otak menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit pikun. Sel syaraf otak yang rusak akan membuat kemampuan mengingat dan berpikir seseorang menjadi lemah.

Pembawaan genetik
Jika dalam sebuah keluarga terdapat penderita alzheimer, maka kemugkinan besar akan menurun pada keluarganya kelak.

Stress adalah suatu kondisi dimana terdapat banyak tekanan atau masalah yang menyebabkan seseorang menjadi tegang baik syaraf maupun mental dan mempengaruhi perilakunya. Orang yang stress cenderung tidak terkontrol dalam makan dan berperilaku. Pada saat seseorang mengalami stress maka sel-sel di hippocampus (bagian otak sebelah dalam) terpaksa bekerja lebih keras sehingga otak menjadi lelah dan mudah rusak.

Konsumsi lemak berlebih
Terlalu banyak makan, terutama makanan yang memiliki kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

Merokok
Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

Mengkonsumsi gula terlalu banyak
Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, dan menyebabkan ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak. Untuk itu bagi penderita kencing manis memiliki resiko lebih tinggi terserang penyakit ini.

Otak memerlukan tidur untuk memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

Datangnya Penyakit Alzheimer, Bahayakah ?
Bagaimana Penyebab Terjadinya Alzheimer

Kurang menstimulasi pikiran
Berpikir adalah cara paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

Jarang berkomunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

Sampai saat ini penyakit alzheimer belum diketahui jelas bagaimana cara penyembuhannya. Untuk itu lakukan pencegahan penyakit alzheimer dengan cara mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan menerapkan pola hidup sehat. Adapun jenis makanan yang baik untuk mencegah kepikunan yakni :

Kuning telur, kandungan kolinnya sangat baik untuk perkembangan otak.

Buah berrie, buah yang mengandung antosianin yang dapat melindungi syaraf otak yang berkaitan dengan memori. Konsumsi buah berrie setiap hari dapat meningkatkan daya ingat dalam waktu beberapa bulan.

Kopi, konsumsi kopi 2 cangkir setiap hari dapat mengurangi terjadinya kepikunan. Selain itu menurut penelitian, kopi mengandung zat yang dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor di otak.

Minyak ikan, kandungan omega 3 yang kaya akan DHA. Mengkonsumsi ikan akan memperlancar proses pengiriman signal yang menuju otak.

Kacang-kacangan, mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat menyehatkan otak sehingga memori akan tetap terjaga.

Buah bit, mengandung vitamin B yang baik menjaga fungsi otak dan dapat digunakan untuk anti depresi.

Cabai, kandungan capsaicin, senyawa ini dapat menjaga perkembangan organ otak, membuat syaraf-syaraf dalam tubuh serta otak menjadi tenang dan meningkatkan produksi hormon endorfin yang membuat otak lebih mudah berkonsentrasi.

Datangnya Penyakit Alzheimer, Bahayakah ?
Sebab Terjadinya Penyakit Alzheimer
Nah sahabat ragam, otak merupakan satu organ yang sangat-sangatlah penting untuk kita dijaga. Jika terjadi sedikit saja kerusakan, maka akan mempengaruhi organ dan sistem dalam tubuh lainnya. Semoga artikel tentang Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Alzheimer ini bermanfaat untuk anda sekalian.

Kata kunci: Penyebab penyakit alzheimer, gejala penyakit alzheimer, apa saja sebab alzheimer, tanda-tanda penyakit alzheimer, bahaya penyakit alzheimer, ciri-ciri orang terkena alzheimer, cara mengobati penyakit alzheimer, pencegahan alzheimer, bagaimana mencegah alzheimer, apa saja faktor yang menimbulkan dapat penyakit alzheimer, bagaimana terjadinya penyakit alzheimer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Alzheimer"

Post a Comment

Powered by Blogger.