Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

Artikel kali ini akan membahas tentang Manfaat Jengkol bagi Kesehatan. Mungkin sebagian orang anti dengan makanan yang satu ini, baunya terkadang membuat orang tak tahan jika menciumnya. Jengkol merupakan tumbuhan polong-polongan yang berbentuk gepeng membentuk spiral, biasanya dikonsumsi sebagai lalap atau menjadi suatu masakan bagi kebanyakan masyarakat.
Walau sebagian orang anti dengan jengkol namun kandungan di dalamnya dapat bermanfaat bagi kesehatan. Jengkol kaya akan vitamin A, B1, B2, B6, B12 dan vitamin C, selain itu pula terdapat zat besi, kalsium, fosfor serta senyawa kimia alami lain yang dapat memberikan khasiat untuk kesehatan tubuh saat di konsumsi secara teratur.

Apa saja manfaat jengkol? Yuk simak yang berikut ini.

·         Tinggi kandungan protein yang dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh, dimana jauh lebih banyak dibanding dengan kacang hijau ataupun kedelai.

·         Jengkol baik untuk pertumbuhan tulang pada janin dan juga dapat mencegah terjadinya sembelit untuk sang ibu, karena kandungan kalsium pada jengkol memang cukup tinggi. Tak hanya itu asam folat pada jengkol dapat mencegah kecacatan bawaan pada bayi.

·         Kandungan mineral pada jengkol berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung koroner yang disebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar.

·         Mencegah anemia, zat besi yang terkandung dalam jengkol dapat mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh.

·         Dapat mencegah tulang keropos serta memperkuat tulang dan gigi, karena kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk tulang dan gigi.

·         Kandungan vitamin dalam jengkol bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, selain itu vitamin A dan C berperan sebagai zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.


·         Mencegah diabetes, karena dengan mengkonsumsi jengkol fruktosa yang terdapat pada aliran darah dalam tubuh dapat terurai dengan baik, sehingga tidak akan terjadi penimbunan gula yang berlebih.

Meski jengkol memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Seperti susah buang air kecil yang disertai dengan rasa nyeri dan menimbulkan bau menyengat pada urin,

Bagi penderita gangguan organ ginjal, sebaiknya tidak mengkonsumsi jengkol karena dapat memperburuk kondisi organ ginjal anda. Demikian ulasan singkat tentang Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, semoga dapat memberi informasi yang bermanfaat bagi sahabat ragam semua.

Kata kunci : Manfaat jengkol, manfaat jengkol untuk ibu hamil, manfaat jengkol dan petai, manfaat jengkol untuk kanker, manfaat jengkol untuk ibu menyusui, manfaat jengkol muda, manfaat jengkol untuk penderita kanker, manfaat jengkol muda bagi kesehatan, khasiat jengkol bagi kesehatan, manfaat jengkol bagi kesehatan jantung, apa khasiat jengkol bagi kesehatan, manfaat jengkol bagi kesehatan, manfaat jengkol bagi kesehatan manusia, manfaat jengkol untuk kesehatan dan kecantikan, khasiat jengkol bagi kesehatan tubuh, kegunaan jengkol bagi tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Jengkol bagi Kesehatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.