Seputar Mata Plus atau Rabun Dekat

Ragam Manfaat dan Khasiat Alami - Jika sebelumnya kita telah membahas tentang mata minus maka kali ini kita akan membahas tentang Seputar Mata Plus atau Rabun Dekat. Istilah rabun dekat atau sering disebut juga dengan mata plus adalah satu keadaan dimana cahaya yang masuk ke dalam bola mata penderita tidak mengalami akomodasi normal. Membuat sinar jatuh pada titik fokus yang berada di belakang retina sehingga penderita tidak mampu melihat obyek benda dalam jarak dekat dengan jelas.

Rabun Dekat
Mata Plus (Rabun Dekat)
Sebab rabun dekat timbul karena fungsi otot-otot pada mata mulai menurun, biasanya terjadi pada orang lanjut usia atau terjadi pada usia sekitar 40 tahun keatas. Rabun dekat juga dapat dialami oleh anak-anak, akan tetapi ketika beranjak remaja kemungkinan penglihatannya dapat kembali berfungsi normal, dikarenakan pada usia muda kemampuan akomodaasi mata berfungsi sangat baik.

Selain itu rabun dekat disebabkan karena bentuk bola mata telalu pendek dibanding keadaan normal, atau karena sistem optis bola mata kekurangan daya bias. Bagi lanjut usia hal ini termasuk tanda penuan alami, sebab lensa kristalin berada dalam kondisi dimana elastisitasnya telah banyak berkurang sehingga menjadi lebih kaku dan lensa berubah bentuk menjadi lebih cembung. Rabun dekat dibagi menjadi dua istilah berbeda, yakni hipermetropia sebutan bagi penderita berusia dibawah 40 tahun dan presbiopia sebutan bagi penderita diatas 40 tahun.

Apa saja tanda atau keluhan yang dirasakan pada penderita mata rabun ?

·   Penderita akan mengalami sakit kepala jika melihat obyek dekat dalam waktu yang cukup lama
·   Penglihatan terasa tidak nyaman, terutama ketika mata fokus pada jarak tertentu dalam waktu lama.
·   Kabur ketika melihat obyek dekat.
·   Penglihatan jauh menjadi kabur sehabis melihat dekat dalam waktu lama.
·   Kabur ketika melihat jauh dan dekat, terutama jika derajat hipermetropianya sudah agak tinggi (3,00 s/d 6,00 D).
·   Mata cepat lelah ketika membaca dalam jarak dekat.

Cara penyembuhan mata plus :

·   Zooming, adalah latihan melihat/focus dari benda yang jauh ke benda yang dekat, secara bergantian.
·   Gosok kedua tangan dengan lembut sampai terasa hangat, kemudian letakkan telapak tangan pada mata dalam kondisi terpejam, jangan tekan bola mata, tapi letakan dengan halus pada tulang-tulang sekitar mata.
·   Soft focus, sama dengan zooming, hanya saja, selama focus mata tidak boleh berkedip selama 5-25 detik, dan mata tidak terlalu focus, hanya melihat secara santai.
·   Menguaplah dengan lebar, sampai anda benar-benar merasa rileks.
·   Dengan bola berayun, coba untuk focus ke bola yang bergerak karena ayunan. Bisa juga dengan bola pingpong atau tennis yang sedang dimainkan, atau alternative lain yang serupa.
·   Pencahayaan, dengan mata tertutup, pandanglah matahari, atau lampu yang cukup terang, sampai mata anda terasa hangat.
·   Latihan peregangan otot mata, gerakan mata anda kebawah, keatas, tengah samping.
·   Memijat bagian-bagian kepala yang mempengaruhi mata, seperti bagian bawah alis, pangkal hidung yang diapit oleh 2 mata, 2 sisi kening di ujung alis bagian luar, titik bawah mata (tulang sekitar mata), bahu dekat tengkuk, 2 urat leher di bagian tengkuk.
·   Menyembuhkan mata minus dengan ramuan tradisional:
Rabun dekat juga dapat diterapi dengan menggunakan ramuan tradisional. Ramuan ini bisa menggunakan jeruk nipis dan madu. Caranya adalah dengan mengeringkan biji jeruk nipis kemudian menumbuknya hingga halus. Kemudian hasil tumbukan tersebut di seduh dengan air panas dan madu. Untuk menjaga kebersihan mata penderita bisa membersihkan mata dengan menggunakan air melati. Caranya dengan merendam bunga melati di dalam air semalaman. Kemudian air rendaman itu di gunakan untuk membersihkan mata. lakukan sehari sekali untuk hal ini.

Jagalah kesehatan mata sedini mungkin dan perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi agar dapat menunjang kesehatan mata. Itulah info Seputar Mata Plus atau Rabun Dekat.

Kata kunci: Gangguan rabun dekat, gangguan mata rabun dekat, cara menyembuhkan mata plus, cara menyembuhkan rabun dekat, obat rabun dekat, keluhan mata plus, gangguan mata plus, obat mata plus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seputar Mata Plus atau Rabun Dekat"

Post a Comment

Powered by Blogger.