Si Masam Asam Jawa

Siapa yang mengira jika Si Masam Asam Jawa ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Asem jawa adalah tumbuhan yang masuk dalam katagori tumbuhan polong. Pada umumnya asam digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan atau sebagai obat jamu bagi masyarakat. Tumbuhan ini memiliki kandungan senyawa kimia seperti asam apel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin, dan gula invert. Kandungan-kandungan tersebut ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat traditional yang luar biasa, lalu apa saja khasiat dan cara pemanfaatannya ?
Obat Asma
Rebus 2 potong kulit asam jawa dan adas pulawaras secukupnya, dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian saring dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.
Batuk Kering
Rubus 3 polong asam jawa dengan setengah genggam daun saga ke dalam 4 gelas air. Didihkan sampai hingga tersisa 1 gelas saja, sebelum diminum saringlah terlebih dahulu. Minum 2 kali sehari pagi dan sore.
Rematik
Tumbuk sampai halus 1 genggam daun asam jawa dengan 2-3 biji asam jawa (klungsu). Gunakan tumbukan tersebut untuk mengkompres bagian yang terasa sakit.
Gatal Alergi
Rebus 2-3 polong buah asam jawa yang telah tua dengan garam dan seperempat sendok kapur sirih ke dalam 3 gelas air sampai mendidih hingga kira-kira tersisa 2 gelas. Saring air rebusan tersebut lalu minum secara teratur 2 kali sehari.
Demam
Rebus 1 genggam daun asam jawa dengan adas pulawaras secukupnya ke dalam setengah liter air sampai mendidih. Saring lalu minum 2 kali sehari.
Sakit Panas
Seduh 1 genggam buah asam jawa yang telah matang ditambah dengan garam secukupnya. Saring terlebih dahulu lalu minum seperti biasa. Namun perlu diingat, ramuan ini tidak dibolehkan bagi ibu hamil.
Luka Borok
Tumbuk bebarapa biji asam jawa sampai halus, tempelkan pada luka borok lalu balut menggunakan kain/perban.
Bengkak karena sengatan hewan
Tumbuk sampai halus 3-5 biji asam jawa, bersihkan terlebih dahulu bagian yang disengat menggunakan kain yang telah dibasahi dengan minyak kayu putih. Jika sudah, taburi atau tempel luka sengatan dengan tumbukan biji asam jawa tersebut.

Mulai dari daun, buah hingga biji ternyata asam jawa dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti dari obat kimia. Sedang khasiat-khasiat di atas hanyalah sebagian dari puluhan manfaat lainnya dari Si Masam Asam Jawa. Semoga artikel ini dapat memberi informasi dan manfaat bagi sahabat ragam semua.

Kata kunci : Manfaat asam jawa, manfaat asam jawa untuk diet, manfaat asam jawa dan gula merah, manfaat asam jawa untuk kulit wajah, manfaat asam jawa dan kunyit untuk wajah, manfaat asam jawa bagi kesehatan, manfaat asam jawa untuk wajah, manfaat asam jawa dan kunyit, manfaat asam jawa untuk wajah jerawat, manfaat asam jawa untuk jerawat, manfaat asam jawa untuk kesehatan, manfaat asam jawa untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat asam jawa untuk kesehatan gigi, khasiat asam jawa untuk kesehatan, apa manfaat asam jawa untuk kesehatan, manfaat asam jawa bagi kesehatan tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Si Masam Asam Jawa"

  1. saya baru tahu gan kalau ternyata buah asam jawa banyak sekali manfaatnya , terimakasih untuk informasi yang sangat berguna ini , sangat bermanfaat ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.