Manfaat Daun Salam


Selamat siang sahabat ragam, Khasiat dan Manfaat Daun Salam untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah banyak. Apa itu daun salam? Daun salam atau bay leaves adalah salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bahan penyedap rasa dalam masakan yang alami dan khas. Namun daun salam juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional maupun obat herbal alami yang tentunya aman bagi tubuh dan tidak menimbulkan efek samping, asalkan tidak berlebihan.

Kandungan Senyawa Daun Salam
Kandungan senyawa dalam daun salam dapat membantu untuk pengobatan (sebagai obat penyakit). Apa sajakah kandungan senyawa tersebut? Kandungan tersebut yaitu berupa vitamin A, vitamin B, mangan serta folat. Sebuah penelitian juga telah membuktikan bahwa daun salam mengandung flavonoid, minyak atsiri dan zat tanin yang dapat mengendalikan kadar glukosa dalam darah (hipoglikemik). Dengan demikian dapat membantu dan berperan sebagai obat tradisional.
Manfaat Daun Salam
Dengan kandungan dalam daun salam tersebut, maka sudah tidak diragukan lagi kalau daun salam merupakan salah satu obat alternatif yang untuk berbagai penyakit. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat dalam daun salam :

·         Mengobati Sakit Maag
Maag merupakan penyakit yang disebabkan karena pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lambung. Tapi hal ini dapat diatasi dengan daun salam dengan cara cuci 15 – 20 lembar daun salam, rebus kurang lebih 15 menit dengan ½ liter air, tambahkan gula, setelah mendidih dinginkan dan minum airnya. Lakukan setiap hari sampai sakit maag hilang.

·         Mengobati Penyakit Diare
Penyakit diare adalah penyakit yang membuat anda terus – menerus BAB dengan kadar air dalam tinja yang terlalu berlebihan. Namun hal ini dapat diatasi dengan cara cuci bersih 15 – 20 lembar daun salam, tambahkan 2 gelas air dan rebus sampai mendidih dan tambahkan sedikit garam. Setelah dingin saring dan minumlah.

·         Menurunkan Kadar Kolesterol
Bagi anda yang bermasalah dengan kadar kolesterol yang tinggi maka daun salam merupakan solusi yang paling tepat. Yaitu dengan cara cuci 10 – 15 lembar daun salam kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih dan tunggu hingga menyisakan 1 gelas air lalu tunggu hingga dingin, kemudian saringlah dan minum pada saat malam hari setiap hari.

·         Mengobati Asam Urat
Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit pada persendian yang biasanya menyerang pada orang yang sudah lanjut usia. Namun asam urat dapat diobati dengan daun salam yaitu daun salam dijadikan sebagai jamu dan minumlah dengan campurkan sedikit madu.

·         Mengobati dan Mencegah Timbulnya Kanker
Ternyata obat tradisional yang aman untuk kanker banyak juga dan salah satunya yaitu daun salam ini, karena di dalam daun salam juga mengandung asam caffeic, catechin, quercetin dan euganol yang mampu melindungi dan memberikan perlawanan pada bibit – bibit kanker.

·         Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe
Sebagai tanaman yang dikategorikan sebagai tumbuhan obat, daun salam mampu mencegah rambut rontoh dan ketombe. Hal ini dapat dicegah dengan air dari daun salam yang digunakan untuk membilas rambut sampai kulit kepala, karena minyak dari daun salam berperan sebagai tonik yang efektif mencegah ketombe dan rambut rontok.

Ternyata daun salam merupakan daun yang multifungsi. Tidak hanya sebatas yang disebutkan di atas sahabat ragam, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan khasiat dari daun salam.

Untuk mendapatkan daun salam anda tidak perlu bingung, daun ini mudah di dapat karena banyak orang menanam daun salam. Anda juga bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisional terdekat. Bagi anda yang menginginkan obat yang murah dan terjamin aman maka daun salam sangat tepat untuk dijadikan obat alternatif. 

Oke, sekian artikel tentang Khasiat Dan ManfaatDaun Salam. Semoga bermanfaat, salam sehat.

Baca artikel terkait :
·         Manfaat Daun Sirih
·         Khasiat Daun Sledri
·         Khasiat dan Manfaat Cengkeh

Kata kunci : khasiat daun salam, manfaat daun salam, khasiat dan manfaat daun salam, manfaat dan khasiat daun salam, benefits of bay leaves.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Manfaat Daun Salam"

  1. selain untuk bahan masakan ternyata daun salam banyak manfaatnya untuk kesehatan kita , terimakasih ..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya. Cukup detail dan mudah di pahami :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.