12 Khasiat dan Manfaat Pegagan


Malam sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang Khasiat dan Manfaat  Pegagan untuk kesehatan sebagai obat tradisional. Tanaman Pegagan atau tanaman Antanan ini merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam keluarga Umbelliferae. Daun Pegagan memiliki sifat yang manis dan juga sejuk. Efek farmakologis dari tanaman Pegagan ini antara lain: Anti toxic, Anti infeksi, Peluruh air seni, dan Penurun panas. Berdasarkan efek farmakologis yang dimilikinya itu, maka tak heran bila tanaman Pegagan sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Lalu bagaimana cara mengolah tanaman Pegagan ini? Dan apa saja gangguan kesehatan yang bisa diatasi dengan obat tradisional hasil olahan Pegagan ini?
Manfaat Khasiat Daun Akar Pegagan Kesehatan Kecantikan
Pegagan
Kandungan Senyawa Pegagan

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Centella Asiatica (Linn) ini memiliki banyak kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Senyawa tersebut antara lain: Asiaticoside, Isothakuniside, Thankuniside, Brahmoside, Madecassoside, Brahmic Acid, Brahminoside, Meso-inositol, Madasiatic Acid, Centellose, Carotenoids, Kalium, Zat Samak, Natrium, Vellarine, Magnesium, Besi, dan bahkan Kalsium!

Pengobatan Tradisional dengan Pegagan

Dari banyak kandungan senyawa tersebut diatas, tanaman Pegagan bisa memiliki kemampuan untuk dijadikan sebagai obat tradisional. Obat dari tanaman Kaki Kuda ini mampu mengatasi berbaghai macam gangguan kesehatan, diantaranya adalah seperti di bawah ini.

1.Megobati pembengkakan Hati
Siapkan 240-600 gram Pegagan yang masih segar. Kemudian rebuslah hingga mendidih. Setelah dingin, minumlah air rebusannya secara rutin.

2.Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi)
Ambillah 20 lembar daun Pegagan, lalu rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Setelah airnya tersisa tinggal ¾ bagian, minum air rebusannya 3x sehari, masing-masing ¾ gelas saja.

3.Mengobati penyakit Morbili (Campak)
Siapkanlah 60-120 gram Pegagan, kemudian cucilah sampai bersih. Setelah itu rebus, kemudian minumlah air rebusan tersebut.

4.Mengobati Demam
Tumbuk segenggam daun Pegagan yang masih segar sampai halus. Tambahkan sedikit air dan garam, lalu saringlah. Minum airnya pada pagi hari sebelum makan.

5.Mengobati penyakit Lepra
Siapkan ¾ genggam Pegagan, lalu cuci bersih. Kemudian rebus dengan 3 gelas air, sampai tersisa ¾-nya. Setelah itu saring, dan tunggu sampai dingin. Minum air ramuan tersebut 3x sehari, masing-masing ¾ gelas.

6.Mengobati Wasir
Ambillah 4-5 batang Pegagan beserta akarnya, lalu rebus dengan 2 gelas air selama kurang lebih 5 menit. Minum air ramuan tersebut secara rutin, selama beberapa hari.

7.Mengobati Susah Kencing
Tumbuklah 30 gram Pegagan yang masih segar sampai halus. Tempelkan hasil tumbukan tersebut di sekitar pusar.

8.Mengobati Bisul
Cara pertama: Ambil 30-60 gram Pegagan yang masih segar, lalu cucilah sampai bersih.Kemudian rebus, dan setelah mendidih minumlah air rebusan tersebut.
Cara kedua: Cucilah pegagan yang masih segar, lalu tumbuk sampai halus. tempelkan hasil tumbukan tersebut ke bagian tubuh yang sakit.

9.Menambah Nafsu Makan
Rebus segenggam daun Pegagan yang masih segar dengan 2 gelas air, sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut 1 gelas sehari.

10.Mengobati Batuk Darah, Mimisan, dan Muntah Darah
Ambillah 60-90 gr Pegagan segar. Rebus semua, lalu minum air rebusan itu.

11.Mengobati Batuk Kering
Tumbuk segenggam Pegagan yang masih segar sampai halus. Kemudian peras airnya. Setelah itu, tambahkan air dan gula batu secukupnya. Minum air ramuan tersebut sekaligus.

12.Obat tetes mata (Mata merah, Bengkak)
Cuci bersih Pegagan yang masih segar, lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, peras dan saring airnya. Teteskan ramuan tersebut ke mata yang sakit 3-4x sehari.


Manfaat lain dari Pegagan
Selain manfaat diatas, olahan Pegagan berikut juga bisa anda manfaatkan.
Olahan Teh daun Pegagan sangat bermanfaat untuk menambah nafsu makan, mengobati batuk kering, mimisan, menurunkan panas, menyegarkan badan, bersifat menenangkan, dan bahkan bisa mengeluarkan cacing yang ada di perut kita!

Yang selanjutnya adalah Lalapan dari Pegagan. Olahan yang satu ini sangat berkhasiat untuk memperbanyak empedu, sehingga bisa memperbaiki gangguan yang ada di pencernaan kita. Selain itu, olahan Lalapan Pegagan juga bisa membersihkan darah kita, terutama pada bisul, dan juga tukak berdarah.

Untuk bisa mendapatkan kesembuhan atau hasil yang maksimal, maka rutinlah mengkonsumsi resep obat tradisional di atas sesuai dengan petunjuk ahli herbal. Sekian artikel mengenai Khasiat dan Manfaat Pegagan sebagai obat tradisional untuk kesehatan. semoga bisa menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel terkait:
·         8 Mitos Diabetes Yang Keliru
·         Manfaat Daun Sukun
·         Penyakit Asam Urat
·         Penyakit Ginjal

Kata kunci: manfaat pegagan, khasiat pegagan, manfaat dan khasiat pegagan, khasiat dan manfaat pegagan, manfaat daun pegagan, khasiat daun pegagan

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "12 Khasiat dan Manfaat Pegagan"

Powered by Blogger.