Manfaat Daun Jarak

Sore sahabat Ragam, Khasiat dan Manfaat Daun Jarak bagi kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Sejak jaman dahulu, nenek moyang kita sudah memanfaatkan pohon jarak pagar sebagai bahan pengobatan tradisional, mulai dari bagian akar, batang, daun, biji buah jarak hingga getahnya. Disebut pohon jarak pagar karena kebanyakan orang menanam pohon ini mengelilingi pekarangan rumah seperti pagar. Mengapa bisa menjadi obat tradisional? Pohon ini sudah melewati tahap penelitian dan menghasilkan suatu kesimpulan bahwa pohon ini mengandung beberapa senyawa yang diperlukan oleh tubuh untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungan Senyawa Pohon Jarak Pagar.

·         Kandungan Senyawa Daun Pohon Jarak Pagar
Daun pohon jarak mengandung Kaemferol, isoquercitrin, rutin, nicotiflorin, quercetin, astragalin, reynoutrin, ricinine, kaemferol-3-rutinoside, vitamin C 275 mg.

·         Kandungan Senyawa Getah Pohon Jarak Pagar
Getah pohon jarak mengandung protease sebagai penyembuh luka, jatrophie yang bersifat anti jamur dan juga flavonid dan saponin.

·         Kandungan Senyawa  Biji Pohon Jarak Pagar
Dalam biji pohon ini terdapat kandungan β-glukanase yang memiliki aktivitas antifungi (jamur), curcin, toksalbumin dan juga antikanker.

·         Kandungan Senyawa  Kulit Batang Pohon Jarak Pagar
Dalam kulit pohon jarak terdapat kandungan tanin, malam, resin dan saponin.

·         Kandungan Senyawa Dari Minyak Biji Jarak
Perasan ampas yang berupa minyak mengandungan nitrogen, fosfat dan kalium.

Manfaat Pohon Jarak Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat daun Jarak
Pohon Jarak Pagar
Mengobati Rematik

Caranya : Ambil daun Jarak Pagar dan pilih daun yang sudah tua dan segar, cuci hingga bersih dan tumbuk hingga halus dengan air secukupnya. Setelah itu, balurkan pada bagian tubuh yang terkena rematik, exim, gatal, dll. Atau bisa juga dengan mengkompres dan biarkan selama beberapa jam kemudian diganti dengan yang baru.

Mengobati Sakit Gigi Berlubang
Getah yang terkandung di dalam pohon jarak bersifat antimikroba sehingga dapat mengusir bakteri seperti Streptococcus, staphylococcus, dan Escherechia Coli dan dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang. Caranya yaitu hanya dengan mengambil pada pohon jarak menggunakan kapas, kemudian kapas tersebut ditempelkan pada gigi yang berlubang.

Mengobati Radang Telinga

Radang telinga bisa terjadi karena terserang Influensa yang mendadak. Hal ini ditandai dengan suhu badan naik, terasa sakit didalam telinga, dan telinga seperti berdengung. Cara mengobatinya adalah dengan mengambil setengah sendok makan Getah Jarak Pagar, setelah itu  teteskan ke dalam telinga sebanyak 6 tetes.

Mengobati Sariawan
ambil getah yang ada di batang pohon jarak yang baru saja dipetik, kemudian getahnya langsung dioleskan pada bibir yang sariawan tersebut.

Keputihan Pada Lidah Bayi
Untuk mengatasi keputihan pada langit-langit lidah bayi, ambil daun jarak yang baru saja dipetik dari pohonnya, maka dari tangkai akan mengeluarkan getah. Nah, getah tersebut langsung saja dioleskan pada lidah si bayi tersebut. Maka keputihannya akan keluar bersama air liyur.

Luka dan Pendarahan

Luka yang baru bisa dihentikan langsung dengan Getah Pohon Jarak Pagar karena getah ini bersifat Anti Mikrobayaitu untuk mengusir Infeksi/Bakteri Staphylococcus, Streptococcus, dan Escherichia coli.

Mengencerkan dahak

Caranya : Ambil akar pohon jarak secukupnya, kemudian dicuci hingga bersih dan direbus dengan 7 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Air rebusan tersebut di minum saat pagi dan sore hari. Ulangi sampai 3 kali rebusan kemudian ganti dengan akar yang baru.

Gejala keracunan pemakaian Jarak adalah sakit kepala, muntah berak, panas, leukositosis, gambaran darah putih bergeser kekiri, produksi kencing terhenti, keringat dingin, kejang-kejang, prostration, meninggal.

Susah Buang Air Besar
Petik 4 helai daun jarak pagar yang masih segar. Cuci bersih, kemudian kukus hingga layu. Setelah dikukus, makanlah selama 7 hari berturut-turut atau sampai sembelitnya sembuh.

Memperbesar Alat Vital

Manfaat inilah yang sering dicari oleh para pria, yaitu membesarkan alat vitalnya. Caranya : siapkan 10 lembar daun jarak dan juga batangnya dan satu buah jeruk nipis. Kemudian semua bahan tersebut ditumbuk hingga halus. Sebelum melakukan pemijatan dengan ramuan di atas, sebaiknya pijatlah alat vitalnyadengan minyak zaitun. Setelah itu, baru dipijat menggunakan ramuan yang tadi sudah diracik.

Peringatan! Kematian dapat terjadi jika memakan 20 biji jarak pada orang dewasa dan 2 - 7 biji pada anak. Untuk menghilangkan racun tersebut dapat dilakukan dengan cara memanaskan pada suhu 100 derajat Celcius atau lebih selama 20 menit. Bisa juga dengan merebusnya selama 2 jam. Akan tetapi khasiat anti kanker jug dapat hilang dengan pemanasan tersebut.

Oke sahabat RA, itulah beberapa Khasiat dan Manfaat Daun Jarak bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca artikel terkait :
·         Resep Jus Sehat Sayur Kubis

Kata kunci : manfaat, khasiat, daun jarak, biji jarak, getah jarak, pohon jarak, pohon jarak pagar.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Manfaat Daun Jarak"

  1. saya baru tahu kalau buah jarak itu banyak sekali manfaat nya gan..

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya gan , sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.