Manfaat Buah Duwet untuk Kesehatan

Ingin Sehat Alami, Cobalah untuk Mengkonsumsi Buah Duwet. Buah duwet atau buah duwet meski memiliki rasa yang sepat dan kurang sedap untuk dimakan, namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah dengan antioksidan tinggi yang disebabkan dari warna (pigmen) ungu yang dikenal dengan nama antosianin. Semakin matang dan semakin berwarna gelap (berwarna ungu), maka kadar antioksidan duwet semakin tinggi dibanding dengan buah yang masih muda.
Ingin Sehat Alami, Cobalah untuk Mengkonsumsi Duwet
Manfaat Duwet untuk Kesehatan
Bahkan menurut penelitian biji buah ini mengandung glukosida phytomelin. Zat ini dapat mengurangi kerapuhan pembuluh darah kapiler penyebab luka diabetes yang lama sembuhnya. Kelebihan kolesterol di dalam darah juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah (biji dan daging buah) duwet. Sementara itu di dalam buah duwet mengandung berbagai senyawa penting seperti minyak atsiri, asam organik, alkaloid, triterpenoid, fenol, dan resin. Buah duwet juga kaya akan vitamin A, vitamin C, kolin, riboflavin, asam amino, asam folat, dan antosianin. Ditambah lagi dengan kandungan mineral penting seperti natrium, kalsium, kalium, seng, zat besi, fosfor, dan mangan.


KHASIAT DAN MANFAAT BUAH DUWET

Meminimalisir kolesterol jahat dalam tubuh
Mengkonsumsi buah duwet dapat mengontrol kolesterol jahat dalam darah. Sebab kandungan alfa phytosterol, sejenis sterol yang memiliki sifat mencegah kelebihan kolesterol atau anticholesteremik. Cukup hanya dengan mengkonsumsi buah duwet berserta bijinya secara teratur, maka anda dapat terbebas dari gangguan kolestrol jahat.

Menyembuhkan luka diabetes
Duwet juga dipercaya dapat mengobati penyakit diabetes. Kandungan seperti glukosida phytomelin berfungsi meminimalisassi kerapuhan pada pembuluh darah kapiler yang menjadi penyebab luka sangat lama disembuhkan. Serta fungsi kandunganan astringent yang dipercaya dapat membantu menyembuhkan luka akibat diabetes.

Batuk asma
Untuk mengobati penyakit asma cukup dengan mengkonsumsi buah duwet segar atau bisa juga dengan membuatnya dalam bentuk minuman. Caranya, masukkan 15 gr buah duwet kering ke dalam mangkuk dengan menambahkan air sampai seluruh buah terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus.

Membantu mengobati gangguan limpa
Penyakit pembesaran limpa dapat terjadi karena adanya sistem tubuh yang mengatur hormon untuk fungsi limpa tidak bekerja dengan benar. Penyakit ini biasanya disertai dengan beberapa gejala seperti rasa sakit pada bagian ulu hati, rasa tidak nyaman pada perut, berkurangnya nafsu makan dan berat badan yang menurun drastis. Pengobatan memakai campuran jus buah duwet segar dan madu untuk mengatasi gangguan limpa ternyata telah dimulai dari China dan India. Kandungan penghilang rasa sakit dan menetralkan hormon ternyata sangat ampuh. Anda bisa mencampur 50 gram buah duwet yang sudah dipisahkan dari biji dan haluskan bersama 3 sendok madu.
Ingin Sehat Alami, Cobalah untuk Mengkonsumsi Duwet
Khasiat Buah Duwet 
Meningkatkan nafsu makan
Masalah gangguan nafsu makan bisa dialami oleh siapa saja, baik orang tua maupun anak-anak. Penyebabnya sangat bervariasi mulai dari gangguan pencernaan, sakit perut, sembelit, dan penyakit lain. Namun konsumsi buah duwet yang masih segar ternyata sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan sehingga bisa meningkatkan nafus makan. Anda bisa mengkonsumsi buah duwet segar sebanyak 50 gram dicampur dengan air gula atau madu. Setelah itu perut anda akan terasa nyaman dan nafsu makan akan meningkat.

Menjaga kesehatan mata
Mengkonsumsi buah duwet secara rutin setiap hari dapat mengatasi masalah rabun, karena dalam setiap 100 gram buah duwet ternyata ditemukan sekitar 81 IU vitamin A. Vitamin A terbukti sangat baik dalam mendukung kesehatan mata, meringankan resiko penyakit rabun dan mengurangi resiko kebutaan karena katarak.

Mengobati batuk akibat tuberkulosis

Sediakan 30 gram buah duwet segar dan 25 gram daun sembung segar. Setelah semua bahan dicuci dan dipotong-potong, rebus ke dalam air hingga mendidih. Minum airnya setelah dingin, menjelang tidur malam.

Mengobati batuk rejang
Siapkan buah duwet kering (15g), empedu ayam betina (1 buah), dan gula pasir secukupnya. Masukkan ke dalam air sampai seluruh bagian terendam, lalu tim sampai matang. Minum airnya dan makan isinya. Lakukan sekali sehari sampai sembuh.

Mengobati diare
Untuk mengobati diare bisa dengan menggunakan kulit dahan kering sekitar 1 jari, direbus dengan 2 gelas air mendidih sampai menjadi 1 gelas, airnya disaring dan langsung minum.

Menjaga kesehatan jantung
Kandungan sodium dan kalium pada duwet ikut berperan dalam mengendalikan otot jantung, membantu mengatur detak jantung dan menghindari berbagai macam resiko penyakit karena serangan jantung. Mengkonsumsi buah duwet segar secara rutin, setidaknya dapat mencukupi kebutuhan kalium dan sodium bagi tubuh.

Sariawan
Rebus kulit kayu atau daun duwet secukupnya. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali dalam sehari.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Tahukan Anda bahwa dalam 100 gram buah duwet segar mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Beberapa nutrisi tersebut adalah 16 mg kalsium, 36 mg magnesium, 16,7 mg pospor, dan 1,7 mg zat besi. Kalsium, magnesium, pospor dan zat besi adalah nutrisi yang bisa menjaga sistem kepadatan tulang dan mencegah gigi berlubang. Beberapa orang yang memiliki masalah dengan kekurangan kalsium selalu mudah terkena resiko penyakit tulang seperti radang sendi dan osteoporosis saat lanjut usia. Bagi wanita sangat disarankan untuk konsumsi buah duwet agar terhindar dari resiko penyakit kerapuhan tulang.

Mengobati masalah pencernaan
Buah duwet dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti sakit perut dengan gejala kembung dan sulit untuk buang angin, Kandungan senyawa gula dalam buah duwet mampu mengatasi gangguan sakit perut. Selain itu bisa juga digunakan untuk mengatasi nyeri pada lambung Caranya sediakan 30 gram herba duwet tanpa biji, kemudian disangrai hingga berbau harum. Selanjutnya dimasukkan ke dalam mangkuk untuk ditim hingga matang. Anda dapat mengkonsumsi ramuan ini sebanyak tiga kali dalam sehari, selama sepuluh hari.

Mengobati infeksi darah
Caranya siapkan air kelapa hijau 1 butir, akar pandan wangi 3 jari tangan, daun duwet 1 genggam. Rebus semua bahan dengan menggunakan air kelapa hijau sampai mendidih. Minum airnya setiap hari.

Mendukung pembentukan sel darah merah
Produksi sel darah merah dalam tubuh memiliki pengaruh yang sangat besar. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia, gangguan emosi, pola konsentrasi yang rendah dan tubuh yang lebih lemah. Konsumsi buah duwet 100 gram sehari bisa mencukupi kebutuhan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Hal ini disebabkan karena buah duwet mengandung zat besi yang mudah diterima oleh tubuh.

Untuk mengobati epilepsi caranya, ambil Akar pohon duwet 60 gram cuci bersih lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1/5 gelas minum 2 kali sehari  lakukan secara rutin.
Ingin Sehat Alami, Cobalah untuk Mengkonsumsi Duwet
Konsumsi Duwet untuk Kesehatan Tubuh
Sahabat ragam sekalian, ternyata buah duwet memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Mulai dari mengatasi penyakit yang serius hingga ringan, buah duwet dapat dijadikan solusi alami yang mudah dan aman. Semoga artikel tentang Manfaat Buah Duwet Untuk Kesehatan ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda sekalian.


Kata kunci : Manfaat buah duwet, manfaat buah duwet bagi kesehatan, manfaat buah duwet untuk ibu hamil, manfaat buah duwet putih, manfaat buah jamblang, manfaat buah jamblang untuk kesehatan, khasiat buah dan biji jamblang, manfaat biji buah duwet, khasiat jamblang, khasiat jamblang untuk kesehatan, manfaat duwet untuk mengobati diabetes, manfaat jamblang bagi penderita diabetes, kandungan buah duwet, duwet obat alami untuk epilepsi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Duwet untuk Kesehatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.