Efek Jika Terlalu Higienis dalam Menjaga Kebersihan

Ragam Manfaat dan Khasiat Alami - Kebersihan merupakan salah satu hal yang penting untuk kita terapkan dalam pola hidup sehat. Kuman yang terdapat di sekitar kita membawa virus serta bakteri dapat menyerang tubuh kita. Hingga berbagai macam gangguan kesehatan dapat kita rasakan akibat kurangnya menjaga kebersihan tersebut. Seperti diare, alergi, flu, keracunan, penyakit kulit, sakit perut, dan lain sebagainya. Akan tetapi Efek Jika Terlalu Higienis dalam Menjaga Kebersihan juga tidak baik.
Sebuah penelitian di Univeristy of California menunjukkan bahwa orang-orang yang tinggal di negara dengan hygiene atau kebersihan yang diutamakan, justru membuat mereka lebih rentan mengalami Alzheimer. Sebab terlalu bersih membuat tubuh menjadi jarang atau tidak pernah terkena virus dan bakteri, sehingga sistem imun berubah sifat. Imun atau bakteri baik yang seharusnya berfungsi melawan serangan luar, justru akan bermusuhan dan saling menyerang satu sama lain karena tidak adanya bakteri jahat yang bisa dilawan. Tubuh pun menjadi sangat rentang terhadap gangguan luar akibat berkurangnya sistem imun tubuh.
Menurut Robert L. Leahy, Ph.D, ada 2 gejala umum dari orang yang terlalu menjaga kebersihan diantaranya yakni:

Obsesi
Terlalu takut terkena penyakit dapat membuat seseorang cenderung memiliki pikiran yang tidak baik jika melihat sesuatu yang kotor meski sedikit. Sehingga hal ini membuatnya menerapkan pola kebersihan yang terlalu over.

Dorongan
Gejala lain yang juga muncul adalah dorongan untuk melakukan hal yang berulang untuk memastikan kebersihan. Misalnya, terus-menerus memeriksa apakah ada debu di meja kamar kita atau cuci tangan setiap kalu habis memegang sesuatu atau bersalaman dengan orang lain.
Menurut Ellen McGrath, seorang psikolog yang juga ketua Bridge Coaching Institute di New York, ada berapa hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi gila kebersihan.

Standar Yang Tinggi
Lingkungan keluarga yang memaksa seseorang untuk selalu bersih, membuatnya menjadi memiliki standar kebersihan yang tinggi dibanding orang lain.

Memiliki Sifat Perfectionist
Sifat perfectionist atau mengharuskan segalanya sempurna membuat seseorang merasa tidak nyaman jika ada sesuatu yang semestinya termasuk melihat hal-hal yang kotor.

Sistem saraf
Walaupun belum terbukti secara pasti, beberapa penelitian menunjukkan jika seseorang yang terlalu bersih kemungkinan mengalami gangguan saraf.

Naah sahabat ragam dalam menjalani pola hidup sehat, terutama menjaga kebersihan. Ada kalanya kita jangan terlalu berlebihan. Sesekali tubuh juga membutuhkan kuman untuk memperkuat sistem imun, namun masuknya kuman dalam tubuh juga harus diimbangi dengan asupan makanan yang bernutrisi, olahraga serta istirahat yang cukup. Agar kuman yang masuk dalam tubuh tidak berkembang atau bahkan sampai menimbulkan gangguan kesehatan bagi kita.

Semoga ulasan tentang Efek Jika Terlalu Higienis dalam Menjaga Kebersihan di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Efek Jika Terlalu Higienis dalam Menjaga Kebersihan"

Post a Comment

Powered by Blogger.