Penyakit Maag Kronis

Kegiatan sekolah ataupun alasan pekerjaan yang menumpuk terkadang membuat seseorang stres, hingga mengabaikan pola makan mereka. Akibatnya penyakit maag pun menyerang. Maag sendiri merupakan penyakit yang banyak diderita oleh kebanyakan orang. Terjadi karena adanya luka atau peradangan pada bagian dalam lambung, ditandai dengan adanya rasa kembung, perih, mual dan perasaan ditusuk-tusuk pada bagian lambung dan ulu hati. Sayangnya, orang-orang menganggap enteng penyakit ini, hingga menyebabkan peradangan semakin serius. Hal tersebut tentu dapat memicu timbulnya maag kronis. Seperti apa Penyakit Maag Kronis tersebut? berikut ulasannya.
Maag Kronis Atau Syndrom Dispepsia merupakan sakit maag yang tidak boleh dianggap remeh. Sakit maag kronis ini dapat mengakibatkan kondisi tubuh semakin menurun, jika dibiarkan tanpa melakukan pengobatan maka kemungkinan proses penyembuhan akan sangat sulit, karena pada dasarnya penyembuhan maag kronis tidak dapat disembuhkan secara total. Maag kronis terjadi karena pola makan yang buruk, stres berkepanjangan, atau makan bahan-bahan korosif (pedas, asam), keracunan, serta degenerasi lapisan perut pada mereka yang berusia lanjut. Selain itu penyebabnya juga karena ada bakteri dalam lambung yang menyebabkan lapisan lambung melemah dan rapuh sehingga asam lambung dapat menembus bagian-bagian tersebut. Salah satu jenis bakterinya yakni H Pylory. Bakteri H Pylory, sebenarnya tidak tahan asam, tapi bakteri ini dapat melindungi dirinya pada bagian lapisan lambung atau lapisan mukosa. Inilah yang menyebabkan lapisan lambung menjadi lemah dan rapuh.


Gejala Penyakit Maag Kronis

Rasa sakit pada bagian ulu hati yang terasa nyeri dan pedih serta diselingi dengan nafas sesak dan perut kembung.

Rasa mual seakan ingin muntah

Sendawa secara terus menerus

Lidah serasa tidak tipis dan nafas berbau busuk

Sulit tidur karena gangguan sakit pada daerah perut

Menurunnya nafsu makan secara drastis

Sering keluar keringat dingin dan wajah keliatan pucat

Kepala terasa pusing serta suhu badan naik

Beberapa penderita maag yang sudah akut atau kronis mengalami pendarahan pada lambung sehingga ketika penderita muntah maka akan mengeluarkan darah berwarna kehitaman.


Cara Mengatasi Penyakit Maag Kronis

-          Makan teratur dan tidak membiasakan perut kosong
-          Hindari diet ketat karena ini akan membuat keadaan perut dapat menolak makanan
-          Cukupi kebutuhan gizi dengan makanan sehat
-          Hindari makanan instan, pedas dan asam
-          Jika kondisi sudah parah, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan ahli medis untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Maag kronis sangat perlu mendapatkan perhatian serta penanganan yang serius agar tidak memicu timbulnya penyakit lain, seperti hepatitis A, kanker lambung, sembelit, pendarahan dan lain sebagainya. Jika anda memiliki masalah pada pola makan anda, sebaiknya mulailah untuk mengatur kembali agar terhindar dari berbagai macam gangguan pencernaan. Semoga ulasan dari Penyakit Maag Kronis di atas dapat menambah info dan wawasan untuk sahabat ragam sekalian.


Kata kunci: Penyebab maag kronis, Apakah maag kronis bisa disembuhkan, obat maag kronis, dampak dari maag kronis, gejala maag kronis, ciri-ciri maag kronis, maag kronis dapat menyebabkan kanker, apa obat maag kronis, maag kronis dab maag akut, maag kronis dan pengobatannya, sebab timbulnya maag kronis, makanan yang baik untuk maag kronis. makanan yang dihindari oleh maag kronis.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyakit Maag Kronis"

  1. terimakasih informasi tentang mag kronisnya , saya jadi takut kalau telat makan gan ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.