Kandungan Zat Berbahaya Obat Nyamuk Bagi Kesehatan

Anda pasti akan merasa kesal, jika di dalam ruangan tempat anda bersantai terdapat banyak nyamuk ataupun serangga lain. Tentu hal ini sangat mengganggu kenyaman dan waktu anda. Lalu bagaimana solusinya? Jawabannya pasti tak lain dan tak bukan adalah obat nyamuk, baik itu obat nyamuk bakar, elektrik ataupun semprot, namun taukah sahabat ragam, apa Apa Kandungan Berbahaya dari Obat Nyamuk Bagi Kesehatan itu? Bagaimana bisa obat nyamuk justru malah ikut mengancam kita? Berikut alasannya.

Apa Kandungan Berbahaya dari Obat Nyamuk bagi Kesehatan
Bahaya Obat Nyamuk untuk Kesehatan

Obat nyamuk mengandung senyawa-senyawa kimia berbahaya, yang dapat memberi reaksi cepat terhadap nyamuk yang berada disekitarnya. Jika hewan dapat mati seketika, tentu hal tersebut juga dapat membawa dampak buruk pula bagi kesehatan tiap individu. Meski terkadang baunya sudah tidak tercium oleh hidung, namun racun-racun obat nyamuk tersebut masih menempel disekitar kita. Lalu apa saja senyawa berbahaya dalam obat nyamuk tersebut  dan dampak negatif apa yang dapat ditimbulkan dari senyawa-senyawa tersebut ?

S-2
Zat yang ditemukan dalam obat nyamuk bakar. Zat kimia yang dipercaya sebagai zat karsinogen. Zat kimia S-2 memang ampuh dalam membunuh nyamuk, namun sering terpapar dengan asap pembakaran obat nyamuk memiliki efek buruk terhadap pernafasan dan kesehatan. Bahkan asap obat nyamuk jauh lebih berbahaya dari asap rokok, sehingga asap yang ditimbulkan lambat laun dapat menjadi penyakit kanker yang mematikan.

Zat Nikotin 100 Rokok
New Delhi telah meneliti dampak buruk dari obat nyamuk bakar yang dibakar selama 8 jam di tempat semi tertutup. Dampak itu sederajat dengan merokok sebanyak 100 rokok. Jika satu kali pembakaran efeknya sama dengan 100 batang rokok, bagaimana jika dua kali pembakaran dan seterusnya. Kita tahu bahwa satu batang rokok saja sangat berbahaya untuk kesehatan bagaimana jika sampai 100 rokok.

Polutan
Polutan yang dihasilkan oleh kumparan obat nyamuk bakar sangat berbahaya bagi paru-paru. Polutan yang dihasilkan dari obat nyamuk bakar lebih berbahaya dibandingkan dengan zat polutan dari asap kendaraan bermotor.

Pyrethrum
Bahaya obat nyamuk bakar & semprot bagi kesehatan dan lainnya dikarenakan zat pyrethrum. Zat tersebut dipercaya sebagai insektisida serangga, yang dihasilkan dari sari bunga krisan. Akibat buruk dari zat ini adalah dapat menyebabkan seseorang berpotensi terkena serangan asma. Selain itu dosis tinggi dari zat pyrethrum pada kumparan obat nyamuk bakar bisa menyebabkan sistem syaraf rusak dan menurunnya kekebalan tubuh. Terlalu sering mengirup senyawa pyrethrum juga dapat mengakibatkan seseorang terkena keracunan dengan gejala sakit kepala, mual dan muntah, menyebabkan iritasi mata dan juga peradangan mata. Jika sampai tertelan akan menyebabkan efek lebih berbahaya seperti lidah dan bibir mati rasa, kejang-kejang dan juga kematian.

Formaldehida
Formadehida merupakan zat yang tidak berwarna, mudah terbakar dan juga baunya sangat kuat. Bau zat ini lebih kuat dibandingkan dengan bau gas, dan taukah formaldehida yang dibakar akan setara dengan merokok sebanyak 51 batang rokok yang dibakar. Zat ini sering mengakibatkan masalah di hidung dan organ yang lainnya. Efek dari senyawa formadehida yakni dapat menyebabkan hidung terkena sinus atau bahkan kanker sinus, tenggorokan gatal, batuk dan juga mual.

Octachlorodipropyl Eter
Pembakaran zat octachlorodipropyl eter akan menghasilkan zat berupa bischloromethyl eter atau dikenal dengan BCME. Zat ini merupakan penyebab timbulnya kanker paru-paru akut.

Karsinogen
Zat karsinogen memang zat yang ampuh untuk membunuh nyamuk, namun zat tersebut juga berbahaya bagi kesehatan manusia.Asap yang di hirup secara terus menerus bisa menyebabkan penyakit kanker.

DEET
DEET merupakan zat yang ada dalam obat nyamuk semprot yang banyak memiliki kandungan berbahaya karena sifat korosifnya. Dampak negatifnya jika semprotan mengenai kulit. Kulit akan teriritasi terutama kulit sensitif, kulit menjadi merah dan gatal. Gejala ini merupakan gejala ringan dan akan hilang saat dibasuh menggunakan air hangat. Selain itu orang yang sering terpapar DEET dalam jangka waktu lama dapat membuat kulit terasa terbakar dan menimbulkan luka permanen pada kulit. Menyebabkan insomnia dan mood buruk, serta menimbulkan luka bakar pada mata. Tak cukup itu saja senyawa DEET mengakibatkan iritasi perut, mual dan juga muntah. Jika tertelan akan menimbulkan hipertensi, rendah jantung, komplikasi serius ditandai dengan kerusakan syaraf. Akibat fatal terakhir adalah kematian.
Bagi anda yang masih sayang dengan kesehatan, masih berani menggunakan obat nyamuk secara berlebih ? Jika anda ingin terhindar dari serangan nyamuk, maka gunakan cara-cara alami yang aman bagi kesehatan. Hidupkan rumus menguras, menutup, mengubur (3M) benda-benda atau tempat yang dapat digenangi air. Menerapkan 3M sama saja kita menghambat nyamuk untuk berkembang biak, dan jika anda masih menggunakan obat nyamuk bakar, semprot, atau elektrik usahakan keluar ruangan sampai bau obat nyamuk tidak tercium lagi. Semoga ulasan tentang Apa Kandungan Berbahaya dari Obat Nyamuk Bagi Kesehatan. dapat bermanfaat bagi anda semua.


Kata kunci: Bahaya obat nyamuk bakar, bahaya obat nyamuk elektrik, bahaya obat nyamuk listrik, bahaya obat nyamuk bagi kesehatan, bahaya obat nyamuk bagi ibu hamil, bahaya obat nyamuk oles, bahaya obat nyamuk elektrik bagi bayi, bahaya obat nyamuk semprot bagi, bahaya obat nyamuk untuk kesehatan, efek negatif obat nyamuk, dampak negatif obat nyamuk, penyakit yang ditimbulkan dari obat nyamuk, apa saja bahaya obat nyamuk.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kandungan Zat Berbahaya Obat Nyamuk Bagi Kesehatan"

  1. saya baru tahu kalau di dlam obat nyamuk bakar itu banyk sekali zat kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.. terimaksih info nya gan,..

    ReplyDelete
  2. ternyata banyak kandungan berbahaya yang ada di dalam obat nyamuk , pantas saja sudah ada beberapa kasus orang meninggal yang di akibatkan oleh obat nyamuk , terimakasih untuk informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.