Apa Itu Mata Silinder

Jika sebelumnya kita sempat membahas tentang mata minus, mata plus, serta katarak. Maka kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Apa Itu Mata Silinder. Mata silinder atau astigmatisme adalah sebuah gejala penyimpangan dalam pembentukan bayangan pada lensa, hal ini disebabkan oleh cacat lensa yang tidak dapat memberikan gambaran atau bayangan garis vertikal dengan horisontal secara bersamaan. Sehingga penglihatan menjadi kabur karena ketidakmampuan optik mata untuk memfokuskan benda.

Mata normal umumnya memiliki permukaan yang merata pada setiap arahnya, namun pada mata silinder terdapat beberapa daerah pada permukaan yang sebagian rata atau cenderung dalam. Munculnya gangguan mata silinder sendiri disebabkan karena kebiasaan buruk dari si penderita, yang tidak dapat menjaga kesehatan mata. Apa saja penyebab, gejala serta bagaimana cara menyembuhkan dan mencegahnya ?

Penyebab Mata Silinder

·         Keturunan terutama pada penderita silinder di atas 1,5 diopter
·         Sering memaksakan mata untuk melihat obyek atau cahaya dari jauh
·         Kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A
·         Sering berada dilingkungan yang kurang sehat
·         Kurangnya mendapat sinar matahari
·         Terlalu sering memakai kaca mata bantu
·         Kebiasaan membaca dengan posisi tidur
·         Terlalu sering berada di depan layar dengan jarak dekat

Gejala Mata Silinder

·         Penglihatan buram atau berbayang
·         Tidak tahan dengan cahaya yang terang atau mudah silau
·         Sakit kepala atau kelelahan pada saat fokus melihat suatu benda
·         Ketidakmampuan untuk melihat benda dekat dan jauh tanpa menyipitkan mata.
·         Jika pada anak-anak akan mengalami kesulitan untuk fokus pada kata-kata tercetak dan garis
·         Tulisan yg lurus terlihat berdempetan, seperti terpecah
·         Suka memiringkan kepala saat melihat obyek, hal ini dipengaruhi kemiringan bola mata/Axis Cylinder
·         Pening di dahi antara 2 mata

Cara Menyembuhkan serta Pencegahan Mata Silinder

·         Penyembuhan menggunakan daun sirih ada dua cara. Pertama dengan menempelkan daun sirih pada permukaan mata ketika sedang tidur. Sedangkan yang kedua adalah dengan mencelupkan daun sirih pada air panas dan setelah air menjadi hangat suam, air tersebut digunakan untuk mencuci mata dengan cara mengedip-ngedipkan mata di permukaan air (dirimbang).
·         Mengkonsumsi sayuran yang baik untuk mata seperti bayam, kangkung, sawi hijau, selada, dan sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah katarak dan pembentukan lapisan pada kornea mata. Selain itu, berbagai jenis makanan yang mengandung bahan antioksidan seperti brokoli dan kacang polong juga sangat baik.
·         Mengkonsumsi kacang-kacangan sangat baik untuk memelihara kesehatan mata karena mengandung asam lemak omega 3 dan juga makanan yang mengandung vitamin E. Berbagai jenis kacang-kacangan yang bisa membantu mencegah mata silinder dan juga minus antara lain adalah almond, kacang pistachio, mete, dan walnut.
·         Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, karena sangat baik untuk penyembuhan mata silinder dan mencegahnya. Berbagai jenis buah yang sangat disarankan adalah seperti jeruk, stroberi, lemon, anggur, jeruk bali dan markisa. Buah-buahan ini bisa mencegah berbagai jenis kerusakan karena mata karena kurang nutrisi.
·         Melakukan olahraga secara rutin yang bertujuan agar mata mendapatkan oksigen yang cukup. Caranya yaitu menggerakkan mata ke kanan dan ke kiri setelah itu pandangan lurus ke depan dan tekan kedua pelipis mata dengan memijat searah jarum jam. Kemudian pijat secara perlahan pada bagian belakang bawah kepala.
·         Mengkompres mata dengan air hangat, dengan rutin melakukan cara ini secara otomatis dapat membuat otot mata menjadi lebih rileks.
·         Hindari kebiasaan buruk yang berhubungan dengan mata, seperti menonton televisi dengan jarak dekat atau membaca buku dengan posisi tidur, karena hal tersebut dapat membuat mata menjadi mudah lelah dan mengalami gangguan.
·         Rajin-rajinlah untuk membersihkan mata, caranya dapat dengan menyeka mata atau membersihkan mata dengan menggunakan kapas basah.

Naah sahabat ragam, demikian ulasan tentang ApaItu Mata Silinder. Semoga dapat memberi manfaat serta menambah wawasan bagi anda sekalian. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat agar senantiasa terhindar dari segala macam gangguan penyakit. Jagalah mata anda seperti anda menjaga tubuh anda.

Kata kunci : Sebab mata silinder, penyebab mata silinder dan pengobatannya, penyebab mata silinder bertambah, penyebab mata silinder dan cara mengatasinya, penyebab mata silinder tinggi, penyebab mata silinder pada anak, penyebab mata silinder dan minus, penyebab mata silinder plus, perbedaan mata silinder dengan mata minus, gejala mata silinder, gejala mata silinder dan minus, gejala mata silinder pada anak, gejala mata silinder bertambah, gejala penderita mata silinder, gejala cacat mata silinder, obat mata silinder, obat alami mata silinder.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Apa Itu Mata Silinder"

Powered by Blogger.