Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Harus Pergi Ke Dokter

Sahabat ragam sudah rajin gosok gigi namun masih terdapat karang gigi di dalamnya? Ingin pergi ke dokter namun merasa takut atau sedang tidak ada anggaran biaya dan waktu luang? Tenang, annisa punya solusi yang tentu aman dan sangat mudah untuk Membersihkan Karang Gigi Tanpa Dokter. Namun sebelumnya kita kenali terlebih dulu apa yang disebut karang gigi.

Membersihkan karang gigi tanpa dokter
Cara Membersihkan Karang Gigi
Karang gigi atau plak adalah tumpukan sisa-sisa makanan yang menempel pada sela gigi. Hal ini karena kandungan garam pada air liur yang bersifat basa terkontaminasi oleh sisa-sisa makanan yang bersifat asam. Pada awalnya karang berwarna kuning, namun lama kelamaan dapat berubah menjadi coklat kehitaman. Karang gigi juga bisa diakibatkan karena seseorang terlalu malas melakukan gosok gigi, perokok berat atau yang terbiasa mengkonsumsi makanan manis. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Bersiwak
Siwak merupakan salah satu cara islami yang bisa digunakan untuk menghilangkan karang pada gigi. Cara ini sudah diperkenalkan sejak zaman Nabi Muhammad SAW dan menjadi sunah jika dilakukan. Bersiwak sama seperti mengosok gigi menggunakan benang gigi. Akan tetapi efek yang diperoleh dari bersiwak yaitu gigi menjadi lebih bersih dan bebas dari karang gigi.

Rajin Menggosok Gigi
Gosok gigi secara teratur selain menjaga kesehatan mulut, gigi dan gusi juga dapat menghilangkan karang yang membandel. Kebanyakan karang muncul akibat seseorang malas gosok gigi. Cara menggosok gigi juga harus diperhatikan, yakni dengan megerakkan sikat ke  arah atas dan bawah secara merata terutama bagian dalam gigi. Pastikan untuk menggosok gigi secara rutin minimal saat pagi hari dan sebelum tidur.

Cengkeh merupakan obat yang ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Caranya sangat mudah, yaitu tinggal menggosokan cengkeh ke plak anda, setelah itu berkumur beberapa saat. Lakukan secara rutin agar masalah karang gigi dapat segera teratasi.

Kulit Jeruk
Cara menghilangkan karang gigi juga dapat dilakukan dengan menggunakan kulit jeruk, yakni dengan menggosokkan kulit jeruk pada karang gigi secara berulang-ulang. Lakukan secara rutin agar mendapat hasil maksimal.

Mengkonsumsi Apel
Apel sangat baik untuk kesehatan gigi. Selain dapat membuat gigi putih apel juga dapat menghilangkan karang gigi. Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C, seperti apel, jeruk, strawberry dan lain-lain ternyata juga sangat baik untuk kesehatan gigi.

Rajin Berkumur Setelah Makan
Setelah makan biasakan untuk berkumur, karena dengan berkumur dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel. Cara ini termasuk cara yang paling sederhana untuk mencegah dan mengikis karang gigi.

Asam Kawak
Asam kawak bisa membantu menghilangkan karang gigi, dengan cara menumbuk biji asam kawak sampai halus. Kemudian campurkan dengan sedikit air hangat, setelah itu digunakan sebagai pasta gigi.

Mengkonsumsi Melon
Melon merupakan salah satu buah yang mengandung serat alami, mengonsumsi melon akan membuat produksi air liur meningkat. Sehingga kebesihan mulut akan tetap terjaga. Dan hal ni merupakan cara mudah menghilangkan karang gigi.

Mengunyah Buah dan Sayuran
Mengunyah buah atau sayuran setelah makan dapat membersihkan gigi secara alami. Tidak hanya menghilangkan sisa makanan, tetapi juga karang gigi dan memperkuat gusi.

Cara berikutnya yakni dengan mengoleskan tomat atau srawberry pada gigi. Biarkan selama 5 menit. Bilas mulut dengan campuran air hangat dan baking soda. Cara ini sangat membantu untuk menghilangkan karang gigi dan membunuh bakteri dalam mulut.

Mengunyah Biji Wijen
Cara menghilangkan karang gigi dengan biji wijen cukup dengan mengunyah secara perlahan segenggam biji wijen selama 4-5 menit, tapi jangan menelan dan memakannya. Lalu sikat gigi anda menggunakan biji wijen yang anda kunyah tersebut. Biji wijen bertindak sebagai scrub alami membersihkan, memoles gigi dan membantu menghilangkan karang gigi.

Baking Soda
Baking soda adalah merupakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan karang gigi.
Caranya cukup tuangkan 1 sendok baking soda lalu gunakan sebagai pengganti pasta gigi.

Minum Air Putih
Minumlah air yang secukupnya setelah setiap makan untuk mencuci keluar sisa makanan di mulut. Selain air putih, hindari rokok. Tembakau dapat mengakibatkan terkumpulnya karang gigi di bawah garis gusi.


Karang gigi dapat menyebabkan beberapa macam gangguan kesehatan mulut dan gigi, oleh sebab itu, jika anda memiliki karang gigi segeralah untuk mengatasinya. Adanya karang dapat membuat gigi anda menjadi rapuh dan keropos dan cara diatas merupakan tips sederhana dari Membersihkan Karang GigiTanpa Dokter. Semoga dapat bermanfaat untuk pembaca setia ragam alami sekalian.


Kata kunci: Cara membersihkan karang gigi, cara membersihkan karang gigi sendiri, cara membersihkan karang gigi tradisional, cara membersihkan karang gigi tanpa dokter, cara membersihkan karang gigi bayi 1 tahun, cara membersihkan karang gigi dengan cengkeh, cara membersihkan karang gigi yang hitam, sebab munculnya karang gigi, penyebab munculnya karang gigi, sebab terjadinya karang gigi, apa penyebab munculnya karang gigi.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membersihkan Karang Gigi Tanpa Harus Pergi Ke Dokter"

Powered by Blogger.