Putri Malu Bukan Tumbuhan Biasa

Artikel kali ini kita akan membahas tentang Putri Malu Bukan Tumbuhan Biasa. Bagaimana bisa ? Mari simak yang berikut ini. Mimosa Pudica L. atau lebih akrab disebut dengan putri malu adalah tumbuhan yang sering kita jumpai di jalan, lapangan, maupun disekitar halaman rumah kita. Tumbuhan ini termasuk jenis tumbuhan polong-polongan yang memiliki daya kepekaan yang tinggi terhadap rangsangan luar. Saat kita menyentuh permukaan daunnya, maka secara spontan daun putri malu akan menguncup. Selain peka terhadap sentuhan, putri malu juga peka terhadapa rangsangan dari sinar matahari, pada saat malam daun akan menutup dan ketika terkena sinar matahari akan kembali mekar seperti biasanya. Hal tersebut disebut dengan istilah seismonasti.
Konon dahulu, daun putri malu digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu cara untuk membuat anak agar cepat tidur dengan cara menaruh daunnya di bawah bantal. Hal tersebut mungkin hanyalah mitos belaka, namun tahukah ? Jika putri malu ternyata dapat digunakan sebagai obat. Bahkan hampir semua bagiaan dari putri malu ini berkhasiat, mulai dari daun, akar, sampai ke seluruh bagian.

Tumbuhan ini mengandung tanin, mimosin, dan asam pipekoliat yang dapat dimanfaatkan sebagai obat. Zat tanin biasanya dimanfaatkan sebagai obat peradangan dan keputihan serta bisa digunakan untuk membantu melangsingkan tubuh. Sedang dalam kandungan mimosin terdapat zat aktif seperti nitrogen, oksigen, hidrogen, karbon dan sulfur. Yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat disembuhkan dengan putri malu?

Insomnia
Rebus 30 gr daun putri malu segar dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minumlah sebelum tidur. Atau bisa juga dengan tambahan bahan lain seperti sawi langit dan daun cilincing. Caranya sama yakni rebus daun putri malu dan daun sawi masing-masing 15 gr dengan 30 gr daun cilincing segar ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minumlah sebelum tidur.

Batuk berdahak
Cuci hingga bersih 10-15 akar daun putri malu, lalu potong menjadi beberapa bagian. Rebuslah ke dalam 3 gelas air hingga tersisa setengah bagian. Saring dan minumlah sebanyak 3 kali sehari masing-masing setengah segalas.

Bronkitis kronis
Cara pertama, rebus akar putri malu yang telah dicuci dan dipotong menjadi beberapa bagian ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring terlebih dahulu, jika sudah bagilah air rebusan tersebut menjadi 2 gelas dan minum diwaktu pagi dan malam hari. Cara kedua yakni rebus herba putri malu dengan pegagan masing-masing sebanyak 30 gr ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Gunakan 1 gelas air rebusan tersebut untuk dua kali minum pagi dan malam.

Cacingan atau Ascariasis
Cara pembuatannya cuci 10-15 gr akar putri malu, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan air saringan tersebut diminum sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Infeksi batu pada saluran kencing
Cuci herba putri malu segar, lalu rebus ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan airnya diminum sekaligus pada malam hari sebelum tidur.

Rematik
Siapkan 15 gram akar putri malu yang sudah dicuci bersih, potonglah menjadi beberapa bagian. Jika sudah rendam ke dalam 500 cc arak putih selama 2 minggu. Kemudian gunakan air tersebut untuk mengompres bagian sendi yang sakit.

Herpes
Caranya cuci daun putri malu secukupnya, rebus ke dalam air hingga mendidih, gunakan rebusan air tersebut untuk mandi dan basuhkan bagian-bagian tubuh yang terserang virus.

Selain khasiat di atas, putri malu juga berkhasiat untuk mengatasi beberapa penyakit lainnya seperti neurasthenia, radang mata akut, radang lambung, asma, malaria, dan pereda demam. Akar dan bijinya juga berkhasiat untuk merangsang muntah. Namun berhati-hatilah karena penggunaan putri malu dalam dosis tinggi dapat mengakibatkan keracunan dan muntah-muntah. Bagi ibu hamil juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi ramuan putri malu karena hal tersebut dapat membahayakan janin dalam kandungan.

Nah sahabat ragam kini kita tahu jika ternyata putri malu tak hanya tumbuhan liar semata namun juga termasuk tumbuhan obat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Semoga artikel tentang Putri Malu Bukan Tumbuhan Biasa dapat bermanfaat bagi anda semua.

Kata kunci: Khasiat putri malu, khasiat putri malu bagi kesehatan, khasiat putri malu batuk, khasiat putri malu untuk herpes, khasiat putri malu merah, khasiat putri malu untuk wasir, manfaat putri malu untuk obat, manfaat putri malu untuk asma, manfaat putri malu untuk mata, kandungan putri malu, kandungan akar putri malu, kandungan dalam putri malu, kandungan ekstrak putri malu, kandungan senyawa putri malu, kandungan kimia pada putri malu, kandungan zat tanaman putri malu, kandungan kimia dalam putri malu.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Putri Malu Bukan Tumbuhan Biasa"

  1. wah banyak sekali ya manfaat dari tumbuhan putri malu , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banget infonya sangat membantu.
    selain yang disebutkan diatas ternyata olahan tanaman putri malu juga bisa digunakan menjadi suatu produk kesehatan perawatan luka kaki diabetes (foot spa), inovasi itu berjudul “MimoSpa” yang merupakan hasil penelitian mahasiswa UNAIR --> Produk kesehatan Mimospa

    ReplyDelete

Powered by Blogger.