Pandan Wangi Solusi Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pandan Wangi Solusi Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan, itulah yang akan kita bahas kali ini. Pandan adalah tumbuhan yang dapat ditemukan di daerah tropis dan banyak dimanfaatkan sebagai rempah-rempah maupun bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya yang khas berbau wangi sering digunakan sebagai bahan penyedap maupun pewangi alami makanan.

Pandan wangi solusi alami untuk kesehatan dan kecantikan
Manfaat Daun Pandan

Daun pandan mengandung alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna. Daunnya berkhasiat sebagai tonikum, penambah nafsu makan dan penenang. Selain itu pandan juga dapat digunakan untuk kecantikan. Kira-kira apa saja manfaat dari pandan ?

Manfaat Pandan untuk Kesehatan

Darah Tinggi
Ciri-ciri seseorang yang terkena darah tinggi yaitu selalu merasa pusing dan cepat lelah sehingga akan sangat menghambat aktifitas kita. Tanaman pandan wangi ini ternyata mampu mengatasi tekanan darah tinggi yaitu dengan cara merebus beberapa helai daun pandan secukupnya ke dalam 2 gelas air, rebus sampai tersisa satu gelas saja, lalu minum setengah gelas di pagi hari lalu sisanya di sore hari, lakukan secara rutin dan teratur agar membuat tekanan darah menjadi lebih normal.

Lemah Syaraf
Lemah saraf bisa anda atasi dengan menggunakan daun pandan, caranya potong kecil-kecil 7 helai daun pandan segar, kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air sampai tersisa menjadi dua gelas, saring terlebih dahulu, lalu minum air rebusan tersebut diwaktu pagi dan menjelang tidur.

Rematik
Rematik sering menyerang orang yang sudah lanjut usia, tapi tak sedikit pula orang yang masih muda terkena penyakit ini, biasanya rematik terjadi akibat sering kedinginan atau terlalu lama berendam di dalam air, untuk mengatasinya anda dapat gunakan daun pandan. Caranya ambil 3 lembar daun pandan segar lalu iris tips, jika semua sudah aduklah secara merata dengan minyak kelapa sebanyak setengah cangkir yang sudah di panaskan. Diamkan selama beberapa saat, jika sudah dingin gunakan sebagai obat gosokan pada bagian tubuh yang terkena rematik.

Menambah Nafsu Makan
Daun pandan bisa dimanfaatkan menjadi bahan alami untuk menambah nafsu makan, caranya rebus 2 lembar daun pandan dengan 2 gelas air putih sampai tersisa 1 gelas, tambahkan madu atau gula sebagai pemanis. minum ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.

Menenangkan Gelisah
Seringkali seseorang terkena masalah emosional sehingga merasa gelisah. Biasanya saat malam hari. Jika Anda mengalami hal ini, ambil 2 lembar daun pandan wangi lalu cuci bersih dan iris tipis. Seduh dengan segelas air mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 atau 3 kali sehari sampai merasa tenang.

Mengobati Pegal Linu
Untuk mengobati pegal line caranya, siapkan 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

Mengatasi Lemah Syahwat
Selain digunakan sebagai obat lemah saraf, pandan wangi juga berkhasiat untuk mengobati lemah syahwat pada pria. Ambil 3 lembar daun pandan wangi, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Mibum ramuan tersebut dua kali sehari, tiap pagi dan sore masing-masing 1 gelas setiap kali minum. Lakukan secara teratur.

Manfaat Pandan untuk Kecantikan

Menghilangkan Ketombe
Ketombe adalah salah penyebab gatal di kulit kepala, adanya ketombe dapat mengganggu kesehatan rambut, karena kulit kepala menjadi tidak sehat. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan daun pandan wangi. caranya siapkan sekitar sepuluh helai daun pandan segar lalu di tumbuk sampai benar-benar halus. Selanjutnya tambahkan air secukupnya, oleskan air campuran daun pendan tersebut pada rambut sambil dipijit lembut, diamkan beberapa saat dan cuci rambut anda sampai bersih.

Rambut Rontok
Jika anda punya masalah dengan rambut anda yang rontok, solusi yang bisa anda pakai yaitu dengan menggunakan daun pandan, caranya hampir sama seperti yang saya sebut di atas, yaitu dengan menyiapkan beberapa helai daun pandan kemudian dihaluskan dan jus hasil dari daun pandan tersebut anda oleskan ke rambut anda dan diamkan satu sampai dua jam, setelah itu bilas rambut anda sampai bersih, lakukan cara ini di pagi hari.

Menghitamkan Rambut
Untuk memiliki rambut sehat dan hitam anda cukup gunakan rebusan air pandan, caranya 7 lembar daun pandan dicuci bersih dan potong-potong menjadi kecil. Rebus dengan 1 liter air, hingga airnya berwarna hijau. Embunkan air rebusan tadi selama semalaman. Keesokan harinya, campurkan air rebusan daun pandan tersebut dengan perasan air 3 buah mengkudu yang sudah masak. Gunakan ramuan tersebut untuk keramas. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu dan lihat hasilnya.

Menghilangkan Panu
Penyakit Panu terjadi karena disebabkan oleh jamur yang tumbuh pada kulit, sehingga kulit menjadi gatal dan berubah warna menjadi putih, meskipun begitu ada juga yang memiliki warna kulit tertentu menjadi warna yang berbeda seperti merah. Dengan daun pandan anda bisa menghilangkan panu pada kulit dengan daun pandan, caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan satu genggam daun pandan segar lalu peras dan ambil airnya, kemudian campurkan garam pada air hasil perasan tersebut dan minum satu hari satu gelas selama tiga hari secara rutin.


Selain khasiat di atas manfaat lain pandan juga dapat digunakan untuk pengusir serangga maupun pengharum ruangan. Semoga artikel tentang  Pandan Wangi Solusi Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan dapat memberi manfaat bagi sahabat ragam semua.

Kata kunci : Manfaat daun pandan untuk kesehatan, manfaat pandan wangi untuk kesehatan, manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh, manfaat pandan betawi untuk kesehatan, manfaat daun pandan untuk kesehatan dan kecantikan, khasiat pandan wangi untuk kesehatan, manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan, menghitamkan rambut dengan daun pandan, manfaat daun pandan untuk kecantikan daun pandan untuk menurunkan darah tinggi, daun pandan untuk meningkatkan nafsu makan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pandan Wangi Solusi Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan"

  1. daun pandan wangi itu bukan hanya untuk membuat kue ya gan,,tetapi buat kesehatan juga ada gan,,, terimakasih informasinya gan,, sangat bermanfaaat sekali..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.