Manfaat Cara Hidup Sehat

Tips cara hidup sehat, manfaat dan khasiat buah, daun, akar untuk pengobatan alternatif alami berbagai macam penyakit

Apa Sebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Punggung

Tema kali ini kita akan membahas tentang Apa Sebab dan Bagaimana Cara Mengatasi NyeriPunggung ? Sakit pada pinggang atau punggung terjadi akibat robekan, tarikan, atau tekanan pada tulang belakang. Biasanya dialami oleh orang dewasa hingga lanjut usia, namun sangat jarang ditemukan pada anak-anak. Cidera atau tidak hati-hatinya pada saat mengangkat beban berat terkadang juga dapat memicu masalah pada tulang belakang. Hal tersebut tentu akan sangat mengganggu aktifitas dan istirahat, akibat rasa nyeri yang ditimbulkan. Lalu apa saja faktor penyebabnya ?


Apa sebab dan bagaimana cara mengatasi nyeri punggung
Gangguan pada Tulang Belakang
Faktor penyebab terjadinya nyeri pada tulang belakang

Ketegangan pada Otot
Ketegangan pada otot sering kali menjadi faktor timbulnya nyeri pada bagian punggung, biasanya akibat terlalu lama duduk atau salah posisi pada saat menganggak beban berat.

Kehamilan
Penambahan berat badan pada saat hamil dapat memberi tekanan lebih pada punggung, sehingga menimbulkan nyeri dan pegal.

Kurang Olahraga
Kurang olahraga menyebabkan kelenturan sendi pada tulang belakang menurun, sehingga mudah meningkatkan resiko sakit pinggang.

Penggunaan Sepatu Hak Tinggi
Terlalu sering menggunakan sepatu berhak tinggi akan membuat tulang belakang melengkung melebihi keadaan normal, sehingga meningkatkan resiko sakit pada pinggang.

Gangguan pada Struktur Tulang Belakang
Kebiasaan duduk yang salah atau cidera pada tulang belakang akan menyebabkan struktur tulang menjadi terganggu, hingga menimbulkan sakit pada tulang punggung.

Penggunaan Alas Tidur yang Tidak Tepat
Menggunakan bantal yang terlalu tinggi, keras atau terlalu lentur akan menyebabkan tulang belakang tidak pada posisi normal dan menyebabkan sakit pada tulang belakang.

Berkurangnya Kepadatan Tulang
Pada faktor ini, biasanya dipengaruhi oleh proses penuaan yang menyebabkan tulang semakin rapuh, sehingga kebanyakan orang lanjut usia rentan mengalami sakit punggung.

Infeksi Ginjal
Bagi yang memiliki penyakit ginjal atau gangguan kandung kemih, biasanya ditandai nyeri pada tulang punggung bagian bawah.

Spondilitis
Spondilitis yakni masalah pernapasan,deep root ganglia, paresthesia, kerusakan saraf, atau diabetes neuropati yang juga dapat memicu nyeri yang tajam pada punggung bagian atas.

Tips mengatasi sakit pada tulang belakang

Kompres Menggunakan Es
Mengkompres menggunakan es dapat mengurangi dan menghilangkan sakit pada persendian.

Ramuan Jahe
Untuk membuat ramuan ini, pertama rebus jahe secukupnya ke dalam air hingga benar-benar mendidih. Setelah itu tambahkan madu dan minumlah.

Berendam di Bak Mandi
Berendam dengan air panas selama 30 menit dapat membantu menenangkan otot-otot dan meredakan sakit pada tulang belakang.

Minum Susu
Susu mengandung kalsium yang baik untuk tulang, mengkonsumsi susu secara rutin dapat menjaga kepadatan tulang sehingga terhindar dari sakit punggung.

Atur Posisi Tidur yang Baik
Cobalah tidur dengan posisi miring. Tempatkan bantal di antara lutut Anda untuk menjaga tulang belakang Anda dalam posisi netral dan mengurangi tekanan pada punggung Anda. Jika Anda perlu tidur telentang, maka letakkan bantal di bawah lutut Anda. Pastikan untuk tidur di kasur yang kuat dan nyaman.

Jangan Istirahatkan Punggung saat Nyeri

Saat punggung terasa nyeri maka hindari untuk mengistirahatkannya dengan segera, karena dengan berbaring merupakan salah satu hal terburuk. Hal ini dapat membuat nyeri punggung bertambah parah dan menyebabkan komplikasi lain. Jangan beristirahat lebih dari satu atau dua hari. Sangat penting untuk bangun dan perlahan-lahan mulai bergerak lagi.

Olahraga
Olahraga menjadi salah satu cara paling efektif untuk meredakan sakit punggung dengan cepat. Cobalah untuk berenang, berjalan, atau yoga.

Menemui Psikolog
Sakit dan nyeri punggung tidak hanya berhubungan dengan penyakit fisik. Namun kadang berhubungan dengan fikiran. Hal ini mungkin terlihat aneh, menemui psikolog untuk masalah sakit punggung. Tetapi studi menunjukkan, bahwa terapi perilaku kognitif sangat efektif, baik jangka pendek dan panjang, untuk membantu sakit punggung kronis. Sebagai contoh, CBT dapat menargetkan bagaimana penderita sakit punggung berpikir mengenai aktivitas fisik dan mengapa mereka mungkin menghindari hal tersebut, untuk kemudian membantu mengubah cara respon mereka untuk menjadi aktif. Banyak penderita yang melakukan CBT, melaporkan penurunan yang signifikan dalam rasa sakit dan ketidakmampuan bergerak.

Cabe merah atau sambal mengandung capsaicin, yang sangat efektif melawan nyeri. Zat tersebut merupakan salah satu analgesik yang meredakan sakit. Sebenarnya bukan itu yang penting, zat tersebut memerintahkan tubuh untuk mengeluarkan endorfin, zat yang meredakan rasa sakit, yang terdapat dalam tubuh. Campurkan bubuk cabe merah dengan krim pereda nyeri apapun. Oleskan langsung pada bagian tubuh yang nyeri. Cara lainnya adalah buatlah krim dengan memblender cabe merah dicampur dengan madu. Balurkan pada bagian yang terasa nyeri.

Dedalu (Willow)
Jemur daun atau kulit pohon dedalu, lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Setelah itu buatlah minuman. Herbal tersebut kaya akan methyl-salicylate, zat yang mirip aspirin, dan digunakan sebagai analgesik luar.

Pepermin
Pepermin mengandung mentol dan kamper, salah satu senyawa obat yang khusus mengatasi sakit punggung dan banyak dipakai dalam bahan obat-obatan kimia. Kedua zat tersebut membantu untuk memecahkan kontraksi otot. Boleh menggunakan minyak esensial pepermin sebagai minyak analgesik lokal.


Untuk menghindari sakit pada tulang punggung sebaiknya hindari pemakaian sepatu hak tinggi. Atur posisi duduk yang baik, usahakan jangan membungkuk. Olahraga secara teratur dan jagalah fleksibilitas otot pada tulang punggung anda. Semoga artikel tentang Apa Sebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Punggung ini dapat bermanfaat untuk sahabat ragam sekalian.


Kata kunci : Gejala nyeri punggung, gejala nyeri punggung bawah, gejala nyeri punggung atas, gejala nyeri punggung tengah, gejala nyeri punggung belakang, faktor penyebab nyeri punggung, faktor penyebab nyeri punggung bawah, faktor penyebab nyeri punggung pada ibu hamil, faktor yang mempengaruhi nyeri punggung, faktor yang mempengaruhi nyeri punggung bawah, faktor yang mempengaruhi nyeri punggung pada ibu hamil, cara mengatasi nyeri punggung pada ibu hamil, cara mengatasi nyeri punggung, cara mengatasi nyeri punggung atas, cara mengatasi nyeri punggung saat haid, cara mengatasi nyeri punggung pada kehamilan, cara mengatasi nyeri punggung pasca melahirkan, cara mengatasi nyeri punggung akibat salah tidur.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Apa Sebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Punggung"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top