Saat Dokter dan Obat Tidak Mampu Menyembuhkan

Pagi sahabat ragam, Allah berfirman dalam surat Al Baqarah 286 yang artinya “Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." 

Serahkan Segala Urusan Hanya Pada Allah SWT
Allah tidak akan memberikan suatu cobaan diluar batas kemampuan manusia. Jika kita diberi cobaan berupa penyakit dan segala macam usaha sudah dilakuakan; pengobatan dengan dokter sudah, dengan herbal secara alamiah sudah akan tetapi belum membuahkan hasil untuk menyembuhkan penyakit yang kita diderita, maka kita tetap tidak boleh putus asa. Jika dunia alami sudah tidak mampu menolong kita, maka ingatlah bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini.

Allah SWT dengan segala kuasa-Nya akan melakuakan sesuatu yang tidak dapat manusia dan mahluk lain lakuakan. Saat daya upaya (ikhtiar) sudah mentok, sudah maksimal dilakukan tapi jalan keluar seolah tertutup, maka jangan menyerah dulu, masih ada harapan. Datanglah kepada Allah SWT (Tuhan Yang Mahakuasa, Tuhan pencipta langit dan bumi) untuk memohon pertolongan dengan sungguh-sungguh, serahkan segala urusan dunia-akhirat, hidup-mati hanya kepada-Nya dengan penuh keikhlasan dan berbaik sangka (husnudzan) terhadap semua yang Allah rencanakan. 

Banyak diantara kita yang pernah divonis bahwa penyakitnya sangat kronis dan tidak bisa disembuhkan ternyata sembuh pada akhirnya. Jangan berhenti berdoa dan berikhtiar karena mungkin ada sebuah keajaiban di balik semua cobaan yang kita alami. Semoga kita senantiasa mendapat Ridho Allah SWT, diberikan kesehatan, kesembuhan dan ikhlas dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Amin..

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Saat Dokter dan Obat Tidak Mampu Menyembuhkan"

Powered by Blogger.