Manfaat Cara Hidup Sehat

Tips cara hidup sehat, manfaat dan khasiat buah, daun, akar untuk pengobatan alternatif alami berbagai macam penyakit

Manfaat Temulawak

Manfaat dan khasiat temulawak untuk kesehatan sangat banyak, baik sebagai jamu maupun obat herbal alami yang diolah secara tradisional terbukti sangat mujarab dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Tanaman temulawak (curcuma xanthorriza) merupakan tanaman obat yang berasal dari Indonesia khususnya di daerah dataran rendah Pulau Jawa. Seiring perkembangannya, tanaman ini kemudian menyebar ke beberapa daerah seperti Malaysia, Thailand, dam Filipina. Selain itu temulawak juga menyebar sampai ke China, India, Jepang, Korea, bahkan Amerika Serikat
KANDUNGAN SENYAWA TEMULAWAK

Temulawak mempunyai kandungan senyawa kimia seperti alkaloid, flavonoid, fenolik, triterpennoid, glikosida tannin, saponin dan steroid. Selain itu, ditemukan pula kandungan minyak atsiri pada rimpang temulawak sekitar 6% (yang diperoleh dari hasil penyulingan). Minyak Atsiri temulawak mengandung beberapa zat yang meliputi: mirsen, p-toluil metikarbinol, pati, d-kampene, siklon isoren, sikloisoren, sikloisosprenmyrcene, d-borneol, tumerol, xanthorrhizol, sineol, turmeron, a-turmereon, isofuranofermakren, sabinen, germakron, dan atlantone, zingiberene, artmeron, zingeberol, epolisid-bisakuron, bisakuron a, bisakuron b, d-a-phellandrene, monterpen, dan germakron. Minyak ini mempunyai khasiat sebagai kolagoga (peluruh empedu), glukosida, foluymetik karbinol dan kurkuminoid.

Kurkuminoid terdiri atas dua senyawa kimia yaitu kurkumin dan desmetoksikurkumin (terdapat di dalam tanaman temulawak) yang mempunyai berkhasiat dalam menetralkan racun, menghilangkan rasa nyeri sendi, mengingkatkan sekresi empedu, menurunkan kolesterol dan trigiserida darah, antibakteri, serta dapat mencegah terjadinya pelemahan dalam sel-sel hati juga sebagai antioksidan penagkal senyawa-senyawa radikal yang berbahaya.

MANFAAT TEMULAWAK UNTUK KESEHATAN

Mengatasi Kanker

Temulawak juga efektif dalam mengatasi penyakit kanker, seperti kanker payudara, usus, dan prostat. Dari jurnal ilmiah “The Prostate”, diketahui bahwa kandungan curcumin dalam temulawak dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. The University of Maryland Medical center menjelaskan hal tersebut dengan membuat hipotesis bahwa curcuma bekerja menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Macam-macam gangguan kesehatan di saluran pencernaan seperti perut kembung, dyspepsia, dan indisgestion dapat diatasi dengan temulawak. Di tahun 2006, Clinical Gastroenterology and Hepatology menyatakan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan pada ulcerative colitis mendapati penyakitnya semakin membaik dengan mengkonsumsi suplemen temulawak secara teratur.

Meringankan Osteoarthritis

Manfaat temulawak yang satu ini ternyata sudah masyur di India sejak bertahun-tahun yang lalu. Temulawak, atau yang biasa dikenal dengan sebutan curcuma memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan, seperti osteoarthritis tersebut.

CARA MEMBUAT JAMU TEMULAWAK
Banyak cara dapat anda gunakan untuk mengolah temulawak menjadi jamu atau obat tradisional. Berikut ini saya sertakan cara untuk mengolah temulawak menjadi jamu untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti:
1. Sakit Limfa

Bahan: 2 rimpang temulawak, 1/2 rimpang lengkuas, 1 genggam daun meniran.
Cara Membuat: temulawak dan lengkuas diparut, kemudian semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, dan disaring.
Cara Menggunakan: diminum 1 kali sehari 1 cangkir.

2. Sakit Ginjal

Bahan: 2 rimpang temulawak, 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun kacabeling.
Cara Membuat: temulawak diiris tipis-tipis, kemudian direbus bersama dengan bahan lainnya dengan 1 liter air, dan disaring.
Cara Menggunakan: diminum selama 3 hari.

3. Sakit Pinggang

Bahan: 1 rimpang temulawak, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari, 1 genggam daun kumis kucing.
Cara Membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air, dan disaring.
Cara Menggunakan: diminum 1 kali sehari 1 gelas.

4. Mengobati Asma

Bahan: 1 ½ rimpang temulawak, 1 potong gula aren.
Cara Membuat: temulawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Setelah kering direbus dengan 5 gelas air ditambah 1 potong gula aren sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, kemudian disaring.

5. Sakit Kepala dan masuk angin

Bahan: beberapa rimpang temulawak.
Cara Membuat: temulawak diiris tipis-tipis, dikeringkan dan ditumbuk halus menjadi tepung. Kurang lebih 2 genggam tepung temulawak direbus dengan 4-5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, kemudian disaring disaring.

6. Mengobati Sakit Maag

Bahan: 1 rimpang temulawak.
Cara Membuat: temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sebentar, kemudian direbus dengan 5-7 gelas air sampai mendidih, dan disaring.
Cara Menggunakan: diminum 1 kali sehari 1 gelas.

7. Mengobati Sakit Perut, Sakit Perut pada Waktu Haid

Bahan: 1 rimpang temulawak, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya.
Cara Membuat: temulawak diparut, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan 3-4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas.
Cara Menggunakan: diminum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore.

8. Menghilangkan Bau Amis Sewaktu Haid

Bahan: 1 rimpang temulawak, 5 buah mata asam, 1 potong gula kelapa.
Cara Membuat: temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan, kemudian bersama bahan lainnya ditaruh dalam waskom (rantang/ panci), diberi 2 gelas air panas dan ditutup rapat selama kurang lebih 15 menit, dan disaring.
Cara Menggunakan: diminum 3 kali, 1 kali sehari.

9. Memperbanyak Produksi ASI

Bahan: 1 ½ rimpang temulawak, dan tepung saga secukupnya.
Cara Membuat: temulawak diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur dan ditambah air panas secukupnya sehingga menjadi bubur.
Cara Menggunakan: dimakan biasa.

10. Memacu ASI Yang Macet

Bahan: 1 ½ rimpang temulawak diparut, 1 potong gula kelapa, 2-3 sendok makan adonan sagu.
Cara Membuat: temulawak diparut, kemudian bersama Bahan lainnya direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring.
Cara Menggunakan: diminum 2 kali sehari 1 cangkir secara teratur.
11. Susah Buang Air Besar

Bahan: 1 rimpang temulawak, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa.
Cara Membuat: temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sampai kering, kemudian bersama bahan lainnya diseduh dengan air panas secukupnya dan disaring.
Cara Menggunakan: diminum biasa.

12. Mengobati Sembelit

Bahan: 1 rimpang temulawak dan biji sawi secukupnya.
Cara Membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan air panas secukupnya dan disaring.
Cara Menggunakan: diminum biasa.

13. Menambah Nafsu Makan

Bahan: 2 rimpang temulawak, ¼ rimpang lengkuas, ½ genggam daun meniran.
Cara Membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring.
Cara Menggunakan: diminum 2 kali sehari ½ gelas.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Manfaat Temulawak"

wah ternyata temulawak banyak sekali manfaatnya untuk berbagai penyakit , bahkan untuk menambah nafsu makan juga bisa , nice ..

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top