Makanan Yang Baik Saat Berbuka Puasa

Selamat Siang sahabat Ragam Alami, semoga kita senantiasa sehat dan juga bersemangat dalam beraktivitas. Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia ini. Karena di bulan tersebut, Allah SWT menurunkan berkah dan rahmat-Nya yang tiada tara. Makanya, umat Muslim berbondong-bondong untuk mendapatkan rahmat dari Sang Khalik.

Salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim adalah berpuasa satu bulan penuh. Selama berpuasa, kita tidak diperbolehkan untuk makan maupun minum dari terbit sampai tenggelamnya fajar. Biasanya, sebagian besar dari kita melakukan kebiasaan yang buruk saat berbuka puasa. Kebiasaan tersebut antara lain makan dalam jumlah yang tidak wajar, minum-minuman yang dingin, mengkonsumsi makanan yang kurang bersih, dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan tersebut sangatlah tidak sehat, dan akan mengganggu kesehatan kita.

Makanan sehat baik berbuka puasa
Makanan yang Baik saat Berbuka Puasa

Nah, kali ini saya akan memberikan informasi tentang Makanan yang Baik saat Berbuka Puasa, agar nantinya kita bisa menjaga pola makan kita terutama saat bulan puasa. Mari kita simak bersama.

1.Daging
Konsumsilah daging ayam, ikan, kambing, maupun daging sapi sebanyak 1 sampai 2 porsi saat berbuka puasa. Ada baiknya juga kalau kita mengkonsumsi kacang-kacangan. Kedua makanan ini mengandung Protein, Mineral, Vitamin, dan Serat yang sangat dibutuhkan oleh kita yang sedang berpuasa.

2.Roti
Makanlah makanan-makanan seperti Roti gandum, ataupun beras merah saat anda berbuka puasa. Makanan tersebut merupakan makanan yang memiliki kandungan Karbohidrat Kompleks dan Serat yang cukup tinggi.

3.Susu
Minuman yang satu ini sudah terbukti mengandung Kalsium dan Protein yang berperan untuk menjaga jaringan tubuh. Selain itu, minum susu juga membuat kesehatan tulang kita senantiasa terjaga.

4.Sayur
Saat berpuasa, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi 3 sampai 4 porsi makanan yang mengandung sayuran. Hal ini terjadi karena sayura merupakan sumber makanan yang banyak mengandung Serat, Antioksidan, vitamin A, serta vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, mengkonsumsi sayuran juga bisa menghindarkan kita dari serangan penyakit jantung, kanker, dan tentunya kita akan mendapatkan berbagai manfaat lain yang sangat baik.

Agar nutrisi di dalam makanan-makanan tersebut tetap terjaga, usahakan agar tidak menggoreng saat kita mengolahnya. Lebih baik jika kita merebus, ataupun mengukus makanan-makanan tersebut, agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, dan kita bisa menikmati manfaatnya juga.

Sekian artikel mengenai Makanan yang Baik saat Berbuka Puasa, semoga kita bisa berpuasa selama 1 bulan dalam keadaan yang sehat dan bugar.

Baca artikel terkait:
·             Penyakit Lupus
·             Penyakit Epilepsi

Kata kunci: puasa, berpuasa, tips berpuasa, tips berbuka puasa, makanan yang sehat untuk berbuka puasa

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Makanan Yang Baik Saat Berbuka Puasa"

Powered by Blogger.