Bahaya Minum Air Es Saat Buka Puasa

Assalamu’alaikum.. sahabat ragam, kali ini saya akan membahas tentang Bahaya Minum Air Es Saat Berbuka Puasa. Setelah seharian kita menjalankan ibadah berpuasa, berbuka puasa merupakan waktu yang sangat dinanti dan harus kita segerakan sesuai tuntunan Rosulullah saw. Disunahkan untuk berbuk dengan buah kurma. Selain itu minum air putih juga baik untuk tubuh sesuai ajaran Rosulullah Muhammad saw. Karena kurma dan air putih sangat bermanfaat bagi tubuh, air putih mencegah dehidrasi berlebihan setelah berpuasa seharian sedangkan kurma merupakan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi bagi tubuh kita yang dapat dicerna secara perlahan sehingga tidak menyebabkan kadar gula naik secara drastis. Namun satu hal yang perlu anda perhatikan, jangan minum es! walaupun es sangat segar dan membantu kita mengobati dahaga tetapi banyak hal negatif dari es jika kita konsumsi saat berbuka. Karena air es dapat menimbulkan kontraksi pada lambung.
Bahaya Minum Air Es Saat Berbuka dan Sahur
Bahaya Minum Air Es Saat Berbuka dan Sahur
Es memang menyegarkan tapi ketika anda menkonsumsinya saat berbuka maka organ lambung akan terkejut dan menimbulkan kontraksi. Bahaya lain yang dapat ditimbulkan dari es yaitu kram pada perut serta perut akan membuncit apabila terus mengkonsumsi air es baik saat berbuka maupun sahur apalagi jika minumnya terlalu berlebihan. Mengapa demikan? karena di dalam perut terdapat bantalan lemak yang mana jika terkena air es/dingin bantalan akan menebal dan menyebabkan perut buncit. Di dalam perut perlu adanya penghangatan bantalan, apabila penghangatan sangat minim maka akan berpengaruh pada kondisi bantalan lemak yang menebal yang dapat menyebabkan perut buncit bahkan sampai menyebabkan obesitas. Air putih saja dapat membuat perut buncit sedikit demi sedikit namun apabila teratur tidak masalah, apalagi kalau kita minum es! tentu secara otomatis perut akan cepat membuncit.

Es juga dapat menyebabkan amandel. Amandel merupakan organ yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai kuman yang masuk baik melalui makanan atau minuman. Tidak stabilnya organ amandel biasa orang menyebut penyakit amandel atau lebih tepatnya disebut dengan radang amandel. Logikanya yang namanya peradangan atau infeksi cenderung sensitif terhadap makanan. Untuk penyakit amandel saja sudah terasa sulit menelan makanan apalagi minum air es! tentu akan menyebabkan keadaan semakin buruk. Air es dapat memperparah peradangan pada amandel yang dapat menimbulkan hal negatif seperti tidak terkontrolnya fungsi amandel, terasa sakit saat makan, dll.

Sehaus-hausnya kita baik saat berbuka puasa, sahur maupun dalam kegiatan hari-hari biasa, alangkah baiknya untuk mengurangi konsumsi air es. Akan lebih baik bagi anda untuk minum air putih segar namun tidak terlalu dingin. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat maka apabila kita sehat maka kita juga akan semangat dalam berpuasa. Demikian artikel dari saya tentang Minum Air Es Saat Berbuka Puasa, semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa. Wassalamu’alaikum wr.wb

Baca artikel terkait:
·         Manfaat Puasa untuk Kesehatan
·         Manfaat Kolang Kaling
·         Manfaat Kolak Pisang

Kata kunci: buka puasa, sahur, bulan ramadhan, puasa bulan ramadhan, bahaya minum air es, bahaya minum air es saat berbuka dan sahur.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bahaya Minum Air Es Saat Buka Puasa"

  1. ternyata berbahaya ya minum air es saat berbuka puasa , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.