Penyakit Stroke

Selamat siang sahabat ragam, melalui artikel saya akan membahas tentang pengertian Penyakit Stroke, gejala penyakit stroke, penyebab penyakit stroke dan upaya pencegahan penyakit stroke. Stroke adalah suatu penyakit yang mana dapat memenyebabkan kematian yang disebabkan karena gangguan pada pembuluh darah di otak. Jika bermasalah dengan otak pastinya stroke berdampak juga pada syaraf yang bekerja di otak tersebut, umumnya gejala penyakit stroke datang mendadak.

Beberapa hal yang menjadi penyebab stroke antara lain pecahnya pembuluh darah dan terbentuknya sumbatan dalam pembuluh darah. Perlu sahabat ragam ketahui bahwa negara kita Indonesia, merupakan salah satu negara yang mempunyai penderita stroke terbanyak. Kita harus waspada terhadap penyakit stroke karena stroke dapat menyerang pada siapapun dan dapat pula menyerang pada usia 15 tahun ke atas. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan mulai sejak dini, salah satunya olahraga yang diimbangi dengan makan teratur dan istirahat yang teratur juga. Namun bagi anda yang baru saja mengidap stroke, dapat dibantu dengan obat-obatan tradisional alami seperti seperti temulawak, asam jawa, sambiloto, bawang putih dan lain-lain.
Gejala Penyebab Penyakit Stroke
Penyebab Stroke
Sumber: www.google.com
Gejala Penyakit Stroke
Sahabat ragam yang setia karena bahayanya penyakit stroke, maka kita harus mengetahui apa saja gejala yang ditembulkan dari penyakit stroke? Adapun gejala penyakit stroke yaitu sebagai berikut :
·         Secara mendadak pusing berat tanpa disertai sebab apapun dan jatuh dengan tiba-tiba.
·         Mendadak kesulitan berjalan dan disertai kehilangan keseimbangan tubuh.
·         Mendadak mengalami gangguan pada indra penglihatan baik itu sebelah mata maupun kedua mata.
·         Mendadak merasa kebingungan, lupa mendadak, sulit untuk berbicara dan sulit dalam mengerti.
·         Mendadak merasa kesemutan, mati rasa dan kelemahan pada bagian kaki, tangan, wajah, sebagian tubuh ataupun diseluruh tubuh.

Walaupun penyakit stroke cenderung diderita oleh orang yang sudah lanjut usia, namun senantiasa kita masih muda juga harus berhati-hati karena stroke juga bisa menyerang pada mereka yang berusia 15 tahun ke atas. Penderita stroke pada usia muda umumnya disebabkan oleh tekanan atau stress yang tinggi serta pola hidup yang tidak menyehatkan seperti sering mengkonsumsi makanan cepat saji, kurang berolahraga serta pola makan yang tidak berimbang.

Faktor Penyebab Penyakit Stroke
Faktor penyebab penyakit stroke dapat diklasifikasikan menjadi dua faktor. Yang pertama yaitu faktor yang dapat diubah atau dimodifikasi dan faktor yang tidak dapat diubah atau dimodifikasi.
Faktor yang dapat dimodifikasi :
·         Diabetes (penyakit yang disebabkan karena kurangnya insulin / ketidakmampuan tubuh memanfaatkan insuli atau sering dikenal dengan kencing manis)
·         Obesitas (penyakit abnormal dengan berat badan yang berlebihan)
·         Merokok
·         Alkohol
·         Penyakit hipertensi yang tidak terkontrol dengan obat-obatan dengan campuran bahan kimia
·         Hiperlipidemia (kelebihan kolesterol)

Faktor yang tidak dapat diubah / dimodifikasi :
·         Memiliki riwayat gangguan pada pembuluh darah
·         Memiliki riwayat gangguan pada pembekuan darah
·         Lansia (pada umumnya orang yang sudah lanjut usia sekitar berumur 60 tahun keatas lebih beresiko terkena stroke)
·         Pernah mengalami stroke sebelumnya
·         Tervonis penyakit jantung koroner
·         Penyakit anemia sel sabit
·         Meliki penyakit tekanan darah tinggi dalam jangka waktu lama atau kronis
·         Menggunakan obat-obatan pembeku darah

Upaya Mencegah Penyakit Stroke
1.      Penyakit stroke merupakan penyakit yang sangat berbahaya sehingga kita semua harus memerhatikan beberapa upaya untuk mencegah stroke berikut ini:
2.      Menurunkan kadar kolesterol dengan pola makan yang sehat, olahraga teratur dan dibantu dengan obat tradisional
3.      Menghentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol
4.      Upaya menurunkan berat badan bagi yang terkena obesitas dan berupaya mencegah atau mengobati diabetes
5.      Upaya pencegahan penyakit hipertensi dengan obat (budayakan dengan obat tradisional)
6.      Teratur dalam olahraga dan diimbangi dengan makanan yang menyehatkan dan kaya akan nutrisi serta cegah kondisi stress atau keadaan yang menekan.

Sahabat ragam yang baik hati dan setia, kita tidak boleh sedikitpun menyepelekan gejala atau suatu hal yang nantinya akan menimbulkan stroke, maka dari itu harus menjaga tubuh agar selalu sehat.

Demikianlah artikel tentang bahaya Penyakit Stroke yang dapat berdampak pada kematian. Kesehatan harus selalu dijaga karena sehat itu mahal. Semoga bermanfaat, salam ragam dan salam sehat.

Baca artikel terkait:
·         Khasiat dan Manfaat Lengkuas
·         12 Khasiat dan Manfaat Pegagan
·         8Mitos Diabetes Yang Keliru

Kata kunci: penyakit stroke, penyebab stroke, gejala stroke, upaya pencegahan penyakit stroke, stroke disease.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyakit Stroke"

Powered by Blogger.