Manfaat Cara Hidup Sehat

Tips cara hidup sehat, manfaat dan khasiat buah, daun, akar untuk pengobatan alternatif alami berbagai macam penyakit

Penyakit TBC (Tuberculosis)

Selamat siang sahabat ragam. Kali ini saya akan akan membahas sedikit tentang apakah itu Penyakit TBC (Tuberculosis)? TBC adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan karena bakteri. Tidak jarang juga ditemui infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan karena bakteri tersebut. Lalu apakah jenis bakteri yang menyebakan TBC dan dapat menular itu? Bakteri yang menular pada TBC yaitu mikrobakterium tuberculosis, dan metode penularannya biasanya diawali dari batuk dan bakteri berterbangan melalui udara yang kemudian dihirup oleh orang-orang yang ada disekitar, namun tidak semua orang yang menghirup udara disekitar yang tercemar oleh bakteri TBC bisa terserang penyakit TBC, jika seseorang yang mempunyai sistem imune tubuh yang baik tentu bakteri ini tidak akan mudah menyerang.
Gejala TBC Penyebab TBC Cara Mencegah dan Mengobati TBC
Penyakit TBC
Bakteri penyebab TBC yaitu mikrobakterium tuberculosis merupakan bakteri basil yang sangat kuat dan akan memakan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri mikrobakterium tuberculosis menginfeksi organ paru-paru dan organ-organ lainnya. Disarankan bagi penderita penyakit ini untuk memanfaatkan obat tradisional yang pastinya aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Gejala Penyakit TBC (Tuberculosis)

Setiap penyakit pasti ada gejala atau tanda-tanda, apalagi penyakitnya yang dapat memberikan dampak kematian, gejala pada TBC biasanya berupa batuk yang dapat disertai keluarnya darah dan dalam waktu yang agak lama sekitar 3 mingguan lebih, menurunnya nafsu makan, turunnya berat badan yang tidak ideal. Namun gejala utama yang pasti terjadi pada penderita TBC yaitu batuk berdahak selama 3 minggu lebih yang dapat disertai keluarnya darah. Ada juga gejala tambahan seperti sesak nafas atau nyeri pada dada, demam atau meriang lebih dari satu bulan, badan terasa lelah dan lesu, berkeringat pada malam hari tanpa penyebab yang jelas. Gejala-gejala tersebut perlu diperhatikan jika anda atau teman/kerabat yang sudah mengidap penyakit TBC dianjurkan untuk memakai masker agar tidak menular. Namun gejala yang paling menonjol dari TBC yaitu berkeringat pada malam hari tanpa sebab, maka dari jika ada tanda seperti itu sebaiknya periksalah ke dokter walaupun belum pasti terdiagnosa penyakit TBC namun lebih baik bertindak sejak dini agar tidak menjadi parah atau kronis.

Penyebab Penyakit TBC (Tuberculosis)

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mikrobakterium Tuberculosis yang dapat menginfeksi paru-paru dan organ-organ lainnya seperti usus, ginjal, kelenjar getah bening, tulang, kandungan dan bahkan sampai ke otak. Perlu kita ketahui bahwa TBC merupakan penyakit jenis infeksi yang mempunyai angka kematian tertinggi di Indonesia. TBC merupakan penyakit yang mudah menular melalui cairan dan berterbangan diudara kemudian dihirup namun tidak semua orang yang menghirup cairan yang terinfeksi akan terkena TBC juga, untuk yang memiliki sistem kekebalan tubuh dan gizi yang baik bakteri akan tertidur namun jika kekebalan tubuh rendah dan kekurangan gizi maka bakteri akan mudah menginfeksi organ tubuh terutama paru-paru dan berdampak TBC yang dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa sistem imune dan gizi buruk merupakan penyebab utama penyakit TBC serta lingkungan yang kotor juga memicu pengaruh perkembangan infeksi TBC karena kuman dan bakteri sangat menyukai lingkungan yang kotor.

Pencegahan / Pengobatan Penyakit Tuberculosis

Tuberculosis perlu ditangani namun untuk menanganinya  perlu dilakukan diagnosa penyakit dulu, apakah itu TBC atau hanya gejala biasa yang tidak berdampak pada TBC. Jika seseorang telah terkena TBC sebaiknya tidak mengkonsumsi obat-obatan radikal dari bahan kimia karena hanya akan menimbulkan efek samping serta penyembuhannya juga belum tentu maka dari itu lebih baik gunakan obat tradisional walaupun sedikit demi sedikit tetapi tidak menimbulkan efek samping dan menyehatkan. Namun kita juga harus mencegah penyakit TBC dengan cara :
ü  Mengurangi kontak dengan penderita penyakit TBC aktif.
ü  Menjaga standar hidup yang baik, dengan makanan bergizi, lingkungan yang sehat, dan berolahraga.
ü  Pemberian vaksin BCG (untuk mencegah kasus TBC yang lebih berat). Vaksin ini secara rutin diberikan pada semua balita.
ü  Perlu diingat bahwa mereka yang sudah pernah terkena TBC dan diobati, dapat kembali terkena penyakit yang sama jika tidak mencegahnya dan menjaga kesehatan tubuhnya.

Sahabat ragam yang setia, kita tidak boleh menyepelekan suatu penyakit, karena jika kita biarkan suatu penyakit dalam jangka waktu yang panjang maka bisa jadi penyakitnya tambah parah/kronis dan bahkan bisa juga menyebabkan kematian.

Demikianlah artikel tentang Penyakit TBC, sangat diharapkan kritik dan saran yang membangun. Semoga bermanfaat, salam ragam dan salam sehat.

Baca artikel terkait:
·         Khasiat dan Manfaat Lengkuas
·         12 Khasiat dan Manfaat Pegagan
·         8 Mitos Diabetes Yang Keliru

Kata kunci: penyakit TBC, penyebab TBC, gejala TBC, cara mencegah penyakit TBC, cara mengobati penyakit TBC.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penyakit TBC (Tuberculosis)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top