Khasiat dan Manfaat Daun Jambu Biji

Jambu biji adalah tanaman tropis yang khasiat dan manfaatnya sagat besar untuk kesehatan dan mulai diketahui oleh kalangan masyarakat. Siapa yang tidak tahu jambu biji? orang jawa biasa menyebutnya dengan istilah jambu kluthuk. Buah dan daun jambu biji memiliki warna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah serta memiliki rasa asam manis. Buah tanaman tropis ini sangat kaya dengan kandungan vitamin C dan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.
Khasiat dan Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Kandungan Senyawa Daun Jambu Biji

Perlu diperhatikan bahwa, dibalik buahnya yang kaya akan vitamin, ternyata daun jambu juga memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan senyawa kimia pada daun jambu biji antara lain alkohol, aldehida, alkohol aromatik, asam oksalat, asam guajavolat, asam krategolat, asam psidiolat, asam ursolat, asam mastinat, asam oleanolat, beta kariofilena, beta sitosterol, galiotanin, hidrokarbon alifatik, kadalena, kalsium, karbohidrat, kasuarinin, klorofil A, klorofil B, leukosianidin, sineol, tanin terkondensasi, minyak atsiri, gentiobiosida asam elagat, guajaverin, kalium, kuersetin, guavin A, guavin B, guavin C, guavin D, tanin yang dapat terhidrolisis, asam 2-alfa-hidroksi ursolat, unsur anorganik, isostriktinin, limonena, D limonena, DLlimonena, lutein, monoterpenoid, neo beta karotena U, nerolidol, pedunkulagin, pigmen, sesquiguavaena, sesquiterpenoid, stakiurin, striknin, telimagrandin I, triterpenoid.

Daun Jambu Biji untuk Kesehatan
 
Khasiat dan Manfaat Daun Jambu Biji

Ternyata khasiat dan manfaat daun jambu biji sudah digunakan sejak nenek moyang untuk dijadikan sebagai salah satu bahan dasar obat herbal dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan senyawa pada daun jambu biji berkhasiat untuk:
Rebusan Daun Jambu Biji


Mengobati Maag
Untuk mengobati maag, siapkan 8 helai daun jambu biji, rebus dengan satu setengah liter air. Kemudian minum secara rutin tiga kali sehari.

Mengobati diare
Untuk mengobati diare anda dapat memakan langsung daun jambu biji yang masih muda, atau bisa juga diracik menjadi sebuah ramuan. Caranya sangat mudah, enam helai daun jambu biji ditumbuk dan diberi satu mangkuk air hangat,  saring air tersebut kemudian di minum. Lakukan cara ini secara rutin dua kali sehari hingga sembuh.
Daun Jambu Biji untuk Kecantikan

Mengobati Luka
kandungan astrigent pada daun jambu biji ternyata mampu menghentikan pendarahan. Sehingga untuk mengobati luka, anda dapat menggunakan daun jambu biji. Caranya cukup mudah, kunyahlah 3 pucuk daun jambu biji kemudian tempelkan pada bagian yang luka.

Mengobati sariawan
Untuk mengobati sariawan menggunakan daun jambu biji anda dapat memanfaatkan satu genggam daun jambu biji dan satu potong kulit batang jambu biji, Rebus bahan tersebut menggunakan dua gelas air sampai mendidih, Setelah itu saring air rebusan tersebut. Minum ramuan ini dua kali sehari.
Daun Jambu Biji untuk Pengobatan

Ambeien adalah salah satu penyakit yang sangat merepotkan dan mengganggu dalam beraktifitas. Cara meracik obat ini yaitu dengan menumbuk daun jambu biji muda bersama dengan pisang batu. Anda dapat meminum air perasannya secara rutin hingga ambeien terobati.

Untuk mengobati keputihan yang sering dialami oleh sebagian wanita, anda dapat membuat ramuan menggunakan daun jambu biji. Caranya adalah rebus 2 genggam daun jambu biji dan 7 helai daun sirih dengan segelas air, saring dan minum dua kali sehari.
Pengobatan Tradisional Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk itu siapkan tujuh lembar daun jambu biji, dua genggam daun cermai dan sepuluh lembar daun sirih, cuci sampai bersih. Kemudian rebus dengan air sebanyak tiga gelas hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan tersebut setengah gelas di pagi hari dan setengah gelas pada malam hari.
Resep Pengobatan Daun Jambu Biji

Menghilangkan bau Mulut
Daun jambu biji dapat menghilangkan bau mulut tidak sedap. Anda dapat mengunyak 4 lembar daun jambu biji muda yang dicampur dengan sedikit garam untuk menghilangkan rasa sepat daun. Lakukan cara ini setiap hari satu sampai dua kali sehari. 
Obat Herbal Daun Jambu Biji

Mengobati masuk angin
Untuk mengobati masuk angin, sediakan sepuluh lembar daun jambu biji yang masih muda, satu buah cabai merah, tiga buah asam, satu potong gula merah dan garam secukupnya. Selanjutnya rebus bahan-bahan tersebut dengan satu liter air. Setelah mendidih saring dan minum airnya setelah dingin dua kali sehari.
Rebusan Air Daun Jambu Biji

Sekian sahabat RA (ragam alami) artikel tentang khasiat dan manfaat daun jambu biji untuk kesehatan.

Baca artikel lainnya:

Salam sehat, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan mengenai obat alami dari alam.

Kata kunci: Khasiat dan manfaat daun jambu biji, manfaat dan khasiat daun jambu biji, manfaat daun jambu biji, khasiat daun jambu biji, manfaat daun jambu biji untuk kesehatan, manfaat daun jambu biji untuk pengobatan, manfaat daun jambu biji untuk mengobati diare, obat diare, guava leaf.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Khasiat dan Manfaat Daun Jambu Biji"

Powered by Blogger.