Khasiat dan Manfaat Jambu Biji


Sahabat RA, tahukah kalian bahwa khasiat dan manfaat buah jambu biji sangat banyak bagi kesehatan? Jambu biji atau yang mempunyai nama latin Psidium Guajava adalah salah satu buah tropis berasal dari Brasil, yang dibawa ke Indonesia melalui Thailand. Buah ini memiliki kulit berwarna hijau  dengan daging buah berwarna putih dan merah. Jambu biji mempunyai tekstur keras dan rasanya asam-manis. Selain buah jambu biji yang kaya manfaat, daun jambu biji juga kaya akan kandungan senyawa kimia yang baik untuk kesehatan.
Khasiat dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jenis Jambu Biji


Ada banyak jenis jambu biji. Di antaranya jambu merah dan jambu putih. Buah ini bisa kita dapatkan di penjual jambu, supermarket ataupun langsung dari kebun jambu ketika musimnya tiba. Saat ini sudah banyak petani Indonesia yang membudidayakan jambu biji mengingat banyaknya manfaat buah ini dan nilai jual yang lumayan tinggi.

Manfaat Jambu Biji Merah


Manfaat Jambu Biji Putih

Kandungan Nutrisi Jambu Biji


Jambu biji mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti Viamin A, kelompok Vitamin B, Vitamin C, Mangan, Tembaga, Magnesium, Potasium, kandungan Serat, Antioksi dan beberapa kandungan .
Khasiat Jambu Biji untuk Pengobatan

Khasiat dan Manfaat Jambu Biji

Berikut beberapa manfaat buah jambu untuk kesehatan:

Buah Jambu Biji
Menurunkan Hipertensi (darah tinggi)
Kandungan hipoglikemik dan serat yang terkandung dalam jambu biji mampu menurunkan kadar kolestrol dan tekanan darah. Kita dapat mengkonsumsi jambu biji untuk memenuhi kebutuhan harian kita, karena 20% dari buah jambu berukuran sedang mengandung potasium. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa upaya untuk menurunkan tekanan darah dapat dilakukan dengan rajin mengkonsumsi potasium. Salah satunya ada di jambu biji ini.

Mengobati Sembelit
Jambu biji berukuran sedang mengandung 36% serat yang dapat memenuhi kebutuhan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.Kandungan mineral dan serat pada jambu biji juga melindungi selaput membran mukosa usus. Selain itu jambu biji mengandung laksatif yang berguna untuk membersihkan sistem pembuangan usus.

Membantu Penyerapan Nutrisi
Jambu biji mengandung mineral yang disebut mangan, yang berperan dalam membantu penyerapan nutrisi penting lainnya dari makanan yang kita konsumsi. Kualitas penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan akan mempengaruhi kebutuhan asupan gizi yang diperlukan tubuh.
Jambu Biji untuk Demam Berdarah

Membantu Kelenjar Tiroid
Kandungan tembaga yang terdapat dalam jambu biji sangat penting untuk membantu menjaga fungsi dari kelenjar tiroid. Masalah serius pada tubuh bisa timbul karena adanya masalah pada fungi kelenjar tiroid.

Manfaat Antioksidan
Jambu biji mengandungan Vitamin C tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh manusia, yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Senyawa antioksidan kuat lainnya dalam jambu biji adalah polivenol dan flavonoid seperti beta karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa antioksidan tersebut terkait dengan pengurangan resiko kanker tertentu, dan pencegahan dampak kerusakan sel akibat radikal bebas.

Manfaat untuk Kesehatan Pencernaan
Jambu biji mengandung serat alami yang mempunyai fungsi penting dalam menurukan kadar gula darah. Selain itu serat bermanfaat untuk menjaga sistem kesehatan pencernaan, dengan cara berperan sebagai proteksi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan racun, sehingga mengikat bahan kimia penyebabkanker di dalam usus besar dan mengeluarkannya bersama lembah.

Khasiat Jambu Biji
Manfaat Relaksasi
Kandungan magnesium yang terdapat dalam jambu biji berguna sebagai relaksan. Ketika otot dan saraf tubuh menegang, jambu biji dapat membantu mengendurkannya. Setelah seharian bekerja, jambu biji bisa menjadi salah satu alternatif buah yang dapat kita konsumsi dengan cara dibuat jus kemudian diminum. Hal ini akan membantu mengendurkan otot dan saraf tubuh serta memberikan dorongan sumber energi yang bagus.Vitamin B3 da B6 bermanfaat untuk membantu menjaga fungsi otak dengan cara menjaga aliran darah yang baik. Vit B6 atau pyridoxine adalah senyawa nutrisi yang baik untuk saraf, yang membantu membuat saraf Anda rileks.

Manfaat Jambu Biji Untuk Rambut
Kandungan vitamin A, vitamin C, Vitamin B, kalium, tembaga, mangan, serat, flavonoid dan lainnya yang terdapat dalam jambu biji merupakan sumber nutrisi. Dengan demikian juga sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut, pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok.

Membantu Perawatan Kulit
Kebutuhan kesehatan kulit dapat didukung oleh pemerolehan Vitamin C, antioksidan, dan karoten yang cukup. Untuk itu jamu biji sering kali dibuat untuk bahan pembuatan lotion untuk wajah dan tubuh.

Jambu Biji untuk Kecantikan
Sahabat RA,  itulah beberapa ulasan tentang manfaat mengkonsumsi jambu biji. Sebenarnya manfaat jambu biji putih dan merah hampir sama. Ada sedikit perbedaan dari zat warna merah yang terdapat dalam jambu merah. Jambu biji merah yang mempunyai kandungan betakaroten dan Vitamin A tinggi yang mempunyai manfaat utama menjaga kesehatan mata. Selain itu keistimewaan jambu biji merah lainnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah. Zat warna merah yang terdapat dalam jambu biji merah mampu meningkatkan kadar darah dan mengganti sel darah merah yang terkena virus demam berdarah. Sekian artikel khasiat dan manfaat jambu biji. Salam sehat dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Kata Kunci: Khasiat dan Manfaat jambu biji, khasiat dan manfaat buah jambu biji, manfaat jambu biji, khasiat jambu biji, manfaat buah jambu biji, khasiat buah jambu biji, khasiat dan manfaat jambu biji untuk kesehatan, khasiat dan manfaat jambu biji untuk perawatan kecantikan, guava.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Jambu Biji"

Post a Comment

Powered by Blogger.