Penyakit Ischialgia (Saraf Terjepit)



Selamat siang sahabat ragam bertemu lagi dengan saya, kali ini yang saya akan bahas tentang Penyakit Ischialgia. Para sahabat ragam tentunya masih asing dengan penyakit Ischialgia? Penyakit ischialgia (sciatica) atau  penyakit saraf terjepit yaitu suatu kondisi dimana Saraf Ischiadikus yang merupakan saraf di daerah bokong sampai kaki terjepit, dalam kasus itu yang terjepit adalah Saraf Ischiadikus sebelah kanan ataupun sebelah kiri. Penyakit ini mayoritas menyerang kaum laki-laki namun perempuan juga bisa mengalami dampak Penyakit ischialgia dengan sebab-sebab tertentu yang akan kita bahas nanti. Penyakit ischialgia dapat menyerang siapa saja, yang paling sering dijumpai adalah kaum laki-laki yang berusia 20-40 tahun. Penyakit ischialgia untuk orang yang sudah lanjut usia memiliki dampak yang hampir sama dengan penyakit osteoporosis. Penyakit ischialgia menyerang bagian organ saraf sehingga saraf dibagian organ tulang punggung. Penyakit ischialgia perlu diwaspadai karena dampak yang buruk terhadap tulang punggung kita dan dapat memperbesar resiko terjadinya penyakit lumpuh.
Penyakit Saraf Terjepit atau Ischialgia atau Sciatica
Saraf Terjepit (Sciatica)
GEJALA PENYAKIT ISCHIALGIA

Gejala yang ditimbulkan dari Penyakit ischialgia berupa rasa nyeri pada tubuh bagian bawah yaitu seperti nyeri pada daerah bokong, nyeri pada punggung bagian bawah, punggung bagian bawah terasa kaku, nyeri yang menjalar atau seperti rasa kesetrum mulai dari bagian bokong, daerah paha, betis dan bahkan sampai kekaki. Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh Penyakit ischialgia tidak boleh dibiarkan karena dapat berdampak buruk pada keadaan tubuh bagian bawah bahkan jika sudah mulai kronis untuk metode penyembuhannya dapat dilakukan operasi serta untuk operasi sendiri belum tentu dapat sembuh secara sempurna dan perlu diketahui banyak juga operasi yang gagal dan dapat berdampak pada kematian, timbul penyakit lain serta timbul penyakit yang sama yang diakibatkan dari kesalahan operasi atau alat operasi yang kurang steril atau bahkan memang efek yang ditimbulkan dari operasi tersebut. Maka dari itu Penyakit ischialgia tidak boleh disepelekan.

Baca Juga: Penanganan Penyakit Jantung dengan Meracik Ramuan Herbal

PENYEBAB PENYAKIT ISCHIALGIA

Penyakit ischialgia yang paling sering adalah menyerang pada kaum laki-laki karena Ischialgia sendiri disebabkan karena penjepitan saraf sedangkan penjepitan saraf sendiri umumnya disebabkan karena memakai celana yang ketat dan menyimpan dompet pada saku celana bagian belakang serta berposisi duduk yang kurang tepat. Itu sudah sangat jelas dapat menimbulkan penjepitan saraf yang biasanya menimbulkan nyeri serta rasa kaku baik dibagian bokong maupun bagian bawah tubuh lainnya. Penyebab lainnya yaitu seperti radang otot/kontraksi otot-otot daerah bokong, perkapuran pada tulang belakang serta adanya keadaan yang disebut Herniasi Nukleus Pulposus (HNP). 

Baca Juga: Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Penyakit Kaki Gajah

PENGOBATAN PENYAKIT ISCHIALGIA

Untuk penderita Ischialgia sebaiknya tidak mengkonsumsi obat-obatan dengan bahan kimia karena obat-obatan kimia akan berdampak pada timbulnya penyakit lain dan yang pada umumnya terjadi yaitu banyaknya toksin-toksin yang tidak dapat dinetralisir oleh organ hati maupun ginjal yang dapat berdampak pada ketidakseimbangan organ tersebut. Pengobatan Ischialgia yaitu sebagai berikut :
1.      Rehabilitasi saraf yang terjepit dengan terapi fisik pada tubuh bagian bawah
2.      Sering berolahraga namun jika sudah dirasa cukup lelah sebaiknya istirahat dan dilanjutkan lain waktu
3.      Operasi Disektomi yang dilakukan bagi penderita yang sudah kronis yang sangat merasa terganggu dalam melakukan aktifitas sehari-hari
4.      Selalu menjaga kebersihan. Walaupun sebenarnya tidak terlalu berpengaruh namun menjaga kebersihan harus selalu dilakukan untuk menghindari lingkungan dari berbagai penyakit.

TIPS AGAR TERHINDAR DARI PENYAKIT ISCHIALGIA:

a.       Hindarilah mengangkat barang-barang yang terlalu berat
b.      Hindarilah menyimpan dompet disaku belakang dengan celana yang agak ketat
c.       Saat menyapu/mengepel gunakanlah gagang sapu atau pel lantai yang agak panjang agar tidak terlalu bergantung pada punggung
d.      Jangan terlalu lama membungkukkan badan
e.       Lakukan olahraga yang rutin terutama back exercise agar punggung tetap kuat
Penyakit ischialgia dapat mengganggu kita dalam bergerak maupun melakukan aktifitas jalan, namun tidak usah khawatir, selalu melatih punggung dengan olahraga teratur, menjaga pola makan serta istirahat yang cukup merupakan langkah mudah menghindari penyakit Ischialgia. Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat, salam ragam!!!!!!!!!!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyakit Ischialgia (Saraf Terjepit)"

  1. ternyata penyakit ischialgia adalah saraf yang terjepit ya gan , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.