Kapulaga, Kecil Berkhasiat Besar

Artikel kali ini berjudul Kapulaga, Kecil Berkhasiat Besar. Kapulaga atau yang memiliki nama latin amomum compactum, adalah tanaman sejenis rumput yang dapat bertahan hidup bertahun-tahun, tinggi kurang lebih 1.5 meter. Pemanfaatan kapulaga kebanyakan digunakan untuk rempah bumbu masakan di  berbagai negara Asia, khususnya di India. Selain sebagai bumbu dapur, rempah-rempah ini juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai pengobatan untuk sariawan, masalah pencernaan, dan bahkan depresi. Tanaman rempah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Kapulaga kecil berkhasiat besar
Manfaat Kapulaga

Bagian kapulaga yang biasa dimanfaatkan sebagai obat yakni bagian akar, buah, serta batang kapulaga. Buah kapulaga mempunyai kandungan protein, pinene, myrcene, phellandrene, limonene, 1, 8-cineole, terpinene, p-cymene, terpinolene, linalool, linalyl asetat, terpinen, a-terpineol, asetat terpineol, sitronelol, nerol, geraniol, metil eugenol, dan trans-nerolidol. Kemudian kandungan senyawa kimia yang dimiliki kapulaga berfungsi sebagai anti-oksidan yang dapat membantu mencegah penyakit dan menjaga kesehatan.

Sifat terapeutik pada minyak kapulaga ini telah banyak digunakan sebagai obat-obatan tradisional sebagai antiseptik, antispasmodik, karminatif, menjaga pencernaan, diuretik, ekspektoran, stimulan, obat perut dan tonik. Sedang kandungan mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesiumnya dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Manfaat kapulaga diantaranya yakni :

Memperlancar Pencernaan dan Menjaga Kesehatan Lambung
Mengkonsumsi kapulaga dapat meningkatkan produksi air liur. Hal ini berarti, pencernaan makanan berlangsung lancar. Demikian pula dengan serat yang dikandung oleh kapulaga mampu mencegah sembelit. Serat yang dikandung oleh kapulaga baik untuk usus. Minyak atsiri di dalamnya dapat mencegah terjadinya gas pada perut, sehingga dapat mencegah perut kembung. Luka lambung yang biasa disebut ulkus dapat diobati oleh cineol, sejenis minyak yang terdapat pada kapulaga. Ini juga disebabkan oleh zat pada kapulaga yang bersifat anti-bakteri.

Dapat Menurunkan Resiko Kanker
Kandungan anti-karsinogenik dalam kapulaga dapat digunakan sebagai pencegah kanker. Dalam studi yang dilakukan oleh Sengupta et al. di Chittaranjan National Cancer Institute di Kolkata telah menunjukkan bahwa menggunakan kapulaga memiliki hasil positif dalam menangkal kanker kolorektal hingga 48%.

Meningkatkan Sirkulasi Darah
Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Nitte di Mangalore, India menunjukkan bahwa kandungan minyak atsiri kapulaga sangat efektif dalam meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga hal ini digunakan dalam berbagai terapi tradisional seperti aromaterapi untuk mengobati gejala asma dan bronkitis dengan meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru.

Menjaga Kesehatan Ginjal
Beberapa penelitian yang dilakukan membuktikan khasiat buah kapulaga sebagai diuretik yang mampu melancarkan pengeluaran urin. Khasiatnya ini ikut membantu melindungi ginjal dari beragam penyakit. Kemampuan diuretik ginjal juga bermanfaat untuk mencegah penyakit nefritis, sistitis, serta penyakit lain yang berhubungan dengan saluran urin.

Menjaga Kesehatan Jantung
Dalam studi penelitian yang dilakukan di Departemen Farmakologi dan Farmasi di College of Pharmacy Raja Saud University, Arab Saudi menunjukkan bahwa penggunaan kapulaga pada pasien penderita kardiovaskular dapat mengendalikan irama detak jantung serta mengendalikan hipertensi dan melancarkan peredaran darah.

Anti Depresan
Kandungan minyak esensial dari kapulaga merupakan salah satu minyak yang memiliki sifat antidepresan yang digunakan sebagai aromaterapi.

Mengobati Nyeri Sendi
Kapulaga bersifat analgesik, menghilangkan nyeri otot, rasa sakit, dan kejang. Kapulaga juga bersifat anti-inflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengobati peradangan pada gusi.

Menjaga Kesehatan Mulut dan Mengobati Sakit Gigi
Kandungan antibiotik yang ada dalam kapulaga dipercaya mampu mengobati sakit gigi dan dengan mengunyan kapulaga juga dapat membuat mulut harum.

Mencegah Osteoporosis
Kandungan vitamin C, kalsium, dan mangan yang terdapat dalam kapulaga dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

Mengobati Flu dan Batuk
Kapulaga juga dapat membantu mengobati gejala flu dan batuk, yaitu dengan  memberikan efek menenangkan, kandungan rasa pedas pada kapulaga juga dapat memberi efek hangat dan membantu mengencerkan dahak, sehingga hal tersebut dapat mengurangi penyumbatan hidung dan tenggorokan akibat lendir.

Merawat Rambut
Kapulaga juga dapat membantu menghilangkan bahan beracun dari sistem internal, dimana hal tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan rambut yaitu dengan memberikan nutrisi yang penting untuk kulit kepala. Sehingga dapat menjaga kelembaban kulit kepala, menguatkan akar rambut, menghilangkan ketombe, dan membuat rambut lebih bersih dan berkilau.

Menjaga Kesehatan Kulit
Untuk mendapatkan kulit bersinar dan kenyal, Vitamin C pada kapulaga efektif untuk kesehatan kulit anda. Jerawat dan flek hitam pun dapat dicegah dengan mengkonsumsi kapulaga. Ini karena kapulaga bersifat anti-inflamasi. Sedang sifat anti-bakteri pada kapulaga efektif mempertahankan kesehatan kulit dari alergi.

Mengontrol Kolesterol
Mikronutrien yang ditemukan dalam kapulaga dipercayai dapat membantu mengatasi lonjakan lipid dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan di Toxicology Divisi Farmakologi dan di Hindustan India oleh Dhuley dengan percobaan enzim antioksidan hati dan jantung dari kapulaga pada tikus, yang diberi makan diet tinggi lemak menunjukkan bahwa enzim antioksidan memiliki pengaruh pada tingkat kolesterol dengan membantu mengendalikannya secara signifikan.

Menurunkan Resiko Penyakit Gastrointestinal
Ekstrak metanol dari kapulaga merupakan komponen penting yang dapat membantu mengendalikan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan kram perut. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa minyak atsiri dalam kapulaga secara efektif dapat mengurangi gangguan pencernaan.

Mengeluarkan Racun dalam Tubuh
Kapulaga dikenal sebagai agen detoksifikasi karena memiliki kandungan minyak esensial dan biokimia yang dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Racun yang kian menumpuk dalam tubuh akibat dampak radikal bebas dapat menyebabkan beberapa penyakit, termasuk kanker dan penuaan dini. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan nutrisi dalam kapulaga sangat efektif dalam melawan sel-sel kanker.

Antimikroba
Kapulaga mengandung sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa mikroba yang sangat berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Sebagai Antioksidan Alami
Minyak kapulaga yang berasal dari biji kapulaga memiliki antioksidan yang limpah. Minyak kapulaga bisa mencerahkan warna kulit serta meremajakan sel-sel kulit. Minyak ini juga biasa digunakan sebagai bahan pelembap bibir untuk mengatasi bibir kering.

Meredakan Sakit Kepala
Kayu cendana dan kapulaga sering digunakan oleh orang India dalam bentuk pasta. Menambahkan kapulaga ke dalam minuman teh atau susu, efektif dapat meredakan sakit kepala.

Mengobati Sakit Tenggorokan
Kapulaga juga sangat baik digunakan sebagai obat kumur, yaitu dengan cara mencampurkannya dengan kayu manis lalu direbus. Hasil rebusan tersebut dapat digunakan sebagai oba kumur yang dipercaya mampu mengobati rasa sakit pada tenggorokan.

Mengobati Kejang Otot
Kejang otot merupakan gangguan yang sering dialami oleh orang-orang lanjut usia. Hal ini disebabkan oleh terjadinya kontraksi otot secara tiba-tiba. Ketika hal itu terjadi, dapat memicu timbulnya rasa sakit pada bagian tersebut. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa kapulaga dapat digunakan untuk mengontrol kejang otot.

Mengobati Asma
Kapulaga juga dapat digunakan sebagai obat untuk asma dan masalah pernapasan lainnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak mentah dari kapulaga cukup efektif dalam membuka penyempitan saluan udara dalam tubuh serta efektif dalam menciptakan relaksasi pada jaringan trakea.

Mencegah Pembekuan Darah
Kandungan senyawa dalam kapulaga juga dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan darah yang berbahaya, yaitu dengan mencegah agregasi platelet yang menempel pada dinding arteri.

Mencegah Penuaan Dini
Sifat antioksidan minyak esensial yang dimiliki kapulaga sangat efektif membantu mencegah terjadinya penuaan dini yaitu dengan menghilangkan keriput, garis-garis halus dan bintik-bintik hitam.

Kapulaga, Kecil Berkhasiatnya Besar itulah ulasan tentang manfaat-manfaat dari kapulaga. Jika sahabat ragam tertarik untuk mencoba, perhatikanlah kadar konsumsi yang tepat untuk tubuh anda. Kelebihan dosis dapat menyebabkan efek samping seperti alergi kulit yang disebut dengan dermatitis, gatal-gatal, gangguan pernapasan, komplikasi batu empedu, serta menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

Kata kunci : Manfaat kapulaga untuk kesehatan, khasiat kapulaga untuk kesehatan, kapulaga untuk mencegah kanker, kegunaan buah kapulaga, mengobati asma dengan kapulaga, mencegah penuaan dini dengan kapulaga, apa saja manfaat kapulaga untuk kesehatan dan kecantikan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kapulaga, Kecil Berkhasiat Besar "

  1. wah ternyata kapulaga memiliki banyak sekali khasiatnya , terimakasih informasinya gan ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.