15 Manfaat Bawang Merah

Bawang merah (Allium cepa L. var Aggregatum) adalah salah satu tanaman yang dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dalam berbagai masakan masyarakat Indonesia, Asia Tenggara, dan dunia. Manfaat Bawang merah sehingga menjadikannya populer di dunia kesehatan adalah khasiatnya dalam memerangi penyakit kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Selain itu bawang merah merupakan antioksidan yang sangat efektif dalam memerangi virus, kuman, dan menangkal radikal bebas di dalam tubuh.
Khasiat dan Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

 Masyarakat jawa mengenal bawang merah dengan istilah brambang sedangkan dalam bahasa inggris dikenal dengan onion (red onion). Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan ternyata bawang merah juga digunakan sebagai bahan untuk pengobatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kecantikan.


KANDUNGAN NUTRISI DAN SENYAWA BAWANG MERAH

Sebutir bawang merah mengandung vitamin C, serat, asam folat, sulfur, kalsium, zat besi dan kalium. Selain itu brambang mengandung beberapa senyawa seperti sikloaliin, Minyak atsiri, metilaliin, dihidroaliin, flavonglikosida, quersetin, saponin, peptida, fitohormon auksin dan giberelin.

Khasiat dan Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Benefits of Red Union
MANFAAT BAWANG MERAH UNTUK KESEHATAN

Dengan kandungan nutrisi dan senyawanya, bawang merah dimanfaatkan untuk pengobatan dan pencegahan penyakit. Selain itu bawang merah juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat bawang merah :


MANFAAT BAWANG MERAH UNTUK PENCEGAHAN PENYAKIT

Mengurangi resiko penyakit Hati
Senyawa dan nutrisi bawang mentah dipercaya dapat melindungi hati dari penyakit seperti penyakit koroner.

Mengurangi resiko penyakit Jantung
Dengan kandungan sulfida metilaliin dan asam-amino sulfur pada bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Senyawa ini juga mampu membuka arteri yang tersumbat, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Menurunkan risiko Diabetes
Mengkonsumsi bawang merah mentah dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Sehingga penderita diabetesdianjurkan untuk mengkonsumsi bawang mentah secara rutin.

Mencegah pertumbuhan sel Kanker
Dengan kandungan sulfur yang tinggi pada bawang merah, dapat melindungi tubuh dari pembesaran usus. Selain itu vitamin C maupun allium yang terdapat pada brambang dapat mencegah radikal bebeas penyebab kanker, termasuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, paru paru dan kanker prostat.

Mengontrol tekanan darah
Bawang merah yang dikonsumsi mentah atau diolah menjadi jus, dipercaya dapat menstabilkan tingkat tekanan darah. Kandungan quercetin (flavonol antioksidan) pada Bawang merah mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan produksi darah dan juga mengurangi kemungkinan stroke jantung.
Khasiat dan Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan


MANFAAT BAWANG MERAH UNTUK PENGOBATAN

Mengobati Sembelit (susah buang air besar)
Bawang merah mentah mengandung Serat yang dapat membantu keluarnya toksin atau partikel makanan yang susah untuk dicerna dalam usus. Sehingga hal ini dapat melancarkan proses pembuangan makanan sisa pencernaan dalam tubuh.
Khasiat dan Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Menurunkan Kolesterol Jahat
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Bawang merah mengandung sulfida metilaliin dan asam-amino sulfur yang dapat menjaga kolesterol baik dan mengusir kolesterol jahat di dalam darah.

Meredakan sakit Tenggorokan dan Batuk
Bawang merah juga dikenal sebagai obat pereda batuk dan sakit tenggorokan. Bawang merah ini bisa diparut kemudian dicampur dengan minyak telon kemudian balurkan pada punggung atau sekitar dada dan tenggorokan.

Mengobati Perut Kembung
Untuk mengobati perut kembung, bawang merah diparut dan dicampur minyak telon kemudian di balurkan pada sekitar pusar.

Mengatasi Wasir
Mengkonsumsi bawang merah mentah dapat menghentikan perdarahan dan mengurangi rasa nyeri pada penderita wasir atau ambeien.

Mengobati Depresi
Kandungan Folat pada bawang merah dapat mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon dopamine, serotonin, dan norepinephrine, yang mengatur  suasana hati, tidur dan nafsu makan.

Khasiat dan Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

MANFAAT BAWANG MERAH UNTUK PERAWATAN

Manfaat bawang merah mungkin masih kalah populer dibanding bawang putih. Akan tetapi bawang merah juga memiliki manfaat di bidang kecantikan terutama untuk perawatan rambut. Berikut ini beberapa manfaat bawang merah untuk rambut :

Mengatasi ketombe
Bahan: bawang merah, lemon, madu, dadih
Cara Pembuatan: Cuci bawang merah untuk kemudian dibuat jus. Campur jus bawang dengan lemon, dadih, dan beberapa tetes madu.
Cara Pemanfaatan: Oleskan campuran tersebut pada rambut dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan sampo untuk menyingkirkan ketombe secara alami. 

Mengobati rambut rontok
Bawang merah kaya akan sulfur. Senyawa ini yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut. Buatlah jus bawang merah terlebih dahulu. Pijat kulit kepala dengan minyak kelapa selama 30 menit untuk membuka pori-pori kulit kepala, kemudian oleskan jus bawang merah. Yang terakhir, tutup rambut Anda dengan handuk hangat untuk menguapkan rambut.

Menumbuhkan rambut
Kandungan Sulfur dalam bawang merah ternyata tidak hanya mengurangi rambut rontok, tetapi juga menginduksi pertumbuhan rambut. Caranya, anda dapat Memijat kulit kepala dengan jus bawang merah dicampur dengan coconut oil selama 40 menit. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mengakibatkan pertumbuhan rambut baru.
 
Menyembuhkan infeksi kulit kepala
Infeksi kulit kepala karena jamur dapat merusak rambut dan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Caranya hampir sama dengan beberapa perawatan di atas, yakni menggunakan jus bawang merah. Selain mengobati infeksi kulit kepala, bawang merah juga membantu membuka pori-pori yang tersumbat dari folikel rambut.



Kata kunci yang sering dicari:15 Manfaat Bawang merah, manfaat bawang merah, khasiat bawang merah, manfaat bawang merah untuk kesehatan, manfaat bawang merah untuk kecantikan, manfaat bawang merah untuk pengobatan, manfaat bawang merah untuk mengobati sembelit, manfaat bawang merah untuk menurunkan kolesterol, manfaat bawang merah untuk mengobati depresi, manfaat bawang merah untuk mengobati wasir, manfaat bawang merah untuk mengobati perut kembung, manfaat bawang merah untuk mengobati batuk, manfaat bawang merah untuk mencegah kanker, manfaat bawang merah untuk mencegah penyakit jantung, manfaat bawang merah untuk mencegah penyakit hati, manfaat bawang merah untuk mencegah penyakit diabetes, red onion, benefit onion

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "15 Manfaat Bawang Merah"

  1. saya akan mencoba nya nanti dirumah gan,,soal nya cra membuat nya gamoang sekali,,

    ReplyDelete
  2. terimakasih informasinya gan , sangat bermanfaat ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.