Aturan Minum Air Putih yang Benar dan Baik untuk Kesehatan

Pagi sahabat ragam, Bagaimana sih Aturan Minum Air Putih yang Benar dan Baik untuk Kesehatan? Banyak pendapat yang simpang siur mengenai aturan minum air yang baik untuk kesehatan manusia. Sehingga saya mengutip artikel ini dengan harapan dapat memberikan referensi yang bermanfaat. 
Aturan Minum Air Putih Yang Benar dan Baik Untuk Keehatan
Aturan Minum Air
sumber gambar: www,tempokini,com

Hubungan Antara Ginjal dan Kebutuhan Air

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi mengolah air maupun menggunakan air untuk membuang kelebihan racun dan sampah dari peredaran darah kita. Untuk dapat menjalankan fungsinya, Ginjal memerlukan sekitar 250 ml (1 gelas) air setiap jamnya, sehingga berdasarkan hal tersebut kita disarankan untuk minum 8-10 gelas air setiap hari.

Perlu kita pahami bersama bahwa Ginjal tidak dapat mengolah air putih lebih dari 250 ml dalam sekali kerja. Jika kita minum lebih dari jumlah ini, apalagi dalam jarak kurang dari 1 jam, akan membuat ginjal kelelahan. 

Jangan Minum Air Terlalu Banyak Saat Makan dan Sesudah Makan

Kita harus perhatikan juga bahwa saat sedang makan dan sesudah makan kita tidak boleh minum air terlalu banyak. Karena saat makanan sedang memenuhi lambung, enzim-enzim pencernaan akan bekerja mengolah makanan. Jika diisi dengan air, kerja enzim-enzim tersebut akan terganggu, dan malah mencemari makanan yang kita makan, sehingga zat-zat gizi malah tidak dapat diserap. 

Akibat Minum Air Kurang Dari 2 Liter Sehari

Apa yang terjadi jika kita mengkonsumsi kurang dari 8 gelas (2 liter) sehari? Jika hal itu yang terjadi maka tubuh akan menyeimbangkan diri. Tubuh akan "menyedot" (menyerap) air dari komponen tubuh itu sendiri. Salah satu komponen tubuh yang mengandung air paling banyak adalah darah. Tubuh akan menyerap air dalam darah sehingga darah yang disedot airnya akan berubah menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka peredaran darah menjadi kurang lancar dibandingkan darah yang encer. Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental dapat menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, maka ginjal anda tidak bisa lagi menyaring racun dalam darah sehingga perlu dilakukan cuci darah setidaknya seminggu sekali.

Saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya juga agak terhambat. Otak tidak lagi "encer", karena sel-sel otak merupakan bagian yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, maka lambatnya aliran darah ini dapat menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika keadaan seperti ini anda juga mempunyai penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental), maka dapat memicu datangnya serangan stroke. 

Dari keterangan di atas, Sekarang tinggal anda pilih, mau minum sedikitnya 8 gelas (jangan berlebihan) sehari atau kesehatan tubuh anda dapat terganggu bahkan memicu penyakit ginjal atau penyakit stroke. Memang perlu kesadaran untuk membiasakan hal ini, akan tetapi perlu di ingat juga bahwa Mencegah lebih baik dari pada mengobati karena Kesehatan itu adalah amanah dan nikmat yang luar biasa. 

Sekian artikel tentang Aturan Minum Air Putih yang Benar dan Baik untuk Kesehatan. Silahkan SHARE kepada orang-orang di sekitar kita, semoga dapat menjadi ILMU dan AMAL yang bermanfaat di dunia sampai akhirat. Amin…

Baca artikel terkait:

Kata kunci: aturan minum air putih, cara minum air putih yang baik, aturan minum air putih yang baik untuk kesehatan tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Aturan Minum Air Putih yang Benar dan Baik untuk Kesehatan"

  1. Replies
    1. Alhamdulillah, sama sama... semga bermanfaat buat yang lainnya juga

      Delete
  2. terimakasih banyak, sangat menarik sekali nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sama sama... semga bermanfaat buat yang lainnya juga

      Delete

Powered by Blogger.