Manfaat Cara Hidup Sehat

Tips cara hidup sehat, manfaat dan khasiat buah, daun, akar untuk pengobatan alternatif alami berbagai macam penyakit

Alasan Kenapa Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanaskan Kembali



Memanaskan sayur merupakan satu kebiasaan bagi sebagian besar orang terutama para ibu. Namun taukah anda? Jika Tidak semua jenis sayur dapat dipanaskan untuk kedua kalinya, sebagai contoh sayur bayam. Mungkin sudah menjadi mitos bahwa sayuran ini dapat berubah menjadi racun ketika dipanaskan kembali atau terlalu lama dibiarkan setelah matang. Kenapa bisa seperti itu?
Alasan Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanaskan Kembali
Sup Sayur Bayam
Bayam adalah jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin A, B, C, zat besi, kalium, fosfor, dan zinc. Sudah tidak diragukan lagi, khasiatnya sebagai antioksidan, menurunkan deman, mengatasi kurang darah, ataupun membantu mengatasi berbagai macam penyakit membuktikan jika sayur ini sangat baik jika dikonsumsi. 

Kandungan zat folic di dalam bayam mampu melindungi otot-otot jantug dari meningkatnya kadar glukosa yang mudah larut. Akan tetapi ada hal yang perlu diwaspadai. Kandungan nitrat yang terdapat dalam bayam akan berubah menjadi asam nitrat, seperti cairan korosif tak berwarna yang merupakan asam berbahaya bagi tubuh. 

Senyawa ini juga merupakan asam beracun yang dapat menimbulkan luka bakar, ditambah lagi asam nitrat ini dapat berubah menjadi nitrosamine, yakni bahan yang menyerupai zat karsinogen yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Hal tersebut disebabkan akibat pemanasan suhu berulang-ulang.

Selain itu juga beberapa sayuran atau masakan yang tidak baik untuk dipanaskan kembali seperti jamur, kentang, dan gorengan. Sekian artikel tentang Alasan Kenapa Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanaskan Kembali, semoga menjadi ILMU dan AMAL yang bermanfaat.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Alasan Kenapa Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanaskan Kembali"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top