Penyakit Liver: Penyebab dan Cara Pencegahannya

Apa kabar sahabat ragam? Kali ini saya akan membahas tentang bahaya Penyakit liver penyerang hati yang meliputi pengertian penyakit liver, penyebab penyakit liver, ciri-ciri atau tanda-tanda penyakit liver serta cara mencegah penyakit liver. Sebelum kita membahas tentang penyakit liver, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu hati? Hati adalah salah satu organ dalam tubuh kita yang mempunyai peran yang sangat penting dan memiliki berbagai macam fungsi seperti sebagai tempat penyimpanan zat-zat mineral (seperti zat besi, kalium dan tembaga), sebagai tempat pembentukan plasma darah dan zat pembeku darah, tempat pembakaran gula, sebagai pembentuk kolesterol dan sebagai tempat penyimpanan cadangan air. Fungsi hati sangatlah penting, disisi lain hati juga berfungsi sebagai pengubah lemak menjadi asam lemak. Serta zat-zat toksin / racun yang masuk dari luar tubuh maupun yang terbentuk dari dalam tubuh dibuang ke organ hati bersama empedu dan menuju ke usus. Maka dari itu apabila hati tidak berkerja secara maksimal maka akan terjadi ketidak seimbangan di dalam tubuh yang biasanya disebut dengan penyakit liver
Penyakit Liver Penyebab Gejala Pencegahan Pengobatan
Penyakit Liver
Penyakit hati atau liver adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis A, hepatitis B, hepatitis non A dan hepatitis non B serta konsumsi makanan yang mengandung zat-zat seperti antibiotika, parasetamol serta makanan-makanan cepat saji (fast food) sangat dominan memicu penyakit liver atau radang hati. Maka dari itu hindarilah makanan-makanan yang banyak mengandung zat kimia.

Tanda-Tanda atau Ciri-Ciri Penyakit liver
Tanda-tanda penyakit liver yaitu sebagai berikut :
·         Mudah cepat lelah, letih dan lesu
·         Hilangnya nafsu makan
·         Mual, muntah dan disertai diare
·         Perubahan pada warna kulit dan bola mata berwarna kekuningan bahkan sampai berwarna kuning
·         Nyeri di bagian sisi kanan perut
·         Perubahan warna coklat atau kecoklatan seperti air teh pada warna air seni
·         Terkadang disertai nyeri pada persendian

Penyebab Penyakit liver
Adapun sebab-sebab penyakit liver atau radang hati yaitu sebagai berikut :
·         Pola hidup atau aktivitas sehari-hari yang tidak teratur seperti olahraga yang berlebihan tanpa diimbangi dengan pola makan yang berimbang, teratur dan menyehatkan.
·         Minum-minuman yang berkadar alkohol, kebiasaan merokok, fast food, minuman yang bersoda, makanan dengan zat pengawet
·         Mengkonsumsi obat-obatan yang yang banyak mengandung zat kimia yang berlebihan
·         Mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak higienis
·         Lingkungan yang tidak bersih
·         Depresi dan stress

Penanggulangan Penyakit liver
Cara penanggulangan atau mencegah penyakit liver yaitu sebagai berikut :
·         Selalu berolahraga secara rutin, hindarkan diri dari makanan-makan yang cepat saji dan hidarilah makanan yang berlemak serta makan-makanan yang berimbang 4 sehat 5 sempurna
·         Selalu menjaga kondisi lingkungan agar selalu tetap bersih dan terhindar dari berbagai penyakit terutama penyakit liver.
·         Budayakan tidak mengkonsumsi obat-obatan dari bahan-bahan yang banyak mengandung zat kimia serta mendahulukan untuk mengkonsumsi obat-obatan tradisional dari alam seperti memanfaatkan temulawak, kunyit, pegagan, dan sambiloto.
·         Hindarkan diri dari sifat emosi yang berlebihan, sering murung sendiri karena faktor tersebut dapat memicu stress atau depresi, sedangkan stress atau depresi tersebut merupakan penyebab dari penyakit liver atau radang hati.
·         Budayakan untuk mengkonsumsi minuman air mineral, sekurang-kurangnya 1,5 liter sampai 2 liter per hari.
·         Istirahat yang cukup
·         Memeriksakan diri sejak dini ke dokter dan jika mengalami gangguan-gangguan terutama pada hati dserta sudah tervonis radang hati / liver maka eksploitasilah secukupnya obat tradisional atau jika perlu dilakukan operasi atau pembedahan untuk pengobatan liver.

Sahabat ragam yang setia, kita sudah membahas tentang penyakit liver atau radang hati. Jika dibiarkan penyakit liver akan sangat menyiksa tubuh kita karena hati kita merupakan organ ekskresi yang sangat berperan dalam menetralkan toksin tubuh sehingga jika kita membiarkan liver atau radang hati tanpa pengobatan makan penyakit ini bisa saja menyebabkan kematian. Sedangkan pada umumnya jika seseorang sudah tervonis penyakit liver akan mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia sedangkan disisi lain obat tradisional banyak dan mudah didapat dari alam sekitar.

Sekian artikel tentang Penyakit Liver, Penyebab dan Cara Pencegahannya. Semoga bermanfaat.

Baca artikel terkait:
·         Khasiat dan Manfaat Bunga Lili
·         Penyakit Stroke
·         Penyakit TBC

Kata kunci: penyakit liver, penyebab penyakit liver, gejala penyakit liver, ciri-ciri penyakit liver, tanda-tanda penyakit liver, cara mencegah penyakit liver, bahaya penyakit liver.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyakit Liver: Penyebab dan Cara Pencegahannya"

  1. terimakasih informasi seputar penyakit liver dan pencegahannya gan , sangat bermanfaat sekali ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.