Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa

Assalamu’alaikum, Selamat Pagi Sahabat Ragam, semoga tetap bersemangat dalam beraktivitas. Bagaimana puasanya hari ini? Adakah kendala yang berarti? Semoga saja tidak, sehingga kita bisa menjalankan ibadah puasa ini dengan lancar dan maksimal. 

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa. Bulan Ramadan adalah bulan di mana seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa. Sehingga kita harus menjaga asupan gizi, terutama saat kita makan sahur dan juga berbuka puasa. Karena, makanan maupun minuman yang bergizi dan seimbang saat makan sahur dan berbuka puasa sangatlah penting untuk menjaga daya tahan dan kekuatan kita saat berpuasa. Makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat sangat baik untuk tubuh, terutama bagi orang yang sedang berpuasa. Makanan tersebut membantu melepaskan energi secara perlahan saat kita berpuasa berpuasa. Makanan dengan karbohidrat dan protein yang tinggi dapat dengan mudah kita temukan pada bahan makanan seperti gandum, oat, kacang-kacangan, ikan, buah-buahan, dan sayuran.

Nabi Muhammad SAW pun memiliki makanan sehat yang menjadi favoritnya, seperti susu domba atau kambing, serta gandum. Di dalam Al-Qur'an juga disebutkan beberapa jenis makanan yang menyehatkan, seperti zaitun, bawang, mentimun, buah ara, kurma, anggur, serta kacang-kacangan.

Nah, sekarang masalahnya apakah makanan yang kita konsumsi selama berpuasa ini sudah benar dan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kita? Di bulan puasa, terkadang kita suka mengkonsumsi makanan tanpa memperhatikan apakah makanan itu mengandung nutrisi dan baik untuk kesehatan atu tidak. Kita cenderung untuk memakan makanan yang praktis, menyegarkan, sekaligus mengenyangkan. Padahal di luar sana terdapat banyak sekali makanan yang tidak cocok untuk kita konsumsi selama berpuasa. Misalnya saja makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan juga beberapa makanan lain yang tentunya tidak cocok untuk kita konsumsi selama berpuasa. Nah, pada kesempatan ini saya akan membagikan informasi Makanan yang harus dihindari saat Berpuasa, agar tubuh kita tetap terjaga kesehatan dan kebugarannya selama 1 bulan penuh. Mari kita simak.

1. Hindari Makanan yang Pedas
Faktanya, makanan pedas yang kita konsumsi saat berpuasa dapat merusak dinding lambung. Hal ini terjadi karena dinding lambung kita sangat sensitif terhadap rasa pedas. Sebaiknya, konsumsilah makanan yang tidak pedas, namun tetap memiliki kandungan nutrisi yang kita butuhkan. Hindari juga makanan yang mengandung banyak merica, karena sifatnya yang pedas. Akan lebih baik jika kita mengkonsumsi sayur-sayuran hijau, ataupun kacang-kacangan.
Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa
Makanan Pedas
2. Kurangi konsumsi Kopi dan Teh
Sebagai informasi, kopi dan teh mengandung kafein yang tinggi. Terlebih lagi, kopi memiliki kandungan kafein yang tidak baik untuk lambung. Saat berpuasa, lambung kita tidak terisi lebih dari 14 jam, yang menyebabkan asam lambung kita akan meningkat. Hal ini tentunya akan membuat kita merasa mual. Sebaiknya anda mengurangi atau bahkan menghindari meminum kopi dan teh saat berbuka ataupun saat santap sahur. Alangkah lebih baik jika kita memperbanyak konsumsi air putih agar kita terhindar dari dehidrasi selama berpuasa.

3. Hindari makanan yang mengandung Keju dan Coklat
Sebagai informasi, makanan yang mengandung Keju ataupun Coklat akan sangat sulit dicerna oleh tubuh kita. Hal ini dapat mengakibatkan lambung lambat untuk memprosesnya, sehingga menyebabkan perut menjadi kembung. Lebih baik jika anda mengkonsumsi buah-buahan segar yang pastinya kaya akan kandungan serat, vitamin, dan juga glukosa yang sangat baik untuk orang yang akan menjalankan ibadah puasa.

4. Kurangi konsumsi Gorengan
Gorengan adalah salah satu makanan favorit untuk berbuka puasa, maupun santap sahur. Banyak sekali jenis dari gorengan ini, antara lain tempe, tahu, bakwan, pisang goreng, dan banyak lagi.
Sebagai informasi, makanan yang digoreng dengan minyak yang tidak sehat, bisa memicu keluarnya asam lambung. Lebih baik kita menghindari memakan gorengan saat berbuka puasa, karena saat berpuasa perut kita sangatlah sensitif. Hal ini membuat asam lambung dapat meningkat dengan cepat. Lebih baik kita mengkonsumsi buah Kurma saat berbuka puasa, seperti sunnah Rasulullah SAW. Selain karena rasanya yang manis, buah Kurma terbukti mengandung glukosa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, apalagi saat berbuka puasa.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang harus kita hindari saat kita berpuasa. Makanan di atas perlu kita hindari karena bisa memicu banyak hal negatif bila kita konsumsi saat bulan puasa. Akan lebih baik jika kita mengkonsumsi makanan yang berserat maupun makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Ingat, saat berpuasa perut kita tidak mendapatkan asupan nutrisi selama 14 jam, maka dari itu konsumsi sayur ataupun buah segar dikala berbuka puasa maupun saat santap sahur sangatlah penting. 

Sekian artikel tentang Makanan yang harus dihindari saat Berpuasa, semoga ibadah puasa kita senantiasa lancar dan tetap sehat sampai hari raya Idul Fitri tiba. Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam Ragam, salam Sehat.
Wassalamu’alaikum.

Baca artikel terkait:

Kata kunci: puasa, bulan ramadhan, makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa, makanan yang perlu dihindari saat sahur.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa"

Powered by Blogger.