Efek Negatif dari Konsumsi Garam Secara Berlebih

Makanan tanpa garam tentu akan terasa sangat hambar dan bisa dipastikan setiap harinya manusia mengkonsumsi garam. Garam adalah mineral yang terdiri dari 40 persen natrium dan 60 persen klorida. Mineral tersebut penting bagi tubuh. Kandungan Natrium klorida yang berfungsi untuk mengatur kandungan air di dalam tubuh dan juga membantu dalam transmisi impuls dari saraf ke otak. Selain itu garam juga digunakan untuk mengobati masalah seperti dysautonomia penyakit atau kerusakan sistem pada saraf otonom, namun kelebihan garam dalam tubuh juga menyebabkan efek yang serius pada kesehatan. Apa saja EfekNegatif dari Konsumsi Garam Secara Berlebih ?

Efek negatif dari konsumsi garam secara berlebih
Bahaya Kelebihan Garam dalam Tubuh

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga memicu munculnya penyakit serius lainnya seperti jantung, parlysis, dan stroke.  Penelitian yang telah dilakukan oleh berbagai ahli kesehatan menunjukkan jika tekanan darah tinggi dengan asupan garam tinggi ditemukan dalam rekam medis sejak tahun 1994.

Penyakit Kardiovaskuler

Tekanan darah yang tinggi bisa mengakibatkan seseorang terkena penyakit serius yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti jantung dan kelumpuhan stroke. Diketahui mengurangi asupan 1 gram garam bisa mengurangi risiko stroke hingga seperenamnya.


Mereka yang mengonsumsi sedikit garam kurang rentan untuk mengidap stroke. Bahkan, penelitian menyebutkan, mengurangi satu gram asupan garam dapat menekan risiko mengalami stroke hingga seperenam. Jika dikurangi dua gram, risiko menurun hingga sepertiga, dan jika dikurangi tiga gram, kemungkinan terkena stroke berkurang hingga setengahnya.

Pembengkakan Jantung 

Catatan medis menemukan asupan garam yang tinggi bisa membuat seseorang berisiko menderita left ventricular hypertrophy (pembesaran dari jaringan otot yang membentuk dinding utama jantung untuk memompa). Akibat meningkatnya jumlah natrium dalam tubuh. Jika terlalu banyak mengkonsumsi garam, ginjal akan kesulitan menghilangkan kelebihan garam tersebut dan tubuh akan menahan cairan, sehingga menyebabkan pembengkakan di sekitar jantung.

Gangguan Sistem Pencernaan Makanan

Garam berlebih yang masuk ke tubuh bisa berinteraksi dengan bakteri H.pylori yang menyebabkan ulkus (luka) pada perut dan duodenum. serta konsumsi garam yang berlebih bisa mengurangi jumlah pepsin (enzim pencernaan) di dalam tubuh yang akan meningkatkan keasaman dan diare. Tak cukup hanya itu saja, tingginya asupan garam bahkan dapat menimbulkan kanker perut dan kanker lambung   
Peningkatan Sekresi Empedu

Seseorang yang terlalu banyak banyak menyantap makanan dengan kandungan garam tinggi dapat menyebabkan sekresi air empedu akan meningkat, dimana hal ini dapat meningkatkan densitas darah sehingga menurunkan vitalitas.

Osteoporosis

Kelebihan garam mencegah penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga menyebabkan terjadinya osteoporosis. Sebuah penelitian menunjukan wanita pasca menopause ditemukan bahwa mengonsumsi garam dalam jumlah tinggi lebih banyak kehilangan mineral tulang lebih banyak dibanding dengan mereka yang tidak banyak mengkonsumsi garam.

Mengacaukan DNA

Peneliti dari Institut Paru dan Jantung Nasional di Amerika menemukan bahwa ketika mereka meningkatkan kadar garam dalam sel-sel tubuh seekor tikus di lab, serabut DNA mulai memecah dan mekanisme perbaikan sel hancur. Ketika konsentrasi garam dikembalikan normal, sel-sel dalam ginjal tikus pun mulai memperbaiki kerusakan DNA lainnya. Meski uji coba dilakukan pada seekor tikus, kondisi ini sangat mungkin terjadi pada manusia.

Merangsang Pembentukan Batu Ginjal

Dalma sebuah penelitian yang dilakukan selama 5 tahun, para peneliti Italia menemukan bahwa membatasi garam lebih efektif mencegah terbentuknya batu ginjal.

Kematian 

Mengasup garam dengan dosis tinggi dalam waktu singkat bisa berakibat fatal. Jika seseorang mengkonsumsi satu gram garam per kilogram berat badannya, hal ini dapat menyebabkan orang tersebut kehilangan nyawanya.

Dari ulasan di atas sebaiknya perhatikan jumlah asupan garam yang dikonsumsi. Meski sebenarnya kebutuhan asupan garam setiap orang berbeda-beda. Akan tetapi disarankan untuk mengontrol asupan garam sebanyak 1.500 mg hingga 2.300 mg perhari. Tergantung dari usia atau kondisi kesehatan yang dimiliki. Semoga artikel tentang EfekNegatif dari Konsumsi Garam Secara Berlebih ini dapat bermanfaat.


Kata kunci : Efek terlalu banyak garam, akibat terlalu banyak makan garam, penyakit akibat terlalu banyak makan garam. akibat terlalu banyak mengkonsumsi garam. dampak negatif kebanyakan garam. akibat makan garam terlalu banyak, bahaya terlalu banyak mengkonsumsi garam, apa saja dampak buruk dari garam.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Efek Negatif dari Konsumsi Garam Secara Berlebih"

  1. wah ternyata banyak sekli ya dampak negatif mengkonsumsi garam itu,,saya baru tahu gan,,terimakasih informasinya gan..

    ReplyDelete
  2. mnengonsumsi garam yang berlebih ternyata sangatlah berbahaya dan bisa mengakibatkan kepada kematian , terimakasih informasinya gan ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.