WASPADALAH! Kanker Tenggorokan dapat Menyerang Kapanpun

Jika sebelumnya telah kita ketahui tentang berbagai macam jenis kanker yang dapat menyerang tubuh. Maka kali ini annisa akan kembali membahasa tentang satu jenis kanker yang perlu diwaspadai, yakni kanker tenggorokan. Akhir-akhir ini mulai banyak ditemukannya kasus pasien yang terkena kanker tenggorokan, terutama menyerang para perokok berat. Yuuk simak ulasan lengkap tentang Waspadai Kanker Tenggorokan dapat Menyerang Kapanpun berikut ini.
Kanker tenggorokan atau kanker tiroid  merupakan tumor yang tumbuh dan berkembang di tenggorokan, sekitar faring, laring, atau tonsil. Perubahan yang disebabkan oleh kanker tenggorokan ini merupakan hal yang sangat wajar, karena pada saat itu dalam tubuh sedang mengalami proses regenerasi sel-sel yang rusak. Pada intinya kanker bukanlah penyakit yang disebabkan oleh kuman melainkan tubuh dengan sendirinya pada sel-sel organ itu sendiri yang mengalami mutasi genetis. Mutasi genetis merupakan pertumbuhan sel menjadi tidak normal dan bersifat destrukti yang cenderung merusak.

Sama seperti kanker mulut dan lidah, sebagian besar kanker tenggorokan yang dialami pasien memiliki jenis karsinoma sel skuamosa. Sedangkan jika berdasarkan lokasi atau bagian yang diserang, kanker ini dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis. Diantaranya :

1.      Kanker nasofaring (tenggorokan bagian atas di belakang hidung).
2.      Kanker orofaring (tenggorokan bagian tengah, dibelakang lidah).
3.      Kanker hipofaring (tenggorokan bagian bawah).
4.      Kanker laring (pita suara).


Gejala Kanker Tenggorokan

1.      Permukaan laring menjadi kasar
2.      Sulit menelan
3.      Perubahan suara
4.      Batuk kronis
5.      Timbul rasa sakit disekitar tenggorokan
6.      Telinga terasa sakit atau berdengung
7.      Terdapat benjolan disekitar leher yang tidak kunjung sembuh.
8.      Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
9.      Pembengkakan pada mata, rahang, tenggorokan, atau leher.


Penyebab Kanker Tenggorokan

Menurut Dr Anil Heroor, seorang onkolog dari Fortis Hospital, Mulund menjabarkan beberapa hal yang menjadi penyebab kanker tenggorokan yakni :

Akibat rokok
Kanker tenggorokan berhubungan erat dengan kebiasaan merokok, seperti kanker kepala dan leher yang lebih banyak diderita oleh perokok dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Penggunaan rokok tanpa filter ditengarai juga mampu meningkatkan risiko kanker tenggorokan.
Bahan industri
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asbes atau serat sintesis yang digunakan pada banyak industri dapat menyebabkan kanker tenggorokan dan munculnya sel kanker pada laring.

Human Papilloma Virus (HPV)
Infeksi yang disebabkan oleh virus HPV, penyebab penyakit menular seksual, juga mampu meningkatkan risiko kanker tenggorokan. Kanker yang disebabkan oleh virus HPV biasanya muncul di sekitar amandel atau di belakang lidah.

Refluks lambung kronis
Refluks lambung disebabkan adanya kebocoran asam dari lambung ke kerongkongan. Jika ini mencapai tahap kronis, maka refluks lambung atau GERD bisa meningkatkan risiko kanker tenggorokan.

Konsumsi alkohol
Hampir sepertiga pasien kanker tenggorokan memiliki kebiasaan minum alkohol. Risiko terkena kanker tenggorokan meningkat dengan penggunaan alkohol yang berlebihan. Menurut para ahli, alkohol memperburuk jaringan tenggorokan, begitu juga dengan merokok. Hal ini kemudian menyebabkan risiko kanker menjadi lebih besar.


Tingkat Stadium Kanker Tenggorokan

Stadium 1
Tumor berukuran kecil (7 cm atau kurang) dan hanya menyerang bagian tertentu pada tenggorokan.
Stadium 2
Tumor berukuran lebih besar tapi belum menyebar di luar tenggorokan atau noda limfa.
Stadium 3
Kanker sudah menyebar ke jaringan atau organ di luar tapi dekat dengan tenggorokan dan/atau noda limfa.
Stadium 4
Kanker menyebar hingga ke jaringan atau organ di luar tenggorokan dan/atau noda limfa.


Pengobatan Kanker Tenggorokan

Terapi radiasi
Menggunakan partikel berenergi tinggi seperti X-ray untuk menyampaikan radiasi ke sel yang tumbuh dengan ganas. Ketika radiasi ini berhasil maka sel-sel yang ganas tersebut akan mati. Terapi radiasi adalah metode pengobatan penyakit kanker yang paling baik untuk kanker tenggorokan stadium awal.

Pembedahan
Ada beberapa jenis pembedahan yang penerapannya sangat tergantung dari lokasi tumbuhnya sel kanker dan stadium kanker. Pada stadium awal, pembedahan akan dilakukan dengan endoskopi yakni memasukkan suatu alat ke dalam tenggorokan sehingga bagian-bagian yang terkena kanker bisa dibedah atau dipotong. Untuk stadium lanjut, misalnya kanker tenggorokan pada pita suara, tidak ada jalan lain selain mengambil keseluruhan atau sebagian dari pita suara. Tetapi dokter akan berusaha untuk mempertahankan agar penderita kanker tetap bisa berbicara dan bersuara.

Kemoterapi
Kemoterapi dilakukan dengan menggunakan bahan kimia yang dimasukkan ke dalam tubuh agar sel-sel kanker mati. Pada banyak kasus, kemoterapi kemudian dikombinasikan dengan terapi radiasi. Karena setelah mendapat kemoterapi biasanya sel-sel kanker akan sangat sensitif terhadap radiasi.

Terapi obat yang ditargetkan
Untuk kasus kanker tenggorokan, obat yang digunakan sebagai terapi adalah Cetuximab. Biasanya penderita kanker tenggorokan mengombinasikan obat ini dengan kemoterapi dan terapi radiasi.

Resiko kanker tenggorokan juga dapat menyerang perokok pasif, orang yang terlalu sering terkena paparan bahan kimia, dan orang yang tidak memelihara kebersihan gigi. Gejalanya yang hampir seperti sakit biasa, terkadang membuat seseorang mengabaikannya. Jika anda telah mengetahui atau merasakan gejala seperti yang disebutkan di atas, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel Penyakit Kanker Tenggorok dapat Menyerang Kapanpun dapat memberi manfaat dan menambah wawasan anda sekalian.


Kata kunci : Apa gejala kanker tenggorokan, apa penyebab kanker tenggorokan, cara mengobati kanker tenggorokan, sebab timbulnya kanker tenggorokan, gejala penyakit kanker tenggorokan, faktor penyebab kanker tenggorokan, bahaya kanker tenggorokan, ciri penyakit kanker tenggorokan, apa obat kanker tenggorokan, obat herbal kanker tenggorokan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WASPADALAH! Kanker Tenggorokan dapat Menyerang Kapanpun"

Post a Comment

Powered by Blogger.