Dengan Sholat Tubuh Sehat

Bagaimana bisa Dengan Sholat Tubuh Sehat, taukah sahabat ragam setiap gerakan sholat ternyata memiliki tujuan positif yang dapat menimbulkan atau merangsang jaringan sel dan peredaran di dalam tubuh untuk bekerja lebih optimal. Dengan sholat tubuh menjadi lebih sehat dan segar karena aliran darah lancar, alias tidak ada yang tersumbat. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh peneliti luar membuktikan, beberapa gerakan sholat memang berpengaruh pada bagian tubuh tertentu. Asalkan gerakan tersebut dilakukan dengan benar-benar. Lalu apa saja manfaat dari setiap gerakan sholat itu ?
Gerakan Takbiratul Ihram
Gerakan awal sholat, yakni posisi tubuh berdiri tegap, mengangkat kedua tangan, lalu melipatkannya di bagian dada atau perut. Gerakan ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah, getah bening dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung yang berada tepat di bawah otak menjadikan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat kedua tangan diangkat, otot bahu meregang sehingga aliran darah dan oksigen menjadi lebih lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan dibagian depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini mampu menghindarkan tubuh dari gangguan persendian, terutama pada bagian tubuh atas.

Gerakan Rukuk
Gerakan kedua dalam sholat yakni posisi tulang belakang atau punggung menunduk lurus sejajar termasuk bagian kepala. Manfaat gerakan ini untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat dalam tubuh. Posisi jantung sejajar dengan otak kita, sehingga aliran darah akan maksimal pada tubuh bagian tengah-tengah. Begitu juga saat posisi Tangan yang bertumpu pada lutut, posisi ini akan merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bagian bawah. rukuk merupakan latihan untuk mencegah gangguan prostat.

Gerakan Sujud
Karena posisi jantung berada di atas otak saat sujud, hal ini menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak, aliran ini memberikan efek positif pada daya pikir seseorang. Gerakan ini juga bisa menghindarkan dari gangguan wasir dan memperbaiki aliran getah bening. Sujud maupun rukuk memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan kewanitaan. Selain itu beberapa penelitian menyimpulkan gerakan sujud ini dapat memaksimalkan fungsi kedua otak manusia, yaitu otak kanan dan otak kiri. Dengan begitu, seseorang yang bersujud dengan benar dan relatif lama dengan teratur tidak menutup kemungkinan bisa lebih cerdas dan kreatif. Gerakan sujud juga membuat otot dari leher hingga kaki akan bereaksi dan berkontraksi, sehingga akan lebih kuat dan kencang. Tidak sedikit orang yang melakukan sujud dengan waktu cukup lama untuk menghilangkan pusing atau sakit kepala yang dideritanya.


Gerakan Duduk
Duduk memiliki 2 posisi yang berbeda yaitu duduk tahiyyat awal dan tahiyyat akhir. Perbedaan dari posisi duduk ini terletak pada posisi telapak kaki. Manfaatnya bagi kesehatan saat tahiyyat awal adalah kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini dapat menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan seseorang tak mampu berjalan. sedangkang duduk tahiyyat akhir sangat baik bagi pria, karena tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria (prostat) dan saluran vas deferens. Bila dilakukan dengan benar, postur irfi dapat mencegah penyakit impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak tubuh manusia.

Gerakan Salam
Gerakan sholat yang terakhir dilakukan, yaitu salam. Gerakan ini dilakukan dengan sederhana, yaitu hanya memutar kepala ke kanan dan ke kiri hingga melihat ke belakang, sekali saja. Namun demikian, jika dilakukan dengan benar akan membuat otot di bagian leher akan lebih terlatih dan kencang. Selain itu dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

Gerakan sholat tidak akan bermanfaat bagi tubuh jika dilakukan secara sembarangan dan cepat. Oleh karena itu, lakukanlah gerakan sholat dengan baik dan benar. Lakukanlah sholat sesuai aturan yang diajarkan, sehingga dapat memetik manfaat gerakan sholat ini. Semoga artikel Dengan Sholat Tubuh Sehat dapat memberi manfaat bagi anda pembaca setia ragam alami.
Kata kunci : Manfaat gerakan sholat, manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil, manfaat gerakan sholat dalam kesehatan, manfaat gerakan sholat dalam ilmu kesehatan, manfaat gerakan sholat menurut ilmu kesehatan, sholat baik untuk kesehatan, apa manfaat gerakan sholat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Dengan Sholat Tubuh Sehat"

  1. jadi kita tidak boleh meninggalkan sholat 5 waktu itu,,terkecuali kita dalm sakit yang cukup berat..terimakasih informasinya gan..

    ReplyDelete
  2. subhanalloh , islam itu memang indah ya gan , selain sholat itu di wajibkan bagi umat muslim , dengan sholat juga dapat membuat tubuh kita sehat ..
    terimakasih informasinya gan ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.