Manfaat dan Efek Samping Mengkonsumsi Telur

Ragam Manfaat dan Khasiat Alami - Apakah anda hobi mengkonsumsi telur? Jika iya maka simak ulasan berikut tentang Manfaat dan Efek Samping dari Mengkonsumsi Telur. Telur merupakan makanan pokok  dengan sumber protein lengkap. Harga yang terjangkau dan mudah didapat, membuat makanan yang satu ini disukai oleh banyak kalangan. Berbagai kandungan seperti vitamin A, B2, B6, B12, D, E, ribovlafin, asam folat, zat besi, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, karbohidrat, lemak, dan kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Satu kuning telur besar mengandung sekitar 60 kalori dan putih telur mengandung sekitar 15 kalori. Satu kuning telur besar mengandung dua per tiga jumlah kolesterol harian yang dianjurkan yaitu 300 mg.
Manfaat Mengkonsumsi Telur

·         Kandungan karotenoid lutein pada kuning telur sangat bermanfaat untuk mata. Karotenoid merupakan pigmen yang memberi warna kuning pada kuning telur, dapat menurunkan risiko penyakit age-related degeneration dan katarak. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina sehingga dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus.
·         Kuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan kolin yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Kolin juga membantu perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil.  Selain itu kandungan kolin memberikan kontribusi untuk perkembangan otak janin, dan membantu mencegah cacat lahir. Dua telur menyediakan sekitar 250 miligram kolin, atau sekitar setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui.


Manfaat dan Efek Samping dari Mengkonsumsi Telur
Manfaat Kuning Telur

·         Selain baik untuk perkembangan otak janin, koline yang terkandung dalam kuning telur juga bisa memicu rasa bahagia. Drew Ramsey, psikiater yang khusus mempelajari diet mengatakan, ketika kuning telur dicerna oleh tubuh, koline akan berubah menjadi zat yang membantu produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamin dan norephinephrine.
·         Protein lengkap telur mengandung semua asam amino esensial bagi tubuh manusia, yang membantu mengontrol tingkat penyerap kalori pada tubuh. Telur sangat baik bagi anda yang mencoba untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap sehat.
·         Telur juga dapat mencegah kanker dan penyakit jantung, karena kandungan penting di dalam kuning telur yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa senyawa antioksidan yang terdapat dalam telur mentah berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Di dalam dua butir telur mentah, kandungan antioksidannya dua kali lebih tinggi daripada satu buah apel, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kanker.
·         Mengkonsumsi telur mentah ternyata juga ampuh menyembuhkan gangguan pada organ paru-paru, khususnya penderita emphysema.
·         Telur mentah yang dikonsumsi bukan cuma menjaga keseimbangan hormon, mempercepat metabolisme, dan melancarkan sistem sirkulasi, tetapi juga menjaga stamina dan kesehatan secara keseluruhan.


Efek Samping Mengkonsumsi Telur

·         Meningkatkan kolestrol, sebab telur mengandung lemak sekitar 200 mg per butirnya. Konsumsi 6 butir dalam seminggu adalah batas maksimal yang diperbolehkan, namun jumlah ini juga harus diimbangi dengan aktivitas hidup yang lebih dinamis. Bila tidak, tubuh akan mengalami peningkatan kolesterol dan meningkatkan resiko penyakit jantung.


Manfaat dan Efek Samping dari Mengkonsumsi Telur
Efek Samping Konsumsi Telur

·         Kandungan lemak dalam telur juga bisa memicu penyakit kencing manis, terutama pada wanita. Mengkonsumsi telur setiap hari membuat pria beresiko 55% mengalami diabetes tipe dua dan 77% pada wanita.
·         Telur juga bisa membuat kulit kita menumpuk minyak atau mengalami jerawat hormonal. Telur sama halnya seperti kacang dan makanan pedas, sama-sama bisa memicu munculnya jerawat di kulit.
·         Terlalu banyak memakan telur membuat hormon tidak stabil, sehingga pada wanita konsumsi protein hewani harus diimbangi dengan sayur dan buah.
·         Hindari konsumsi telur mentah, karena tidak hanya meningkatkan risiko tertular penyakit, namun juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin dan protein. Tak hanya itu, di dalam telur mentah terdapat bakteri salmonella. Salmonella adalah salah satu bakteri penyebab utama penyakit seperti sakit perut, diare, muntah, demam dan menggigil.
·         Peneliti menemukan orang yang memakan telur lebih dari empat seminggu memiliki lebih banyak plak di arteri mereka. Plak ini mirip seperti plak yang ada di arteri perokok, namun tidak separah itu. Orang yang memakan kuning telur lebih berisiko memiliki banyak plak.
·         Telur mengandung albumin yang dapat menimbulkan efek gatal-gatal, ruam, pembengkakan kulit, mual, diare dan masih banyak lagi. Keadaan yang lebih parah jika alergi terhadap telur adalah timbulnya kesulitan bernapas, pembengkakan pada tenggorokan, mulut dan saluran pernapasan. Selain itu bisa juga terjadi penurunakan tekanan darah secara mendadak yang menyebabkan pusing dan kehilangan kesadaran.
·         Telur mengandung protein tinggi, sehingga jika mengonsumsi dalam jumlah banyak dapat menimbulkan masalah ginjal. Ginjal harus menyaring darah yang terlalu banyak protein dan ini merupakan kerja keras bagi ginjal yang bisa berisiko terjadi ginjal akut atau gangguan fungsi ginjal.


Telur akan memberi manfaat yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Seorang peneliti merekomendasikan takaran porsi yang baik yakni 3 – 4 butir telur  setiap minggunya. Selain itu alangkah lebih baik lagi jika memakan telur yang telah direbus dari pada memakannya mentah mentah. Naah sahabat ragam itulah ulasan dari Manfaat dan Efek Samping dari Mengkonsumsi Telur. Semoga bermanfaat.


Kata kunci : Manfaat kuning telur, manfaat putih telur, manfaat telur untuk kesehatan, manfaat telur asin, manfaat telur puyuh, manfaat telur rebus, manfaat telur setengah matang, manfaat telur bebek, manfaat telur untuk rambut, manfaat telur untuk tubuh, manfaat telur rebus untuk diet, kandungan dalam telur, dampak negatif telur, dampak negatif telur ayam, dampak negatif telur ayam kampung, dampak negatif telur rebus, dampak negatif telur mentah, dampak negatif telur setengah matang, dampak negatif kuning telur, efek samping mengkonsumsi telur, bahaya mengkonsumsi telur mentah, bahaya mengkonsumsi telur terlalu banyak, apa dampak terlalu banyak makan telur.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat dan Efek Samping Mengkonsumsi Telur"

  1. terimakasih informasinya gann,, apalgi buat saya yang sangat gemar makan telur... hehe,,

    ReplyDelete

Powered by Blogger.