Manfaat Daun Kemangi

Salam sehat sahabat RA, khasiat dan Manfaat Daun Kemangi bagi kesehatan tubuh memang sudah tidak diragukan lagi. Tumbuhan beraroma khas wangi ini mempunyai nama latin Ocimum basilicum. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masak, daun kemangi juga sangat familiar karena sering dijadikan sebagai lalapan untuk menambah nafsu makan pada berbagai menu makanan seperti ayam goreng, ayam bakar, ikan goreng, ikan bakar, pepes, dan beberapa makanan lain di restoran-restoran.

Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan
Daun Kemangi
Kandungan Nutrisi Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung komponen gizi dan komponen non gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Komponen gizi daun kemangi antara lain provitamin A (betakaroten), vitamin C, kolagen, mineral makri (seperti kalsium, fosfor dan magnesium). Sedangkan komponen non-gizi daun kemangi antara lain senyawa flavonoid, eugenol, arginin, anetol, boron, dan minyak atsiri.
Daun Kemangi untuk Mengobati Penyakit


Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan
Dengan kandungan nutrisi yang terkandung pada daun kemangi menjadikanya memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat daun kemangi untuk kesehatan;
Anti inflamasi
Sebagai agen inflamasi, kemangi berkhasiat dalam menyembuhkan bengkak, meredakan radang sendi, dan dapat mencegah ostioporosis karena kandungan kalsium yang ada dalam daun kemangi.
Anti radang
Daun kemangi mengandung zat cineole, eugenol dan myrcene yang berfungsi sebagai anti radang dan antibiotik alami bagi tubuh.
Khasiat Daun Kemangi

Menunda Menopouse
Rutin mengkonsumsi daun kemangi dipercaya mampu menunda masa menopause. Hal ini karena daun kemangi mengandung zat tripofan yang salah satunya berkhasiat dalam menunda menopouse.
Mencegah batuk
Daun kemangi dapat dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan, digunakan untuk bumbu masak maupun dijadikan minuman teh. Untuk mencegah batuk anda padat mengkonsumsi teh kemangi saat pergantian musim karena biasanya waktu tersebut umumnya banyak orang mengalami batuk dan pilek.
Meredakan demam dan masuk angin
Tidak hanya orang dewasa, demam dan masuk angin balita ternyata juga dapat diredakan dengan ramuan daun kemangi. Caranya sangat mudah, ambil daun kemangi untuk diremas bersama bawang merah (baca: Khasiat dan Manfaat Bawang Merah) dan minyak kelapa. Setelah itu, oleskan pada punggung, perut dan dada balita.
Khasiat Daun Kemangi untuk Pengobatan

Menyehatkan mata
Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa daun kemangi mengandung provitamin A, nutrisi ini berkhasiat untuk mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan mencegah beberapa gangguan mata lainnya.
Mengatasi bau mulut
Ternyata, selain aroma daun kemangi yang harum, mengkonsumsi daun kemangi dapat menyegarkan dan mengatasi bau mulut.
Mengatasi Keputihan
Daun kemangi mengandung senyawa eugenol yang mampu membunuh jamur penyebab keputihan. Jika anda mengalami keputihan, mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut.
Merangsang Sel Telur
Kandungan zat stigmaasterol pada daun kemangi dapat membantu proses pematangan sel telur (ovulasi).
Melancarkan ASI
Untuk melancarkan ASI, anda dapat mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan.
Menjaga kesehatan jantung
Betakaroten dan magnesium yang terdapat pada daun kemangi merupakan mineral penting yang berfungsi memelihara dan menjaga kesehatan jantung.
Daun Kemangi

Mengatasi Stroke
Kandungan isoflavon pada daun kemangi diyakini dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.
Manfaat lainnya
Selain beberapa khasiat di atas, daun kemangi juga ampuh meredakan stres, mengatasi batu ginjal dan mencegah diabetes (baca: Penyakit Diabetes).
Sekian artikel tentang khasiat dan Manfaat Daun Kemangi untuk kesehatan. Semoga bermanfaat bagi sahabat RA sekalian.
Baca artikel terkait:
·         Khasiat dan Manfaat Daun Kelor

Kata kunci: khasiat, manfaat, daun, kemangi, kesehatan, info kesehatan, tips kesehatan, basil leave.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Daun Kemangi"

  1. ternyata mengonsumsi daun kemangi bisa menyehatkan mata , perlu di coba gan .. terimakasih ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.